Tips Menangani Virus Conficker

Apakah Anda memiliki masalah dengan si tenang menghanyutkan “Conficker” seperti yang sudah saya posting dalam blog saya ini sebelumnya? Jika ya, Anda tak perlu khawatir karena kini antivirus lokal yaitu PC MAV dari PC Media telah mampu menciptakan antivirus untuk melawan si “Conficker” alias Kido atau Downadup ini.

Tim dari PC Media telah menciptakan PC MAV Express for conficker. Anti virus ini dibuat terpisah dengan PC MAV karena masih belum bisa dikombinasikan dengan struktur dari PC MAV. Tak perlu khawatir harus membayar atau membeli lisensi untuk mendownload antivirus ini, karena selain ukuran filenya yang relatif kecil, antivirus ini juga dibagikan secara gratis.

PCMAV Express ini dapat menuntaskan “Conficker” dan membersihkan semua setting system yang telah terinfeksi dan mampu memulihkannya ke keadaan semula. Kelebihan lain dengan menggunakkan PC MAV Express ini bahwa  kita tidak perlu melakukan format/instal ulang komputer kita, karena PC MAV Express ini mampu mengaktifkan kembali registry dan service yang telah dimatikan oleh “Conficker.” Dengan kemampuan akurasi yang sangat tinggi dan teknik semi polimorfik yang digunakan, antivirus ini mampu membersihkan virus “Conficker” hingga ke akarnya. Bahkan karena terlalu hebat dalam menganalisa “Conficker” terkadang antivirus lain justru salah mendeteksinya dan PC MAV Express dianggap sebagai virus.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan komputer Anda dari si “Conficker” :

1. Download PC MAV Express lewat link berikut.

2. Pastikan Anda login sebagai user Administrator atau yang setara dengannya.

3. Non – aktifkan antivirus yang terinstal agar tidak mengganggu PC MAV Express.

4. HAL YANG PALING PENTING = saat melakukan scan terhadap virus ini pastikan bahwa komputer Anda TIDAK TERKONEKSI ke jaringan baik itu wi fi, modem, ataupun jaringan LAN yang Anda miliki.

5. Setelah selesai melakukan scan, sangat disarankan bila Anda melakukan restart komputer Anda dan lakukan scan ulang jika perlu.

6. Setelah komputer bersih dari virus, segera update/patch Windows Anda. PC MAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.

7. Bila Anda menggunakkan koneksi LAN, pastikan bahwa komputer lain yang terhubung ke jaringan juga bebas dari “Conficker”.

8. Pastikan password hak administrator di komputer Anda tidak mudah ditebak, karena “Conficker” memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosakata umum yang ada dalam kamusnya. Gantilah password Anda dengan gabungan alphabet dan numerik agar tidak mudah ditebak.

9. Terakhir untuk menghindari terinfeksi kembali virus “Conficker”, waspada penggunaan flash disk dan matikan autorun yang ada di flash disk.

10. Jika langkah 3-9 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka kemungkinan besar “Conficker” akan kembali menyusup ke komputer Anda sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan untuk memproteksi komputer.

Demikian tips yang bisa saya bagikan ke pembaca setia sekalian yang mungkin terkena virus conficker. Semoga dengan melakukan tips diatas komputer Anda bisa bebas dari “Si Tenang tapi Menghanyutkan Conficker”. SELAMAT MENCOBA.

Advertisements

2 thoughts on “Tips Menangani Virus Conficker

  1. bagus jg tulisan lw van 😀

    abis bca artikel lw jgan2 kompie gw uda mulai kena niy virus..
    mw instal ulang windows tpi males, lama soalnya 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s