Jadilah Luar Biasa Dengan Kegagalan

Kegagalan… Sebuah kata yang memiliki makna yang tentunya sangat dihindari dan dibenci oleh semua orang. Tentu semua orang pernah mengalami kegagalan. Bahkan orang hebat pendiri facebook, microsoft dan orang besar lainnya pernah mengalami kegagalan. Kegagalan memang sangat menyedihkan… Tak pelak bahwa banyak orang yang menjadi semakin down karena kegagalan tersebut, tapi tak sedikit juga orang yang mampu bangkit dan menjadi lebih baik.

Kegagalan bisa diibaratkan seperti seorang bayi yang sedang belajar berdiri dan berjalan. Berdiri dengan kaki sendiri tidaklah mudah. Maka dari itu seorang bayi pun membutuhkan waktu lama sampai ia bisa benar-benar berdiri sendiri. Karena Tuhan tau, berdiri sendiri haruslah perlu perjuangan dan setelah mampu berdiri pun kita harus mampu menyeimbangkan diri agar bisa melangkah. Perlu lah usaha dan kerja keras untuk bisa berjalan… Jika kamu gagal, kamu haruslah bangkit dan berdiri kembali.

Disaat kamu gagal, mungkin kamu akan memahami orang-orang di sekitarmu. Siapa yang benar-benar sahabat sejatimu yang peduli dengan kondisimu disaat susah maupun senang. Dan siapakah diantara sahabatmu yang hanya peduli kepadamu disaat kamu berada diatas.

Mungkin hal itu memang menyedihkan bahwa kita memiliki teman bermuka dua yang hanya menghampiri disaat kita bahagia. Tapi jika kamu gagal bangkitlah dan tunjukkan bahwa kamu bisa meraih lebih dari kegagalan yang sebelumnya kamu alami. Yakinlah bahwa roda kehidupan akan selalu berputar. Meskipun orang-orang yang gagal dan berada dibawah harus kembali mengawali segala sesuatunya dari nol untuk kembali membangun reputasi, tapi percayalah bahwa pengalaman adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang. Dengan pengalaman gagal kamu akan dipersiapkan untuk menjadi lebih.

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah, meskipun kita menjadi orang gagal dan terpuruk, jangan sampai kamu menjadi orang yang dikasihani oleh orang lain karena mengalami kegagalan. Bangkitlah kembali dan tunjukkan bahwa kamu bisa meraih yang lebih baik. Dan ketika kamu berada diatas jadilah orang yang dinilai baik karena prestasi dan perjuangannya… Jadilah orang yang memang layak untuk dihormati. Namun janganlah menjadi orang yang congkak dan sombong, melainkan teruslah belajar, dan makin berisi semakinlah merunduk seperti sebatang padi. Karena kita tak akan pernah tau ujung dari roda kehidupan yang terus berputar.

Sebab gagal itu biasa dan jadilah luar biasa dengan bangkit dari kegagalan.

 

Salam

 

Ivan Prakasa

*dedicated for myself – sebuah tulisan yang saya buat untuk merefleksi kegagalan yang saya alami.

 

About these ads

25 thoughts on “Jadilah Luar Biasa Dengan Kegagalan

  1. kegagalan bisa jadi sukses yg tertunda,bisa jd jg cobaan kalo kita lulus dr cobaan berarti kita pantas tuk naik kelas artinya allah akan menaikkan derajad kita intinya ambil hikmah yg positif dibalik kegagalan itu.

  2. saya rasa banyak orang bisa me-relate dengan kegagalan seperti ini. semoga kita semua bisa memotivasi diri untuk berbuat yang lebih baik lagi ya mas ivan. banzai.

  3. setuju ama kalimat terakhir “Sebab gagal itu biasa dan jadilah luar biasa dengan bangkit dari kegagalan.”

    yah semua orang pasti pernah mengalami kegagalan ya… tapi jangan jadikan kegagalan itu akhir dari segalanya…

  4. Semoga bisa bangkit ya van dari kegagalannya :)

    Bte.. suka dengan kalimat tidak untuk dikasihani orang lain.. coz aku gak penah suka namanya dikasihani.. hmmm..

    • Yups… amin… I hope I can show if my failed before akan terbayar dengan kesuksesan lain yg lebih tinggi… :) yg tidak dikasihani orang aku belajar hal itu waktu SMA diajari guruku… Sepedih apapun jangan pernah mau dikasihani oleh orang lain :)

    • Yup… ibarat pepatah banyak yang berhasil tapi tidak sedikit yg gagal… tinggal kita mau masuk bagian yang mana… Jangan melulu terpuruk karena kegagalan. Di depan masih banyak peluang yg lebih baik :D

  5. sibuk dengan diklat jd ga sempet mampir nih, hehehe

    kalo bagi saya kegagalan adalah pelajaran yang berharga dalam hidup karena kita bisa menjadikannya pengalaman agar bisa memperbaiki diri dan bisa sukses di kemudian hari
    :)

  6. Suka sekali baca tulisan ini.. :) Mengingatkan aku yang hampir gagal master, alhasil mengulang penelitian kembali, dan lulus. Nikmatilah prosesnya.. karena proses menuju keberhasilan itulah yg akan selalu dikenang.. :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s