Pamer Budaya Indonesia…. (Adakah yang bisa dibanggakan??!!)

Menikmati liburan untuk kedua kalinya bersama keluarga Yamauchi. Sarapan pagi ini adalah nasi, nato, telor, daging sapi yang entah digoreng atau dipanggang+salad dan sup miso. Well…. gue ga terlalu suka nato sih karena rasanya aneh waktu pertama kali gue nyobain nato di hotel mark-1. Tetapi nato kali ini rasanya agak sedikit beda. Gue mencoba buat makan dan akhirnya abis juga. Hahahaha……..

Selesai makan pada 18 September 2010 ini gue ngebantuin keluarga Yamauchi untuk nyiapin pesta barbeque. YIPEEE….. Barbeque…….. Eeeeh tapi ternyata gue mendapat kesialan di pagi ini. Waktu mau ngangkat barang gue agak sedikit terantuk batu sehingga gue jatuh (Aduuhhhh malunya gue… mana sakit lagi =.=”) Mungkin hal ini juga disebabkan oleh sendal yang kekecilan yang disediakan oleh keluarga Yamauchi. Jadinya gue agak sulit buat berjalan. (^.^)?

Abis nyiapin perlengkapan buat barbeque besok, kita ngobrol-ngobrol bareng di ruang keluarga. Kita semua ngerasa boring disitu karena ga ada kegiatan sama sekali. Akhirnya menjelang siang gue berusaha memberi sedikit hiburan kepada mereka. Gue mencoba menunjukkan segala sesuatu berbau Indonesia. Pertama-tama gue nunjukkin mata uang Indonesia yaitu rupiah. Mereka agak sedikit terkesima dengan mata uang kita. Yang gue tunjukkin adalah mata uang pecahan seratus ribu rupiah dan lima puluh ribu rupiah. Mereka juga agak sedikit kaget melihat banyaknya angka nol di pecahan tersebut. Hahahaha…. belom tau dia….. hihihihi…..

Abis nunjukkin mata uang kerta mereka tertarik untuk melihat mata uang logam Indonesia. Gue nunjukkin mata uang pecahan 1000 logam yang baru dan 500 rupiah yang baru. Well…. gue bawa banyak banget tuh 500an perak di dompet gue. Secara temen gue dari Indonesia yang namanya rontok bilang kalo dengan 500 itu kita bisa dapet minuman di vending machine dan dapet kembalian duit berupa Yen. Ehhh nista emang akhirnya duit itu ga bisa kepake deh… Udah dicobain di hampir setiap vending machine yang gue temuin, dan tetep ga bisa… Cuma berat-beratin doang. =.=”

Abis nunjukkin uang, mereka nanya semacam buku panduan tentang Jepang dalam bahasa Indonesia. Karena gue cuma punya kamus akhirnya mereka tertarik untuk melihat tuh kamus. Gue kasih liat dan mereka juga terkesima dengan bahasa Indonesia. Hohohoho…….

Gak ada lagi yang bisa gue tunjukkin akhirnya gue nunjukkin koran dari Indonesia yaitu “The Jakarta Post” yang gue dapet di bandara sebelum gue berangkat ke Jepang. Well… padahal tuh koran udah gue masukin tong sampah loh… hihihi……. Mereka agak kagum dengan koran itu, namun karena bahasa Inggris mereka kayaknya lebih excited untuk ngeliat yang bahasa Indonesia karena mereka sempet nanyain koran berbahasa Indonesia. Sempet mereka minta penjelasan mengenai suatu artikel di koran itu. Tapi karena bahasanya terlalu berat gue juga angkat tangan deh. Hahahaha……..

Abis nunjukkin koran mereka nanya apakah gue punya kamera digital. Tentu aja dong, karena penting banget gue bawa kamera. Kameranya pun baru karena gue beli khusus sebelum pergi ke Jepang (karena kamera digital gue sebelumnya rusak). Merk-nya adalah BenQ dan mereka belum pernah liat sebelumnya. Ya iyalah kalo di Indo merk beginian adalah merk ecek-ecek… hahaha… Tapi karena di kameranya ada tulisan “made in China” akhirnya gue bilang kalo nih kamera buatan Cina. :p

Makan siang……… Well…. ini makan siang terenak yang pernah gue nikmati. Gue makan spagetti dan sup krim jagung. Wahhh pengin nambah deh…. hehehehe…. tapi ga tau kenapa semenjak di Jepang yang biasanya gue selalu nambah kalo makan, tapi makan di Jepang udah cukup kenyang untuk sekali makan porsi normal. Mungkin karena di Indonesia makanannya yang murah-murah kali ya…. Jadinya ga ada gizinya…. Tetapi di Jepang gue kayaknya jadi tambah gendut nih… hehehehe…… Selain itu nasi di Jepang lengket-lengket kayak ketan gitu, mungkin karena itu juga kali ya gue jadi cepet kenyang… padahal biasanya gue makan banyak banget…

Abis makan siang kira-kira selang 1 jam gue diajakin ke mall buat beli perlengkapan barbeque. Pertama-tama pergi ke “Joyful Honda” yang merupakan tempat peralatan rumah tangga. Disana beli beras dan beli arang buat persiapan barbeque. Arangnya “made in Indonesia” loh. Hehehehe gue boleh sedikit berbangga disini walaupun ga gue tunjukkin… (Perlu bangga ga sih Indonesia cuma bisa ekspor arang??!!)

Abis beli arang kita cabut ke mall terbesar yang pernah gue liat yaitu “BIG HOP – Garden mall Inzai” disana mallnya gede banget dan ada bianglala di tengah mallnya. Udah kayak dufan aje. Hahahaha…. Disana liat-liat baju buat anak yang empunya rumah, abis itu belanja banyak banget yang totalnya abis sekitar 15 ribuan Yen…

Abis dari Big Hop gue ditanyain haus atau gak. Gue bilang sedikit haus. Terus diajakin ke “Megamax World Furniture Center.” Wuiiihhhhh disini bisa dapet minum gratis…. Walaupun ga beli apa-apa bisa minum apa aja seperti coca-cola, fanta, cappucino, dsbnya…. Wah kapan di Indo ada beginian ya???!!! (Maaf foto mallnya padahal udah gue foto tapi di kamera tau-tau ilang >.<)

Pulang ke rumah istirahat sebentar terus makan malem. Makan malem kali ini adalah….. mati zoni gue…. oyster dan unagi….. alias kerang dan belut… disini gue lama-lama jadi kanibal deh.. >.< udah gitu miso soupnya adalah miso soup kerang lagi =.=” Terakhir kali makan kerang gue muntah-muntah karena enek…. Untungnya disini gue bisa menghabiskan semua makanan tanpa kenapa-kenapa…. Thanks God…. Walaupun agak gimana gitu selama menikmati makanananya…. hahahaha…..

Well…. sambil nunggu giliran mandi gue nonton kartun tentang baseball…. Well… beberapa hari di Jepang gue perhatiin untuk suatu acara itu gak pernah ada yang namanya kepotong iklan. Film atau acara selalu main selama 25 menit dan sisanya 5 menit dipake buat iklan. Gak kayak di Indo dikit-dikit iklan… mati zoni deh…. malah kadang banyakan iklannya daripada filmnya…. Kapan dong Indonesia berbobot kayak Jepang???? Dan lagi jam tayang film selalu ontime. Gak kayak di Indonesia film yang mulainya jam 9 kadang bisa ngaret sampe 15 menit lewat baru mulai. Jadi cermin budaya bangsa kitakah ini????!!!

Time to sleep!!! Sehabis mandi langsung bergegas tidur… karena besok harus bangun pagi karena mau diajakin pesta barbeque… Night all…….

Best regard

Ivan

Advertisements

2 thoughts on “Pamer Budaya Indonesia…. (Adakah yang bisa dibanggakan??!!)

  1. I read a lot of interesting content here. Probably you spend a lot of time writing, i know how to save you a lot
    of work, there is an online tool that creates readable, google friendly articles in minutes,
    just search in google – laranitas free content source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s