Apa Itu Klout ?

Klout adalah aplikasi berbasis web yang memungkinkan user untuk melihat seberapa besar pengaruh mereka di social media. Klout umumnya dipakai di dunia marketing untuk mengetahui pengaruh brand yang memiliki social media terhadap para konsumen. Tetapi semakin merambahnya teknologi dan perkembangan arus informasi, kadang klout juga digunakan oleh orang awam entah sekedar untuk melihat eksistensi atau yang lebih advance adalah untuk melihat pengaruh personal branding di social media.

Nilai Klout ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari seberapa banyak orang yang dipengaruhi oleh kita, seberapa besar pengaruh kita terhadap mereka, bagaimana orang-orang yang dipengaruhi kita berpengaruh terhadap orang lain, dan faktor lainnya.

Bagi orang awam mungkin klout hanya sekedar sebagai eksistensi saja. Seperti layaknya ‘karma’ yang ada di plurk, biasanya kita akan berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Namun di klout, nilai tinggi tidak didapatkan begitu saja. Butuh usaha ekstra keras untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi di klout. Terlebih bagi yang tidak memiliki banyak teman atau follower. Umumnya nilai tinggi di klout didapatkan oleh mereka yang memiliki banyak penggemar, banyak teman, serta banyak follower. Tapi tidak tertutup kemungkinan bagi yang tidak memiliki itu semua untuk memperoleh nilai tinggi di klout.

Selain melihat pengaruh dan memberi nilai seberapa besar pengaruh kita, klout juga memiliki fasilitas untuk melihat seperti apa style kita ketika mempengaruhi orang lain. Ada 16 macam style influence di klout. Berikut adalah matrix klout influence yang saya peroleh sumbernya dari Pak @bukik di website miliknya (www.bukik.com)

 

 

Seperti yang dapat kita lihat pada tabel…. masing-masing style memiliki penjelasan dan perincian tersendiri tergantung dari cara kita mempengaruhi orang lain. Tipe style kita akan terus berubah seiring bagaimana kita mempengaruhi orang lain. Jadi misalnya jika style Anda saat ini adalah seorang “Observer” tidak tertutup kemungkinan sebulan kemudian atau seminggu kemudian style Anda berubah menjadi seorang “Celebrity”. Jadi tergantung bagaimana Anda berinteraksi di social media setiap harinya.

Jika ditanya style klout apakah yang paling bagus? Jawabannya… tidak ada. Karena masing-masing memiliki karakteristik tersendiri dan tiap orang memiliki kebutuhan berbeda di social media.

Apa beda masing-masing klout style ? Untuk menjawab hal tersebut saya akan lemparkan ke yang lebih ahli yaitu pak @bukik yang membahas klout style lebih mendalam di tulisan ini –> Monitor Twitter 3 : Apa itu Klout Style?

Nah sudah mengerti apa itu klout ? Nah sekarang saatnya mengecek nilai klout kamu di www.klout.com

Kamu bisa login klout dengan menggunakan akun twittermu atau akun facebook yang kamu miliki.

Jadi berapakah nilai klout kamu? Dan termasuk di klout style manakah gaya kamu berinteraksi? (^.^)

 

Ivan Prakasa

About these ads

23 thoughts on “Apa Itu Klout ?

    • klout sebenernya hanya untuk orang2 yg berkutat dgn social media aja sih which is seorang yg kerjanya di bidang tersebut. kalo untuk orang biasa klout itu sbnrnya ya biasa ajah… karna ga kepake :)

  1. sy uda buat akun klout. tp apa klout bisa lihat popularitas akun twitter orang lain ya??? gimana caranya? mohon penjelasannya. matur tengkyuuu… ^^

  2. Kebetulan lagi bikin aplikasi untuk optimasi jumlah follower Twitter, klout bisa jadi rujukan untuk kasih penawaran ke orang/perusahaan supaya mereka mau beriklan di akun Twitter kita, hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s