Ketika Cinta Tak Harus Memiliki

Dear pembaca setia sekalian….

Wah sudah lama ya saya tidak mengupdate blog ini. Mohon maaf pembaca setia sekalian bila blog saya garing dan ga ada hal-hal baru. Agaknya ketakutan saya yang tidak punya cerita sekembalinya ke Indonesia dari Jepang yang pernah saya utarakan sebelumnya, bisa benar-benar terjadi ya. Saya berharap sih tidak….

Sebenarnya ada beberapa hal di Jepang yang belum sempat saya sharingkan, namun mengingat sudah terlalu lama dan saya agak sedikit lupa jadinya ya lanjut saja deh ceritanya. Maklum lah… sekembalinya dari Jepang saya harus menyelesaikan urusan kuliah yang sedikit terbengkalai, termasuk ujian dan sidang magang jadinya… sharing cerita itu sudah melayang kemana-mana deh. Hehehe….

Sesuai janji saya, tahun ini mimpi saya untuk menerbitkan novel yang sudah lama tertunda harus menjadi kenyataan. Jadi, seperti yang juga pernah saya utarakan bahwa ketika perjalanan di Jepang sudah usai, saya akan mulai mengisi blog dengan tulisan-tulisan yang nantinya akan jadi novel saya. Mohon doa para pembaca ya agar novelnya nanti bisa benar-benar terbit ya. πŸ˜€ AMIN…….

Namun kali ini saya belum mulai untuk menulis halaman demi halaman novel saya. Yang ingin saya bahas kali ini adalah sebuah kalimat yang mungkin sudah sering sekali kita dengar yaitu β€œCinta Tak Harus Memiliki”

Pernah ga pembaca sekalian mengalami hal itu? Wah saya udah kayak dokter cinta aja nih kesannya. Hahaha….. Buat pembaca yang pernah mengalaminya boleh kok di share via comment. Hehehe… πŸ˜€

β€œCinta” memang terkadang membuat kita buta. Bahkan cinta terkadang bisa membuat manusia bisa melakukan hal diluar batas kewajaran. Saking cinta-nya sering pula kita dengar berita orang bunuh diri dengan loncat dari lantai 20, atau gantung diri di pohon toge. (Hahaha lebai aneh gila gue…. :p)

β€œCinta” itu urusan perasaan bukan urusan logika. Kan ada tuh lagunya β€œcinta… tak kenal dengan logika.” Menurut saya pribadi ada benar dan ada tidaknya. Memang cinta itu urusan perasaan, namun logika itu juga penting agar kita tidak dibutakan oleh cinta. Betul ga? Nah buat yang sedang dimabuk asmara dan dimabuk cinta jangan sampai deh dibutakan oleh β€œcinta”. Kalian harus tetap berpikir dengan logika agar sekiranya kalian tetap dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk. (cie ilah bahasa gue….. dewasa gila…. hahaha :p)

Yang namanya β€œcinta” emang datangnya kadang ga diduga-duga. Bisa datang kapan saja dan dimana saja. Seperti sebuah misteri kadang kita bisa mengalami yang namanya β€œcinta tak harus memiliki.” Pernah ga mendengar sebuah cerita seorang anak dijodohkan oleh orang tuanya. Padahal kita sangat mencintainya, namun ternyata dia harus menuruti orang tuanya dan menikah dengan seseorang yang dijodohkan olehnya. Mungkin jika mengalami hal itu kita menjadi sedih dan berharap tidak mengalaminya.

Namun jangan sedih ya kawaners sekalian, karena terkadang rasa cinta seperti itu bisa lebih indah dari apa yang kita bayangkan. Memang mungkin berat mengalami hal tersebut, tapi bila terjadi hal demikian kita masih bisa menjadi teman untuknya kan?! Tentunya kita ingin kekasih yang kita cintai selalu tersenyum kan? Nah, maka dari itu jangan tinggalkan dia dalam situasi seperti itu. Justru disaat seperti itulah kita harus memberi dukungan dan tetap selalu ada untuknya. πŸ˜€

β€œPercayalah kasih…. cinta tak harus memiliki…. walau kau dengannya…”

Pernah dengar kan lirik lagu diatas. Nah, kita pun masih bisa mencintainya meski dirinya sudah bersama yang lain. Pernah dengar ga istilah β€œcinta tak bersyarat”? Nah salah satu β€œcinta tak bersyarat” itu adalah dengan menerima kondisi kekasih kita apa adanya. Salah satunya ya β€œcinta tak harus memiliki” itu. Tidak ada syarat untuk kita harus memilikinya seutuhnya. Betul???

Coba kalian renungkan sejenak, mengapa Tuhan menciptakan β€œcinta” diantara manusia? Jawabannya adalah karena cinta itu ada untuk melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Cinta dua manusia itu ada karena kita diharapkan saling mengisi kekosongan hati satu sama lain dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Karena itulah cinta harus menerima kekurangan dari pasangan. Jika cinta hanya memandang kelebihan saja, maka manusia bisa hidup sendiri dengan cinta. Karena itu terimalah β€œcinta” kita apa adanya.

Jika romeo dan juliet saja bisa mengabadikan cinta mereka, meski banyak yang menentangnya? Mengapa kita tidak hanya karena tidak bisa memilikinya? πŸ˜€

Advertisements

86 thoughts on “Ketika Cinta Tak Harus Memiliki

  1. Ketika Cinta Tak Harus Memiliki | ivanprakasa.com Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

  2. Ketika Cinta Tak Harus Memiliki | ivanprakasa.com I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You are incredible! Thanks! your article about Ketika Cinta Tak Harus Memiliki | ivanprakasa.comBest Regards Rolf

  3. bhasa.a lbay amat..,
    tanya dong.. : klo sumpama kta prnah blang ke cwe/cwo klo cnta itu tak hrus mmliki.,
    trus suatu saat kta ska ma cwe/cwo itu
    suatu saat kta nmbak cwe/cwo itu
    dya mlah jbab gini : cnta tak hrus mmliki…
    kta hrus blang pa trusan nih? πŸ˜€ hahaha

    • masak?! hahaha ya maaf kalo bahasanya lebay πŸ™‚
      hmm klo aku pribadi aku akan jawab : “yah kamu pasti menemukan yang lebih baik dari aku dan kebahagiaan mu adalah kebahagiaanku juga” πŸ™‚

    • Cinta tak harus memiliki?
      Itu sama aja bohong…semua orang ingin memiliki, bahkan merasa harus memiliki.
      Dengan melihat orang yang kita cintai bahagia, kita ikut bahagia? bohong! kita cuma pura-pura bahagia
      Di saat hati kita sakit, itu mengajarkan kita untuk menjadi munafik….
      Bukankan itu nyata?

    • hmm… ya kalo menurut saya pribadi sih harus diputusin dong…
      daripada kamu tau tau jadi backstreet ama cewe yg kamu suka itu. itu bakal lebih nyakitin cewe kamu yang sekarang.
      Walau kamu ga tega kamu harus jujur kalau kamu udah ga ada rasa lagi sama dia. but ya cara ngomongnya musti baik2 supaya ga menyakiti perasaan cewe mu itu.
      oke? πŸ˜€

    • Kerjakanlah apa yg KAU BISA, dan jangan pernah memaksa untuk melakukan hal yg tidak kau bisa…Kadang kamu harus dengarkan kata hati. Jangan tanyakan siapa yg kamu cintai, tapi tanyakan siapa yg buatmu bahagia dan dihargai…Dalam hidup, syukuri apa yg kamu miliki sebelum dia pergi, karena begitu dia pergi, dia mungkin tak akan kembali.Dikhianati itu tidak enak. Jadi mending bersikap Setia saja.

  4. Dia adalah malaikatku! akan sangat egois jika aq mematahkan sayapnya dan memaksa dia tinggal bersamaku, terbanglah tinggi malaikatku aq akan selalu menyayangimu….

  5. Mampus lo dicurhati mulu. Mwahaha.. πŸ˜†
    Saya sudah gak ngeblog lagi sih, tapi kebetulan tadi liat link di twitter, singgah deh kesini. Ini ada sedikit coret2 jaman dulu kalo mo ngomongin CTHM. Anggap saja sharing thoughts. πŸ˜‰

  6. Hahaha , lumayan ne buat renungan malam hari ..
    Pernah sih ngerasa cinta ga harus memiliki ..
    Tujuan nya sih supaya dy bisa bahagia doang , dan dy bisa tertawa lepas ..
    Dan mw bgt jd pelindung dy , walaupun dy lebih milih cowo itu ..
    Tapi malah dh 3 mgg lebih , dy ga kabarin saya sama sekali ..
    Kira” apa yg harus saya lakukan ?
    Apa saya harus ngelupain dy ?
    Dy aja ga berusaha buat nyari saya ..

    ae

    • Kalo saran dari aku sih kamu harus kontak dia sekedar say halo dan menanyakan kabar. Kenapa? karena siapa tau justru dia bersama orang yg over protektif sehingga dia jd ga bebas dan mgkn dia tertekan.
      Tapi Jika dia baik2 saja ya tinggal bagaimana kamu mau bersikap dan menempatkan diri…

      Apakah kamu akan melupakan dia selamanya ATAU kamu akan menjadi sahabat yang baik untuk dia.

      Pilihan menjadi sahabat memang baik, tapi pikirkan bahwa kamu tipikal orang seperti apa. Kalau kamu tipikal org dengan pembawaan santai mungkin menjadi sahabat tidak akan membawa masalah. Tapi kalo kamu tipikal yg mudah terbawa perasaan seperti cemburu atau emosian better untuk melupakannya.

      Yg jelas bagaimana kamu menempatkan diri kamu juga harus berpikir jangka panjang. Yg jelas menjadi sahabatnya itu saya bilang tidak mudah. πŸ™‚ disatu sisi kamu memendam perasaan dan di sisi lain kamu menjadi orang yg mendukung dia dan mgkn akan banyak dilema yg akan sering kamu temui.

      Good luck ae πŸ™‚

  7. mas tany sih ??
    saya suka sama cewek.,.setiap malem saya berdoa buat dia
    memang say belom katakan klw suak sama dia
    tpi ternyata dia suka sam orang lain dan sudah jadian

    salahkah saya klw saya pendem perasaan saya???
    dan saya tunggu sampe dia putus sama pacarnya????
    karena saya cinta bgt ma dia
    saya merasa gg ada yg lain lagi

    • Dear Mas Sasmito Aji…
      Pertama kamu harus terima resiko karena mungkin kamu terlalu lama memendam perasaan.
      Terkadang seorang wanita butuh kejelasan dari sekedar hanya hubungan pertemanan.
      Jika memang kamu suka seharusnya diutarakan sejak awal. At least jangan terlalu lama
      jika kamu memang suka. So…Sekarang orang yg kamu suka sudah jadi milik orang lain, kamu harus berjiwa besar menerimanya.

      Kalau saran saya adalah pendam perasaan kamu sampai dia benar-benar single. Karena jika kamu utarakan kepadanya disaat dia sudah menjadi milik orang lain, hal itu bisa membuat dia bimbang jika ternyata dia menaruh perasaan juga. ATAU jika dia tidak ada perasaan akan membuat hubungan kalian menjadi renggang.
      So tetap menjadi sahabat dia sampai kapanpun.

      Jikalau dia nanti putus, tetap ada untuknya. Namun jangan langsung utarakan perasaan karena hal itu akan membuat hatinya menjadi semakin kacau. Beri jeda (mungkin 1-3 bulan) sampai dia kembali normal dan tidak lagi larut dalam kesedihan karena putus dgn pacarnya. Setelah bisa move On baru utarakan perasaan kamu yang sebenarnya.
      NAMUN…
      Jikalau akhirnya kamu tidak bisa mendapatkannya (dalam arti dia lanjut terus sampai ke jenjang pernikahan) tetaplah berbahagia karena tentunya kamu bahagia kan jika orang yg kamu sayangi bisa hidup bahagia. Tetap support dia dan menjadi sahabat baiknya. Dan saya yakin bahwa akan ada wanita lain yg mungkin jauh lebih baik yang akan menggantikan posisinya di hatimu πŸ™‚

  8. Saat ini saya sudah berkeluarga dan sudah dikaruaniai seorang putri yg cantik.. Dulu sebelum saya memutuskan menikah dg suami saya,saya sudah berpacaran dg orang lain selama hampir 6 tahun,dan itu terasa berkesan sekali buat saya.Karena dari ayah saya masih hidup sampai meninggal dunia saya masih menjalani hubungan dg dia.. sampai akhirnya tidak ada kecocokan yg membuat saya lelah menunggu,yaitu diperkenalkan dg keluarganya.. iya,selama 6 tahun saya belum pernah sekalipun diperkenalkan,dia beralasan karena blm mempunyai pekerjaan.. memang kami menjalani hubungan sejak kelas 2 SMA,tp setelah lulus dan tidak ada perubahan ttg “masalah perkenalan” itu akhirnya saya memutuskan untuk berpisah,walau dia berusaha meyakinkan saya,nnti akan ada waktunya..
    SIngkat cerita mas,sudah 5 tahun berlalu dan selama 5 tahun itu “bayang2” dia membayangi saya,akhirnya saya mencoba untuk mengetahui kabarnya,dan.. dia skrg ada di palembang,hanya bekerja disana,tp ternyata selama 5 tahun ini dia juga mencari saya,karena saya sudah pindah rumah,dia semakin bingung untuk mencari saya,dia terlihat senang sekali,memang kami bertemu hanya via tlp,saya pun senang mendegar kabar dia baik2 saja,tp saya tidak memberi nomor hp saya kepada dia,saya takut,rumah tangga saya berantakan.. apakah perbuatan saya salah?saya hanya ingin mengetahui kabar dia saja..tidak ada maksud apapun.. tp saya malah semakin teringat masa lalu saya dg dia.. tlg bantu saya,apa yg harus saya lakukan,jika dia kembali ke jogja,dan mencari saya.. tp sejujurnya saya ingin bertemu dg dia.. sebelumnya terima kasih untuk sarannya..

    • Saya paham bahwa pasti selama 6 tahun itu sangat membekas sekali yah, sampai sekarang pun masih teringat kenangan akan dia. Yah bagaimanapun mengingat si dia sampai sekarang tentunya juga akan dialami oleh semua orang karena itu adalah dari masa lalu kita.
      Saya tidak bisa mengkategorikan yang dilakukan oleh Mbak Vany benar atau salah, karena menurut saya setiap orang juga akan berbuat hal yang sama kepada orang yang berarti untuknya dimasa lalu. Tapi menurut saya dengan tidak memberikan nomor HP mbak Vany itu sudah merupakan tindakan tepat.

      Jika kemudian mantan kekasih mbak Vany sampai kembali ke Jogja, sebelum memutuskan untuk berjumpa jelaskan padanya terlebih dahulu kalau status mbak Vany kini sudah menikah. Jadi dia akan paham dan seharusnya tidak mengharapkan lagi CLBK (cinta lama bersemi kembali)
      Jika nantinya berujung pada perjumpaan sebaiknya pada saat perjumpaan mbak Vany mengajak seseorang entah itu teman atau sahabat. Hal ini bertujuan agar pada saat perjumpaan masing-masing bisa menjaga sikap dan tidak melakukan hal lebih lanjut yang kemudian berujung pada CLBK dan perselingkuhan.
      Atau kalau mbak Vany memiliki keberanian dan suami mbak Vany bukan tipikal orang yang cemburu berlebih, bisa saja mbak Vany mengungkapkan kalau mbak Vany ingin berjumpa dengan teman lama dan ingin mengenalkannya pada suami. Jadi pada saat perjumpaan suami juga bisa kenal dan mantan mbak Vany juga pasti akan merasa canggung terhadap suami mbak Vany sehingga tidak akan berbuat hal berlebihan.
      Semoga dengan begitu mantan mbak Vany bisa berbesar hati dan hubungan kontak hanya sebatas teman dan untuk menjaga tali silaturahmi saja.

      Segitu saja saran dari saya. Semoga bermanfaat… πŸ™‚

  9. aku mengalaminya,,,kami saling menyayangi dan menerima apa adanya…awalnya kami bersahabat jadi kami tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing hingga akhirnya dia dipaksa menikah oleh ibunya,Dia sudah berusaha meyakinkan ibunya tentang diriku tapi ibunya tidak merestui kami dan dia dsumpah jika masih berhubungan dengan ku maka umur ibunya tidak akan lama lagi…ya allah kami sama-sama menangis…dia dipaksa menikah dengan anak dari teman ibunya,,,hari-hari kami lalui begitu sulit..dia menguatkan ku untuk tetap tegar dan bangkit..kami harus rela dan ikhlas menerima kenyataan ini.Ini lah hari-hari yang teramat berat buat kami menunggu penetapan bulan kapan pernikannya terlaksana, Hingga aku berikrar dan meminta pada allah untuk merawat rasa itu hingga akhir hayat karena rasa ini karena allah jadi tidak akan hilang oleh waktu…hanya beribadah dan ikhlas menerima semua kenyataan jika pernikahan itu benar-benar terjadi
    Teruntuk Mas Adi…aku selalu mendoa kan untuk kebaikan mu mas..demi mas berbakti pada orangtua..aku ikhlas mas menikah….

    • Yang kuat dan sabar ya Rissa.
      Saya tau ini pasti akan sangat sulit dan berat buat kalian berdua. Mas Adi sudah melakukan yang terbaik dengan berusaha meyakinkan orang tuanya. Tetapi apa boleh buat kenyataan berkehendak lain.
      Meski harus berpisah pasti suatu saat Rissa bs menemukan pengganti yang memang dipilihkan Allah untuk Rissa.
      Sampai saat itu tiba tetaplah tegar dan kuat menjalani kehidupan. dan saya yakin cinta kalian berdua akan tetap ada di hati kalian masing2.

  10. ,saya punya masalah,,

    saya dulu punya pacar, waktu daerahnya sama,,, dan disaat saya berpisah dengan dia dengan status mash pcran,,, kemudian lama menjalin hubungan,,, dia ng0m0ng ke saya lewat sms gni! kita sahabatan aja ya, tapi saya dan dia berjanji bahwa kita akan meneruskan ketika kita sama2 ketemu,,, na kendala saya apakah cewek saya menunggu saya dengan sungguh2,,,,,?? dan saya dengar dia punya pcr,,??

    • Hi Raden,

      Mengenai masalah kamu. Kalau memang kalian berdua berjanji untuk sama-sama meneruskan, untuk apa dia ngomong “kita sahabatan aja ya” ?
      Melihat dari kondisinya mungkin dia memang sudah punya pacar baru. Tapi jangan di judge dulu ya. Cari tau dulu kebenarannya.

      Ini adalah worst case yang bisa saya berikan,
      jika kalian memang berjanji untuk meneruskan satu sama lain, maka ketika waktu itu tiba kamu harus siap dgn kemungkinan terburuk.
      Saat kamu kembali mungkin cewek kamu akan dilema antara dua pilihan, kembali bersama kamu ATAU dia lebih memilih pacar baru yang MUNGKIN dia miliki.
      Jadi worst case nya adalah jika kamu kembali dan dia ternyata lebih memilih pacar barunya, maka kamu harus siap dengan konsekuensi tersebut dan jangan paksa dia untuk memilihmu karena diawal dia sudah bilang bahwa kita temenan saja.

      Itu saja opini dari saya. Semoga membantu ya. πŸ™‚

  11. mas ivan…saya sangat butuh bantuan mas…awal ceritanya saya kenal seorang cew namanya defriani.agama dy islam…sedangkan aqu sendiri buddha…aqu sangat sayang sekali ama dy…saya sudah menjalani hubungan pacaran dengan dy selama 6tahun…hingga detik ini dy masih resmi jadi pacar saya.tapi saya rada kecewa karena dy mau di kenalin cow ama tante nya…ada temen di kerjaan saya mengadu dengan saya bahwa laki laki itu sudah smsan dengan dy untuk minta jumpaan…hati saya sangat sedih dan luka mendalam…cew aqu selalu minta aqu untuk menikah dengannya,dy pernah bilang kalau dy sudah umur 28tahun dan sangat ingin menikah dan mempunyai keluarga…tapi saya sangat bingung…alasan saya menolak untuk menikahinya karena perbedaan agama…dan sudah pasti orang rumah akan sangat tidak setuju…padahal orang tua cew aqu juga uda sangat setuju katanya…pernah kami kumpul ama mamanya si cew sambil seloro…katanya kalau saya mau menikahi putrinya saya akan dapat tinggal dirumahnya…dan dy lebih memilih untuk pulang ke kampung…di satu sisi saya tidak bisa untuk masuk ke agama si cew…karena saya juga mempercayai agama saya sendiri…mohon di bantu mas ya dengan jawaban mas mungkin saya bisa lebih terbantu dengan masalah saya πŸ™‚ terima kasih

    • Hi Mas Andy,

      hubungan berbeda keyakinan memang seringkali menjadi hambatan bagi setiap orang. Bukan hanya diri kita sendiri saja, melainkan juga dari anggota keluarga pasti ada pertentangan di dalamnya.
      Di satu sisi wanita bila sudah mencapai umur 28 tahun pastilah ingin segera menikah. Saya gak tau mas Andy ini umur brapa, tapi menjalin hubungan dengan wanita berumur diatas 27 tahun baik kita lebih muda/seumuran/lebih tua pasti akan dituntut untuk segera menikah. Karena menurut saya pribadi, usia ideal wanita untuk menikah adalah usia 23-27 tahun.

      Dari cerita yang mas Andy berikan saya lihat dari pihak wanita baik itu pasangan maupun keluarganya sudah memberikan lampu hijau bagi mas Andy. Dalam hal ini berarti mereka sudah tidak masalah dengan perbedaan keyakinan yang ada.
      Jadi yang jadi masalah disini adalah dari mas Andy sendiri yang belum yakin dan juga dari pihak keluarga mas Andy yang mungkin nantinya akan menentang.

      Saran saya pribadi adalah jika memang mas Andy yakin dengan pilihan pasangan yang sekarang segeralah menikah. Bicarakan ini baik-baik dengan keluarga. Utarakan masalahnya dan ungkapkan kalau mas Andy yakin dengan pilihan mas Andy.
      Sedangkan untuk masalah perbedaan keyakinan, idealnya adalah seorang wanita mengikuti keyakinan yang dianut oleh suaminya.
      Tapi itu kembali lagi ke pasangan mas Andy sendiri, langkah apa yang ingin diambil. Apakah ikut agama suami atau tetep kekeuh dengan agama yang dimiliki sekarang.
      Jika ikut agama suami, tentunya dari mas Andy dan pihak keluarga sendiri saya cukup yakin akan mendukung nantinya.
      Namun jika teteup kekeuh dengan agama yang sekarang mungkin akan ada sedikit pertentangan diantara keluarga, namun kawin campur alias pernikahan yang berbeda agama itu sudah semakin banyak kok.
      Teman-teman saya banyak yang orang tuanya berbeda keyakinan. Jadi dalam bahtera rumah tangga nantinya tetap harus saling menghargai kepercayaan satu sama lain.

      Jika kemudian pilihan jatuh kepada pernikahan berbeda agama, perlu dibicarakan dari awal bila mempunyai anak nantinya. Apakah si anak mau dididik untuk mengikuti agama sang ayah atau sang ibu. Idealnya menurut saya adalah si anak diberikan pendidikan agama dari masing2. (dlm hal ini budha dan muslim). Nah nanti setelah anak sudah beranjak dewasa biarkan si anak memilih keyakinannya sendiri. Apakah dia lebih nyaman menjadi seorang muslim atau dia memilih beragama budha nantinya.
      Tentunya hal ini juga perlu dibicarakan juga diawal dan perlu kelapangan dari masing-masing pihak (kelapangan hati dari mas Andy sendiri dan juga pasangan)
      Jangan sampai nantinya dikemudian hari jika si anak sudah beranjak dewasa dan memilih agamanya ada salah satu pihak yg kecewa dan kemudian malah memaksakan kehendaknya/memaksakan agamanya kepada si anak.

      Itu saja mungkin yang bisa saya sampaikan.
      Semoga membantu ya…

  12. terima kasih banyak ya mas ivan yg sudah meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan saya…mudah2an saya bisa segera memutuskan pilihan yg terbaik.good luck ya mas ivan

  13. mas ini saya lagi…hehe saya bingung mas…kalau keluarga saya sudah setuju apa yang terbaik dengan saya katanya…oya mas kemarin aku belum sebutin umur saya ya…saya tahun 1989 mas,,,sekira jalan 25tahun ya ? cewek saya loh mas ivan,,,asik ngajak nikah melulu…dan tanyakan aku serius gak ama dy mas…dy uda tua katanya mas…makanya aku di desaknya untuk menikah terus…ya aku jujur mas…aku pun belum ada uang untuk menikahinya apalagi untuk beli rumah sendiri…memang katanya gak usah takut untuk sementara pakai uang dy…toh uang bisa dicari2 sama kalau sudah menikah dengan dy…itu katanya…kalau dari pihak keluarga aku.aku berat kali kalau harus untuk masuk agama yang tidak saya yakini…oya bg sudah saya sarankan juga bg kalau masing2 agama tapi tetap dy nolak mas…karena katanya itu dalam hukum islam sama saja dengan berzinah mas…saya ada rencana coba bilangkan ke dy kalau biar sama2 untuk masuk ajaran kristen…toh mamanya juga dulunya kristen mas…karena mamanya sayang dengan bapaknya akhirnya mama si cew masuk ke agama islam…entah juga la mas…mudah2an si dy mau mas…setidaknya saya ga pernah sembhyang lagi menurut agama buddha saya yang dulu apabila saya sudah masuk kristen,,,tapi saya hanya mengingat adanya TUHAN πŸ™‚ gimana menurut mas ya ?

    • Maaf ya baru membalas…
      Hmm… dia memaksa masuk Islam yah. Ya memang untuk mengubah agama itu bukan suatu hal yg mudah sih. Saran saya 1-1nya ya tetap memeluk agama masing2. Coba diberi pengertian saja kalau untuk mengubah agama tidak semudah membalikkan telapak tangan.
      Tawarkan juga untuk menikah dgn cara sesuai agama masing2. Jadi kalian menikah dgn ijab kabul seperti dalam agama Islam DAN juga dgn cara menurut agama yang kamu yakini.
      Semoga bisa diberi pengertian dan dia mengerti ya.

      Untuk masalah rumah untuk sementara kontrak juga bisa sembari mengumpulkan uang utk membeli rumah sendiri.
      Semoga membantu ya,,,

  14. Sore mas πŸ™‚ aku pernah kok mengalaminnya , aku menyayangi seorang pria yang sudah punya pacar:’) kami saling menyayangi tapi dia lebih memilih pacarnya, yah saya sebagai wanita hanya bisa bersabar dan emang bener cinta tidak harus memiliki kok:’)

  15. AS, saya mau tanya.. Cinta tak harus memili.. Nah, yang saya mau tanyakan, saya punya pacar dan pacar saya sayang banget dengn saya, tp dia dijdohkan dengan orang tuanya. Dia gk suka dengn orang yg dijodohkan oleh orang tuanya, tp sicowok orang yang mau dijodohkan itu ngebet bgt pengn merid sedangkan cewek saya bner2 gk mau.. Nah skrang pa yang harus saya lakuin…??

    • Hmm… tergantung keputusanmu.
      Kalau kamu sudah siap menikah, kenapa tidak coba lamar saja?
      Tapi kalau belum siap, kenapa tidak coba yakinkan keluarganya bahwa hubungan kalian siap dibawa ke jenjang yg lebih serius.

  16. sya mau tanya .. Aku bru kemrin putuz sma cwo q tp q msh syang dia,.. Tp si mantan.Ku itu waktu di tnya sma tmnku knp putuz ? dia jwab aku gg putuz wong gak ada masalah . Trus kemrin dia itu ngajak q ketmuan waktu udah ketemu dia itu cuma duduk diam sambil mandangi aku saja . Itu gmna om ??

    • loh, yg memutuskan hubungan kamu atau dia?
      Apakah sudah di klarifikasi?
      Coba di klarifikasi lagi.
      Kalau memang ada salah paham ya dibicarakan baik2. Tapi kalau sudah putus dan kemudian pacar ngajak ketemuan dgn tujuan apa? Untuk menjaga silaturahmi atau untuk balikan lagi itu yg coba dipikirkan dan diklarifikasi lagi.

  17. Sperti yg kualami…
    Kumencintai nya dan menyayanginya walau pun ku tahu dia tak pernah anggapku ada.
    Tapi aku gak bisa melupakan nya semakin aku mencoba melupakan nya aku semakin mencintai nya. Aku bingung dengan semua nya

    • Sabar ya…
      Mungkin perasaan itu muncul karena kamu belum menemukan yg lebih baik darinya.
      Suatu saat ketika kamu menemukan yg lebih baik pasti kamu bisa melupakannya.
      πŸ™‚

  18. Cinta Memang Tak Harus Memiliki. Tapi Kita Masih Bisa memilikiny kembali entah itu harus menunggu berapa lama lagi. apa lagi jika ternyata kekash kita mash mencintai kita. ya tinggal kita seberapa kuat kita bisa menunggu dan bertahan untuk bisa bersamany kembali.

  19. Ini kisah ku sekarang.
    Orang yg sudah menemaniku selama 4 tahun.dia akan bersama orang lain karna perjodohan..smpai 3bln ak denger kabar ini.aku tetap kekeh menganggap dia kekasih ku.dan aku membuat keputusan.akan menunggu nya sampai kapanpun.

  20. Cinta Tak Harus Memiliki

    Saya mengalaminya. peristiwa 15 tahun yang lalu…
    Saya pernah jatuh cinta dg seseorang. Dia pun memiliki perasaan yang sama.
    hanya saja, saat itu dia memilih utk mengejar impiannya mjd seorang pelukis dan hijrah ke negeri kincir angin. saya merasa hubungan akan sulit terlebih dia orgnya sedikit tertutup dan kdg sulit dipahami. lalu saya pun menyerah dan memilih memutuskan hubungan dengannya.
    Singkat cerita, kami memiliki kehidupan sendiri2. Dia menikah dg org sana, dan saya juga, menikah dan pnya anak.

    Suatu ketika dia menelepon saya. wkt itu trnyata dia sudah berpisah dg istri pertamanya. Saat itu dia blm tau klo saya jg sdh menikah. dia telpon saya menanyakan apakah saya sdh menikah dan apakah saya bahagia. saya jawab dg tegas dan bangga bilang padanya: ya, tentu saja saya bahagia. saya pnya suami yang sgt cinta dan juga seorg anak yang tampan.
    Akan tetapi setelah dia menutup telponnya, saya menangis. saya merasakan kerinduan yang teramat dlm pd dia.
    Bagaimana tidak. meski saya menikah dg org lain. tetapi hati saya msh srg memikirkannya. meski tak pernah melakukan kontak tapi saya selalu merasa dia msh dekat. makanya saya sgt terkejut saat dia telpon setelah 8 tahun menghilang.
    Yang saya tdk bisa lupa adalah saat dia mencium saya. smpai saat ini saya msh merasakannya. bahkan ketika suami saya mencium saya, selalu terlintas bayangan ttg dia.
    setelah itu, saya berusaha menelepon balik tapi tak pernah bisa. dan saya cuma bisa nangis jika ingat dia. saya berusaha melupakan dia lagi. berusaha memberi perhatian dan cinta yang lbh pd suami saya. meski tdk bisa benar2 lupa, akhrnya saya bisa melupakan dia dg kehadiran anak kedua.
    Lalu, taun 2013 tiba2 saja saya menerima inbox di fb saya yang ternyata dia lagi. owh tuhan…. saya ingin benar2 lupa. saya ingin benar2 mengubur dia, tapi knp dia muncul lagi.
    Lalu kami saling bertuka cerita. banyak hal yang ternyata kami lewatkan. banyak hal yang membuat komunikasi kami terhambat selama 15 tahun itu. Sampai akhirnya saya tdk kuasa menahan perasaan saya. saya ungkapkan betapa saya merindukan dia. Dia bilang sejak 2005 dia sudah pisah dan menyendiri smpe th 2013 dia baru ketemu dg istrinya yang skrg. dia blg dia jg srg memikirkan saya, makanya dia pernah telpon saya dulu.
    yaah… kami pnya perasaan yang sama. hanya saja hidup jadi lain. takdir tdk pernah mempertemukan kami.
    meski kami smpe tukeran pin BB, kami berusaha menahan utk komunikasi seperlunya. krn kami tdk ingin menyakiti pasangan kami msg2. Sampai akhirnya, saya gak tahan dg perasaan saya sendiri. rasanya ingin selalu mengungkapkan perasaan rindu saya. tetapi tdk bisa. status2 bb saya yang biasanya penuh motivasi positif seketika srg saya hiasai dg quote2 kerinduan ato puisi2 cinta yang membuat saya sndiri jd gak nyaman. saya pikir saya msh bisa berteman dg dia dan melupakan perasaan yang telah lalu. tapi ternyata saya tidak bisa. akhrnya kemarin saya delcon pin BB dia dan juga block FBnya.
    Entah apakah dia mengerti perasaan saya. ato tdk. biarlah begini adanya. lebih baik tidak mendengar berita apapun ttg dia. Saya sndiri jg tdk tahu apa yang saya inginkan. saya bahagia akhrnya dia pnya istri lagi dan bahagia. disatu sisi, saya msh menyimpan rindu yang sangat ingin saya ungkapkan. spt ada sesuatu yang blm selesai di hati saya. tapi biar saja saya kubur dalam2 perasaan itu. kembali spt belasan taun lalu saat saya menulis surat perpisahan utknya. surat yang saya tulis berhari2 lamanya dg kucuran air mata spt tak kunjung habis.
    Saya yakin, saya psti akan baik2 saja. saya punya suami yang baik dan cinta keluarga. saya pnya 2 anak yang tampan. apalagi yang saya butuhkan? maka disini saya kembali, saya seutuhnya milik suami dan anak2 saya.
    Maaf klo curcol saya kepanjangan.

    Salam,

    • Terima kasih untuk sharing ceritanya…
      Memang perasaan terhadap orang yang pernah kita sayangi / menyayangi kita itu terkadang sulit untuk dilupakan.
      Saya bisa memahami perasaan Marisma yang tidak mau terlarut dalam perasaan.
      Menurut saya delete contact BB dan block FB itu merupakan pilihan, namun bukan merupakan jalan keluar.
      Boleh saja begitu namun suatu saat bisa saja dia kontak lagi dengan cara lain.

      Saran saya sih ceritakan pada suami agar suami bisa membantu memahami perasaan Marisma dan membantu Marisma untuk melupakan si dia.
      Tapi kembali lagi itu merupakan pilihan.
      Semoga apa yang jadi pertimbangan dan pilihan Marisma merupakan yg terbaik ya. Semua pasti sudah dipikirkan baik dan burusknya.
      Tetap semangat…

  21. Hampir sama dengan yang kualami cinta tak harus memiliki. Tapi beda cerita. .
    Ada saat dimana kita saling mencintai tapi kita tidak bisa bersatu karena keluarganya tidak suka dengan.ku dan akhirnya mereka tidak menyetujui hubungan kami.
    Dan sedih.nya lagi mereka membenci.ku tanpa alasan yang jelas.

  22. AS. Mas aq mw curhat donk ..
    awal kisah kita memang saling mencintai. walau aq tau kalau dia sudah punya pasangan, tetapi dia juga mencintai aq. aq pernah bilang, kalau qm memang sayang sama aq putusin pacar qm sekarang, kalau gga mau biar aq yg pergi. trus ceweku jawab, aq memang sayang bgt sama abang, tapi aq gga bisa mutusin pacar aq yg disana bang, aq sama dia sudah berjalan selama 4thn dan keluarga sudah saling mengenal satu sama lain, itu yg membuat aq berat mutusin dia bang, dan kami akan menikah tahun depan ,tapi aq juga gga mau kehilangan abang(sambil nangis). trus saya jawab, ya sudah ade jgn menangis lagi, abang cuma berharap semoga ade bisa memilih mana yg terbaik buat ade, abang atau dia ??. Nah yg jadi pertanyaan saya, setelah kami berpisah karna keadaan, setelah berpisah cukup lama atau sebulan, tiba”cewek saya malah menghapus semua kontak dgn saya. Apakah saya harus menemui dia di kampung atau hanya berdiam diri ??. Tapu jujur saya kangen bgt sama dia. Gimana solusinya mas ??

    • Menurut saya dia melakukan itu karna sudah membuat keputusan. Dia sudah memilih pasangan yg sudah berjalan 4 taun itu.
      Dia melakukan itu pasti dgn maksud melupakan Syauqi.
      Jadi saran saya lupakan dia dan cari yg lebih baik. Jangan diganggu lagi karena nanti justru akan membuatnya sedih…

  23. jadi pengen curhat.. kami sudah saling mengenal lama.. saling mencintai dan saling menyayangi, sampai kami sudah merancang hidup bersama di masa depan, namun karena adat istiadat orang jawa membuat kami harus berpisah dg keterpaksaan.. dan perpisahan ini atas dasar rasa sayang kami satu sama lain dan rasa sayang kami pada keluarga kami.. hancur banget rasanya hati ini

  24. memang dengan cinta kita akan merasa melayang di angkasa tapi dengan cinta pula kita akan terjatuh bahkan terkubur, makanya kita harus bisa menerima akan manis pahitnya cinta.

  25. aq sangat mencitai kekasih q, meski kami pacaran hanya satu bulan lamanya tapi aq sangat menyayanginya ,namun ketika cinta kita sedang memuncak, masalah belum pernah terjadi pada kita , dia malah ditunangkan oleh orang tuanya dengan orang lain. Mulanya aq marah padanya karena dia tidak menulaknya tapi akhirnya aq sadar akan keadaan yang sulit bagi dia untuk menulaknya.

  26. Saya menyukai seorang pria, saya tau dia sudah punya kekasih tapi saya tetap nekat untuk berhubungan dekat dengannya, yang awalnya saya verfikir bahwa saya ikhlas dengan keadaan ini. NAmun lama kelamaan saya tidak tahan dan mulai mengungkapkan apa yang saya rasakan, dia pun merespon balik den berkata juga menyayangi saya tapi kita harus tau batasan masing masing. Entah kenapa haru demi hari saya merasa dipermainkan, sampai akhirnya saya merasa mulai ditinggalkan. Hati saya sangat hancur. Dan saya bimbang,bingung harus bagaimana dengan perasaan ini karena mulai detik ini saya sedang berjuang untuk tidak mengubunginya lagi 😒

  27. Ya klu gue sih shbat gue sndri yg khianati gue…sdih banget lagi2 kita sama kelas..ya ngliatinerka spnjang msa,hari deh..

  28. cintaku lebih rumit
    aku mencintai wanita yg sudah menikah dan ia pun mencintai aku sedangkan suaminya adlh temanku sendiri
    ketika aku tanya mengapa dia mencintaiku alasannya adlh karena aku taat beragama(padahal aku merasa blm beragama sepenuhnya).
    dan alasanku mencintainya pun sama karena dia wanita yg sabar rajin sholat. sementara suaminya kurang ilmu agamanya dan trkadang sering marah2 padanya… tp semenjak suaminya tahu bahwa istrinya suka sm aku. si suami yg msh temanku mulai rajin sholat dan belajar mengaji… saya pun mendukung niat baik si suaminya itu bahkan saya siap mengajarinya… tp entah karena dibumbui oleh orang lain si suami sprti marah pdku mendiamkan aku… padahal aku tk ingin hubungan kita rusak gara2 wanita. .. biar aku yg mengalah karena aku tk mau menjadi pagar yg memakan tanaman…

  29. Assalammu’alaikum wrwb,
    Saya pria berumur 26 tahun saya sudah menjalani hubungan dengan seorg wanita sejak 3,5 tahun yg lalu, saat pacaran kami sudah sama2 berjanji untuk saling setia dan tidak akan meninggalkan satu dgn yg lain, suatu hari sya memperkenalkan dia ke2 orgtua saya ayah dan ibu saya sangat menyukainya dan tidak ada maslah, ketika dia mengenalkan sy dgn ke2 ortunya ibunya merasa tidak menyukai sya, nth apa alasannya saya jg kurg paham, mngkin sy masih pengangguran dan blm blm mempunyai pekerjaan, suatu ketika pacar sy mengatakan dia enggan melawan perintah ibunya krn ia sgt syng terhdp ibunya ia meminta sy untuk mencari gadis yg lbh baik dari dia, sya mersa shock dan smpai detik inipun masih sgt sedih, wanita yg sya cintai ternyata tak mw berjuang untuk memprtahankan hubngan ini, sya mrΓ€h dn kcwa dan sy sudah berkali2 meyaninkannya bahwa dia adalah yg terbaik tp tetp jg ia tak ingn melawan ibunya, sudah hampir 2 buln sy memperjuangkannya. Ia berkata dia jga sangat mencintai saya tp disisi lain ia tak ingin melawan ibunya. akhirnya sy mengajaknya menikah brpapun maharnya sya sanggupi tp tetap ibunya tidak menyetujui, apa yg harus saya perbuat apakah sya memutuskan untuk pergi dan tak lgi mengenalnya sedikitpun? apakah saya harus bertahan?

  30. bagaimana step untuk bisa bersikap “cinta tidak harus memiliki”
    sedangkan hal tersebut sangat sulit dilakukan apabila kita memiliki pasangan yang membuat hidup kita lebih baik dan kita sangat sayang terhadap pasangan kita

  31. Saya memendam perasaan ke org yg sya cintai krn cintanya tdk ada masa depannya utk saya,bisa2 akan merusak hubungan.y dgn pasangan.y,apa lagi dia belum tentu tulus dgn perasaannya,menurut saya cinta ini suatu kesalahan,sdh sekian lama tdk ketemu tapi trus sllu mengingat dia,bgmn ini…hiks hiks

  32. Wah crita nya persis dgn cinta yg sya hadapin. .tpi akhir nya sya ikhlas trima smua itu. .krna sya tau s’sungguh nya smua itu ujian buat sya. .allah lbh tau trbaik buat smua hamba nya. .aduh jdi curhat heheh. .thank’s bang cerita nya. .

  33. terus gimana kalau kita pertama kali ketemu terus saling suka tapi tak sempat kenalan dan terpisah gitu aja.. ninggalin perasaan
    aku ketemu laki2 yg sma waktu itu lagi renang kita sama tertarik tapi harus terpisah gitu aja.. sampe sekarang masih kebayang2 perasaan nya masih tersimpan tapi bingung harus gimana kenal pun tidak siapa dia gak tau atau tinggal dimana pun gak tau.. nyesek jadi nya .memang cinta itu tak mengenal waktu dan tempat.

    • Hehe… bagaimana bisa tau kalo sama sama tertarik? Kan ga kenalan dan ga mengungkapkan perasaan apa-apa…
      Anyway memang cinta tak mengenal waktu dan tempat… Semangat ya…

      • hehe iya sih tapi kan bukan lewat kata kata yang terucap menandakan dia suka atau aku suka dia,
        saat itu sih dia cuma liatin aku terus,terus deketin aku ke sana di ngikut aku ke situ ngikut kadang kita saling pandang tapi kita nya kya yang bisu diem2 an aja akhirnya mata aja yg mampu bicara saat itu kita sama2 lagi renang , tapi sekarang udah lupa wajah nya haha πŸ˜€ tapi pas satu hari setelah renang itu aku nangis rasa nya kangen sama doi habis solat repleks aja itu air mata turun dengan sendirinya

  34. terus gimana kalau kita pertama kali ketemu terus saling suka tapi tak sempat kenalan dan terpisah gitu aja.. ninggalin perasaan
    aku ketemu laki2 yg sma waktu itu lagi renang kita sama tertarik tapi harus terpisah gitu aja.. sampe sekarang masih kebayang2 perasaan nya masih tersimpan tapi bingung harus gimana kenal pun tidak siapa dia gak tau atau tinggal dimana pun gak tau.. nyesek jadi nya .memang cinta itu tak mengenal waktu dan tempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s