Become A Chiba Ambassador (A Wish Come True)

Sebelumnya mau pamer sedikit dengan sedikit perubahan tampilan baru blog saya. Pada sadar ga kalo di sebelah kanan atas ada logo dari Chiba Ambassador… hehehe…

Ya… karena saya sudah terpilih menjadi Chiba Ambassador maka otomatis mulai sekarang blog ini  menjadi representasi dari duta pariwisata Chiba di Jepang (Chiba Ambassador). Terima kasih atas dukungan teman-teman semua terutama yang sudah memberikan dukungan melalui komentar di posting saya sebelumnya di Chiba Ambassador (千葉大使 – Chiba Taishi) – A Wish To Be. Jujur perasaan campur aduk waktu terpilih menjadi Chiba Ambassador. Mengingat akan kemampuan bahasa Jepang saya yang masih dibawah rata-rata maka waktu dinyatakan berhasil terpilih perasaan takut, senang, girang, jadi satu. Apalagi waktu ditanya

“Bersedia gak kalau diwawancara di radio atau siaran langsung di televisi?” 

Sumpah girang banget ditanya pertanyaan seperti itu… Jingkrak-jingkrak jumpalitan kayang sambil guling-guling (yaak… lebai mode ON) Hahaha…. Maka dengan spontan tanpa basa-basi dan tedeng aling-aling saya menjawab iya. Walau sekarang jadi agak sedikit was-was dan takut kalau diwawancara dalam bahasa Jepang dan saya gak bisa menjawab. Hehehe…  (^.^)?

Namun terlepas dari itu semua, suatu kebanggaan bagi saya pribadi bisa menjadi seorang Chiba Ambassador. Dan tepat 11 Juni 2012 hari ini, saya dilantik menjadi seorang Chiba Ambassador bersama dengan 19 orang terpilih lainnya, dimana saya satu-satunya Chiba Ambassador yang berasal dari Indonesia. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga selama saya mengemban tugas menjadi seorang duta pariwisata Chiba di Jepang selama 1 tahun ke depan.

Jika ditanya mengapa saya bersedia menjadi Chiba Ambassador, alasan utama adalah kecintaan saya dalam hal menulis. Saya senang menulis semenjak duduk di bangku SMP. Mulai dari menulis cerita, artikel, puisi dan lain sebagainya. Dan saya selalu aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang tulis menulis di sekolah. Mulai dari mengurus majalah dinding, mengurus majalah sekolah, hingga dibangku kuliah menjadi bagian dari pihak pionir pengembangan majalah kampus. Sampai ada suatu problem dimana seorang yang bukan berasal dari jurusan jurnalistik dianggap tidak mampu menulis, maka saya pun mulai berdiri sendiri dan membuat blog ini sejak Agustus 2008. Sejak itu pula blog ini mengalami jatuh bangun, mulai dari jarang menulis, mengubah template desain dan tampilan beberapa kali, dan hingga saat ini saya berusaha untuk selalu up to date memberikan tulisan minimal 1 minggu sekali.

Bersyukur bahwa hingga saat ini http://ivanprakasa.com/ telah dilihat lebih dari 19.000 orang dan memiliki lebih dari 1000 subscriber yang dengan setia menjadi pembaca tulisan-tulisan yang saya buat. Dan dengan terpilih menjadi representasi dari Chiba Ambassador maka suatu kebanggaan bahwa karya-karya saya diangkat dan diakui secara internasional untuk menjadi duta pariwisata Chiba Prefecture di Jepang.

Namun ada suatu kesedihan ketika ada beberapa pihak yang bertanya dan mengusik saya dengan pertanyaan

“Kok mau sih jadi duta Chiba? Apa sudah tidak cinta dengan Indonesia?”

Well… Jujur saya bilang bahwa mereka yang berkata demikian sangat kolot pemikirannya. Menjadi duta pariwisata di negeri orang bukan berarti kita tidak mencintai negeri sendiri. Justru dengan menjadi baik di negeri orang kita secara tidak langsung akan mengenalkan negeri kita kepada orang lain. Saya pernah mengatakan via twitter bahwa ada orang asing yang mengontak saya dan meminta saya untuk menjadi tour guide selama dia berada di Jepang. Orang tersebut orang Philipine dan dia mengontak saya via Facebook saat itu, yang notabene entah darimana dia bisa mengenal saya dan meminta saya untuk mendampinginya. Meski awalnya ragu, ternyata orang tersebut serius dan benar adanya. Ketika saya bertanya mengapa dia meminta tolong kepada saya dan mempercayai saya, beliau hanya bisa bilang karena orang Indonesia dikenal baik dan selain itu Indonesia juga sama-sama negara ASEAN. And you can see… nama baik Indonesia yang dikenal akan keramahannya dan Indonesia sebagai sesama negara ASEAN tetap memiliki ikatan yang kuat dengan sesama warga negara lain terutama Philipine.

Meski hal itu hanya dalam skala kecil, namun jangan salah bahwa hal besar berawal dari sesuatu yang kecil. Andaikata orang tersebut adalah orang penting pemerintah Philipine misalnya dan saya kemudian menolak dan memperlakukan dengan tidak baik. Bagaimana nantinya? Apakah akan tidak merembet ke hubungan internasional negara?! Yah itu hanya andai-andai saja sih. Terlepas dari itu semua kembali saya bilang bahwa menjadi baik di negeri orang bukan berarti tidak mencintai negeri sendiri.

Ingatkah para pembaca ketika seorang artis besar Indonesia yang go internasional yaitu Agnes Monica dicibir tidak mengakui Indonesia?  (Entah karena permasalahan apa saat itu saya lupa, jika tidak salah tidak mau mengenakan batik) Saat itu Agnes hanya berkata, “Saya tidak perlu memakai batik atau apapun untuk memperkenalkan Indonesia. Saya hanya cukup menjadi dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia dan masyarakat di dunia akan mencari tahu sendiri siapa saya dan darimana saya berasal” itulah kira-kira garis besar yang dikatakan Agnes Monica saat itu.

Sama seperti problem dan pertanyaan yang diajukan kepada saya. Intinya bahwa menjadi baik di negeri orang lain bukan berarti tidak mencintai tanah air sendiri. Saya masih menjadi warga Indonesia dan saya masih cinta Indonesia. Saya tak perlu bersusah payah menjadi duta di negeri sendiri, melainkan cukup melakukan yang terbaik dengan menjadi Chiba Ambassador yaitu duta Chiba di Jepang. Dan dunia akan mengenal Indonesia dari tindakan kecil yang saya lakukan di Jepang ini. Dan mulai saat ini karena telah dilantik secara resmi, maka tentunya secara resmi saya akan memulai tugas sebagai Chiba Ambassador untuk mempromosikan Chiba Prefecture kepada masyarakat internasional terutama Indonesia melalui blog pribadi milik saya ini.

Demikian sharing sedikit dari saya tentang mengapa saya menjadi Chiba Ambassador. Di posting berikutnya saya akan posting mengenai upacara pelantikan Chiba Ambassador yang diadakan hari ini. Semoga saya bisa posting upacara pelantikan tersebut dalam bahasa Inggris di minggu ini.

About these ads

39 thoughts on “Become A Chiba Ambassador (A Wish Come True)

  1. wah, aku kemarin kolot donk Van, haha
    oke deh, saya sudah tercerahkan dengan jawaban di atas :)
    selamat mengemban tugas baru & mengharumkan nama Indonesia ya…
    btw, itu maskotnya binatang Panda ta? atau koala ya? *errr

    • hahaha no comment ya… :)
      ada beberapa yang bilang seperti itu, ga cuma 1 orang :)
      Thanks atas dukungannya…
      Hehehe itu bukan binatang loh… :)
      Ada cerita dibalik maskot itu. Ntar ya diposting berikutnya, karena cukup panjang :)

  2. Waaaaaa, Selamat ya Mas Ivan…

    Nah berarti harus kenal sama Atsuka Maeda, hehe kan dia dari Ichikawa, Chiba, hehehe
    Kan dia menyatakan lulus dari AKB48 (tetep nih komen ga jauh seputaran AKB) haha :D

    Pokoknya selamat menjalankan tugasnya sebagai Chiba Ambassador :)

  3. congratz ya om ivan… ;)
    makin sukses n mengharumkan nama bangsa. pas banget ama momen Piala Euro (ga ada hubungannya) wkwkwwkkkk…… GB.

  4. “Menjadi duta pariwisata di negeri orang bukan berarti kita tidak mencintai negeri sendiri. Justru dengan menjadi baik di negeri orang kita secara tidak langsung akan mengenalkan negeri kita kepada orang lain.”

    Love this line a lot!

  5. sukses ya mas ivan menjadi duta pariwisata kota chiba, saya juga tertarik dengan chiba yang masih belum sepadat tokyo ( sok tau ) :), dan masih inget jga waktu mas ivan nunjukin apartemennya bagus bgt chiba :)

  6. mas ivan ada yang mau saya katakan baru saya inget niatnya sih kmaren2 mau usul aja ni, mas ivan berbagi cerita donk soal beasiswa yang di raih kiat2 dapet beasiswanya di motivasibeasiswa.org siapa tahu dengan begitu tambah banyak para pemburu beasiswa yang tahu blog mas ivan ( bagi yang belum tahu ), dan saya jga seneng baca postingannya mas ivan :) ini cuma usul aja mas, gk da salahnya kan berbagi :)

  7. Huwaaa keren banget Ivan, aku aja yg di Surabaya gak didapuk jadi duta wisata kota Surabaya (lak kamu gak ikut Cak Ning Rus) eh kamu di Jepang malah jadi duta wisata, keren abnget Van.

    BTW pelanggan blog kamu udah lebihs eribu? HUWOW keren banget, punyakku 20 orang gak ada kali yaaa :D

    Eh bukannya Agnes Monica sering pake batik ya di kostumnya? :D

    • Makasih Ucha…
      hehehe tapi kamu udah jadi selebtweet yg dikenal berasal dari Bawean. Buatku itu udah keren banget… Makannya slalu kagum ama kamu.

      Masak sih 20 orang ga ada? Tapi trafficnya dan statusnya masih lebih dikenal punya kamu cha…

      Hmm… kalo tampil diluar negri kayaknya jarang2 cha… Ga tau juga sih, yg jelas itulah yang kuingat betul diutarakan Agnes waktu itu

  8. waaahh selamat kak Ivan !!
    keren banget ya kakak !! aku mau modelling kakak deh dengan perbanyak menulis :D

    semoga sukses menyertaimu selalu kak !!

  9. Pingback: Chiba Taiko Concert | ivanprakasa.com

  10. Pingback: Jarang Posting | ivanprakasa.com

  11. Pingback: Perjalanan Menjadi Seorang Blogger | ivanprakasa.com

  12. Pingback: Mari Wujudkan Indonesia Soft Power (1) | ivanprakasa.com

  13. Pingback: Menutup Perjalanan Chiba Ambassador | ivanprakasa.com

  14. Pingback: Mother Farm – Chiba | ivanprakasa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s