Pengalaman Wawancara Bersama NHK Radio di Jepang

Menjadi seorang Chiba Ambassador atau Duta Wisata dari Prefektur Chiba merupakan suatu kebanggaan dan pencapaian yang cukup luar biasa bagi saya pribadi. Tak pernah menyangka atau terbersit sedikitpun di benak saya bisa mengembangkan diri di negeri orang lain. Padahal di negeri sendiri saja saya ini bukan siapa-siapa. Hanya seorang biasa yang hanya selalu berusaha untuk menjadi “Be the best in my life” dan selalu percaya akan mimpi which is dream dan sebuah miracle yang bisa terjadi pada siapa saja.

Awalnya keinginan menjadi Chiba Ambassador itu untuk menyalurkan hobi menulis sekaligus menjadi ajang saya untuk melatih kemampuan bahasa Jepang saya dengan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang Chiba Ambassador. Namun ternyata Tuhan memberikan lebih dari itu. Sebuah kesempatan yang sangat langka diberikan kepada saya untuk bisa interview dengan sebuah radio unggulan, ternama, sekaligus mendunia di Jepang yaitu NHK Radio.

Berawal dari update status di twitter dengan hashtag #ChibaAmbassador kemudian Om Rane pun mengontak saya dan meminta kesediaan saya untuk diwawancara di NHK. Jujur saya kaget dan saya bertanya-tanya dalam hati apakah ini serius?! Dan ternyata semua ini serius. Om Rane yang saya tahu memang seorang penyiar di NHK di Jepang. Saya pun mengenal Om Rane belum lama dan bertemu baru sekali waktu kopdar Hellogram di Jepang. Beliau memang orang yang menurut saya pribadi luar biasa dan punya banyak pengalaman dimana-mana. Pembawaannya santai, unik dan saya pun nyaman dan cukup nyambung ngobrol bersama beliau. Saya pun sedikit banyak belajar dari beliau ketika jumpa pertama kali saat itu.

Awalnya pembicaraan bersama beliau bahwa ini anggap saja sebagai pembicaraan dan obrolan santai, namun akhirnya wawancara ini pun berubah menjadi semi-formal atau bahkan mungkin bisa dibilang formal dimana saya sebagai Chiba Ambassador didampingi langsung oleh 2 orang staff dari International Affair Division Chiba Prefectural Government.

20 Juni 2012 adalah hari dimana saya berkunjung ke NHK. Pagi hari itu jujur banyak hal yang cukup random saya alami. Tetapi mungkin biarlah hal itu saya simpan untuk saya pribadi saja. Kemudian siang harinya saya dan staff dari Chiba Prefectural Goverment berjanji untuk bertemu di depan Shibuya station. Dari sana kemudian kami pun berjalan kaki menuju NHK.

Sesampainya di NHK, saya pun bertemu dengan Om Rane dan Murai-san yang menurut Om Rane adalah produsernya. Jujur awal bertemu Murai-san cukup kaget karena walaupun beliau adalah orang Jepang tetapi beliau sangat fasih berbahasa Indonesia. (Indonesia perlu bangga juga nih :D) Kemudian kami semua menuju ruang kerja NHK.  Kembali saya harus berdecak kagum karena ruangan kantornya sungguh luar biasa. NHK radio Jepang ini mengudara secara internasional dengan 18 bahasa berbeda, dan yang membuat saya exciting adalah di ruang kantornya terdapat masing-masing representatif dari negara masing-masing.

Sebelum memulai rekaman di studio, saya bersama staff dari Chiba Prefecture diberi penjelasan singkat. Setelah itu sambil menunggu giliran, kami berkesempatan untuk melihat siaran broadcast langsung yang sedang ON AIR dalam bahasa Inggris.

Menunggu giliran rekaman interview

Saat itu kembali saya dibuat berdecak kagum akan luar biasanya radio NHK di Jepang. Pembawa berita siaran berbahasa Inggris yang ON AIR saat itu sangatlah fasih dalam berbahasa Inggris. Bisa saya bilang pronunciation nya sangatlah perfect. Dibandingkan dengan kemampuan Bahasa Inggris saya sendiri yang seadanya dan grammar juga mungkin berantakan wah mungkin tidak ada apa-apanya. *nangis di pojokan

Foto dulu sebelum recording

Akhirnya giliran take rekaman tiba. Untuk pertama kalinya saya rekaman di radio, dan radio itu bukan di negeri sendiri melainkan radio di Jepang langsung. Jangan ditanya kalau masalah grogi, mau ngomong aja susah rasanya. Ditambah lagi seorang staff dari Chiba Prefecture ikut mendampingi di dalam dan mencatat garis besar percakapan saya. Sudah grogi, plus dituntut harus tampil perfect bertugas sebagai Chiba Ambassador wah lengkaplah sudah nervous yang saya miliki. Ketika selesai jujur saya merasa sangat kurang puas. Selain karena wawancara saat itu adalah wawancara spontan langsung tanpa persiapan dan teks apapun, juga karena nervous banyak hal yang terlewat oleh saya padahal semuanya sudah saya persiapkan sebelumnya.

Interview And Recording On Progress

After Interview With Om Rane

Selasa 26 Juni 2012 kemarin rekaman wawancara bersama NHK tersebut disiarkan di 37 radio FM yang ada di Indonesia. Selain itu rekaman tersebut juga disiarkan 3x melalui gelombang SW. Buat para pembaca yang sudah mendengarkan siarannya terima kasih, buat yang belum mendengarkan bisa download rekaman wawancara tersebut di situs resmi NHK Japan Indonesia yaitu arsip rekaman 26 Juni (Selasa) dan klik tombol “Dengarkan Sekarang”. Nah buruan buat para pembaca yang penasaran silahkan download langsung, karena selama seminggu arsip rekaman kemudian akan dihapus.

Nah buat para pembaca sekalian yang selalu setia membaca blog saya untuk mengetahui informasi di Jepang, saya punya berita menarik nih yang pasti sangat bermanfaat. Buat para pembaca yang ingin belajar bahasa Jepang, atau ingin tau info-info terkini seputar Jepang,  atau bahkan ingin belajar memasak masakan Jepang, silahkan dengarkan NHK Radio setiap harinya pukul 21:06-21:51 melalui 37 radio FM yang ada di Indonesia. Cek radio mana saja yang menyiarkan siaran NHK disini. Atau yang menggunakan IPhone, bisa download aplikasi “NHK World Radio Japan” gratis di App Store. Bisa juga dengar siaran melalui situs resmi NHK Japan Indonesia via live steraming di jam berikut 16:45, 20:15, 21:06, 06:00 WIB.

Nah selamat belajar, selamat mendengarkan dan ありがとうございます。(arigatou gozaimasu)

PS : Thanks to NHK Radio Japan khususnya Om Rane, Murai-san, dan Mbak Riska atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan. Thanks juga buat international staff Chiba Prefecture yang mendampingi Chiba Ambassador saat melakukan publikasi.

About these ads

25 thoughts on “Pengalaman Wawancara Bersama NHK Radio di Jepang

  1. wow keren Van. Sekarang mah kesempatan datang banyak juga dari dunia maya, awalnya saling baca twit, mention, dst :)
    btw, batiknya perlu dikirim dari Indo lagi Van, kayaknya. huehehehe
    eh itu wawancara dlm bahasa Jepang/ Inggris? siiiipppp

  2. Jadi inget waktu diwawancara di salah satu stasiun TV di Frankfurt, ZDF. Plus berkesempatan mengunjungi tempatnya yang luasnya lebih besar dari Hollywood.

    Keren, Mas. Pengen ke Jepang >.<

    • Wah mas lebih hebat dong diwawancara stasiun TV. Great than me… :D
      boleh mampir sini ke jepang nanti kita ngobrol2 dan nanti kutraktir…. :D
      aku jadi mau ke german juga :P

      • Aduh, hebat ngga yah? :P
        Traktir tiket pesawatnya aja dong Mas. Makannya bayar sendiri aja deh. Eh tapi di Jepang kan mahal-mahal banget, sekalian makannya juga deh hahaha

        Ngga punya uang saya hiks

        • hebat lah.. lbh hebat kayaknya :)
          hahaha tiket pesawatnya bayar sendiri, makannya baru ditanggung hehehe… Halah ga punya uang padahal di Jerman kan lebih mahal2 dan mata uang nya lebih tinggi kan hehehe :D

  3. saya waktu itu denger wawancaranya.. emang dri suaranya, kedengarannya mas ivan grogi banget.. :D sukses terus jdi chiba ambassador.. :D

  4. waaaa, lupa mampir kesini….
    Saking sibuknya buat persiapan buat Kalsel Expo…

    Wah Selamat ya Ivan, udah jadi Artis Radio nih, hehehe :D
    Semoga kedepan makin sukses dengan Chiba Ambassadornya, hehe :D

  5. Halo Mas Ivan, terima kasih untuk sharing tentang interview bersama NHK. Bulan lalu NHK membuka lowongan untuk penyiar bahasa Indonesia dan saya coba apply. Saya ingin tanya updatenya, apa boleh saya mendapat email penyiar NHK yang Mas kenal untuk menanyakan hal ini? (di alamat NHK tidak ada e-mail apapun tercantum) Arigatou Gozaimasu

    • Halo juga… untuk email mohon maaf saya tidak bisa bagikan… waktu itu pernah ada hal yang sama meminta email tapi masalah email termasuk hal yang privacy selain juga orang yang bersangkutan kurang berkenan emailnya dibagikan jadi mohon maaf tidak bisa saya bagikan.
      nanti akan saya tanyakan langsung kepada orang NHK yang saya kenal…
      smoga bisa memperoleh kepastian secepatnya.
      Salam
      Ivan

  6. Pingback: Menutup Perjalanan Chiba Ambassador | ivanprakasa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s