Apa itu Google+ ?

Sebelum menjawab judul diatas, ada baiknya kita melirik raja dari social media di dunia yaitu facebook. Pernah ga kita mengalami kejadian dimana kita di tag foto oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan, entah foto jualan baju, handphone, atau foto-foto ga jelas lain yang sama sekali ga penting dan ga ada hubungannya dengan kita. Pernahkah juga kita mengalami kejadian dimana kita ingin menulis status tapi tidak ingin status tersebut diketahui oleh pacar misalnya atau bahkan guru atau dosen kita ?

Itu mungkin hanya sebagian kecil dari permasalahan kecil yang ada di facebook. Masih banyak permasalahan lain mulai dari permasalahan penulisan status, komentar hingga masalah privacy menjadi pokok permasalahan yang ada di facebook. Dimana kini segala sesuatu yang kita lakukan di raja social media yaitu facebook ruang geraknya harus kita batasi sendiri. Salah-salah hal yang kita lakukan di facebook bisa membawa kita kepada sesuatu hal yang berbau kriminalitas.

Mungkin ada berbagai permasalahan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu mengenai kekurangan dari facebook yang terus dibenahi oleh pendirinya Mark Zuckerberg . Kini Google raja mesin pencari di dunia mencoba menawarkan solusi lebih baik dari semua permasalahan yang ada di facebook. Ya…. google+ jawabannya….

Apa itu google+ ?

Google+ adalah sebuah layanan social media baru yang diluncurkan oleh google untuk menjawab kebutuhan para pengguna facebook yang memiliki keterbatasan ruang gerak, keamanan, serta privacy.

Google+ mencoba mengkotak-kotakkan kehidupan kita di social media sesuai dengan karakter kita layaknya di dunia nyata. Sebagai contohnya : bila kita berbicara dengan teman akrab pasti obrolan dan omongan kita akan blak-blakan dan bebas meledek satu sama lain tanpa takut terjadi salah paham. Namun apa jadinya jika kita berbicara dengan guru atau dosen misalnya ? Tentunya tutur kata dan pola bahasa kita akan lebih santun terhadap mereka.

Melalui salah satu fitur “circle” kita bisa mengklasifikasikan teman-teman kita ke dalam kelompok masing-masing, Seperti berada di dunia nyata,  kita sendiri lah yang mengelompokkan teman-teman kita tersebut kedalam kelompok-kelompok. Misalnya teman, saudara, guru/dosen, grup pencinta alam, dsbnya. Dengan adanya fitur “circle” tersebut, menjadikan  Google+ memiliki kelebihan dalam hal update status. Saat kita melakukan update status, kita akan ditanya ke “circle” manakah status tersebut akan di publish ? Dan pada akhirnya status yang kita tulis hanya dapat dibaca oleh mereka yang ada di “circle” yang kita tuju. Pada gambar dibawah ini saya dapat dilihat bahwa saya mencoba melakukan testing posting komentar ke “circle” dosen yang saya miliki.

Lewat “circle” pun kita tidak perlu pusing kebanjiran status dari berbagai pihak yang mungkin jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Kita dapat mengelompokkan masing-masing orang ke dalam “circle” kita dan melalui “circle” itu pula kita dapat mengelompokkan status mereka. Di bawah ini saya coba tampilkan “circle” IT partner yang saya miliki. Dari gambar dapat dilihat bahwa hanya status dari “circle” IT partner saya yang muncul.

Fitur lain yang menjadi keunggulan google+ adalah fitur “sparks”.  Dengan fitur “sparks” kita bisa memperoleh segala hal yang berkaitan dengan minat kita. Sebagai contoh jika kita mengidolakan seorang Sherina Munaf, maka kita dapat mengklasifikasikannya ke dalam “sparks” dan kita akan memperoleh segala hal terkait dengan sang idola. Dibawah ini saya memiliki ketertarikan pada android, dan saya memasukkan android ke dalam “sparks” yang saya miliki. Maka saya akan memperoleh segala hal informasi terkait dengan ketertarikan saya tersebut.

Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya di awal tulisan ini bahwa di tag foto oleh pihak yang tidak berkepentingan sungguh sangat menyebalkan. Terlebih jika foto tersebut dikomentari oleh banyak orang. Tentunya akan banyak notification yang akan kita peroleh. Nah… salah satu keunggulan lain dari google+ ini adalah dengan mencoba meminta izin kepada pihak yang di tag. Apakah kita menyetujui diri kita di tag dalam foto tersebut?! Jika setuju maka kita pun ada di dalam tag foto tersebut dan jika tidak maka tag tersebut akan dibatalkan.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai google+.

Jika  masih ada yang bertanya-tanya “apa itu google+?” dan bagaimana saya mengaksesnya?  Silahkan mencoba langsung dan mendaftarkan diri Anda di situs google+ , karena sekarang google+ sudah dibuka untuk publik walau masih dalam tahap uji coba.

Kesimpulannya… “apa itu google+?” Secara keseluruhan fitur dari google+ itu sendiri mirip dengan facebook. Bedanya adalah dua fitur utamanya yaitu “circle” dan “sparks” . Selain itu agaknya google+ mencoba mengkombinasikan facebook dan twitter sebagai suatu wadah jaringan pertemanan (facebook) dan juga sebagai jaringan informasi (twitter). Namun meski dikatakan bahwa tingkat keamanan, fitur dan berbagai fasilitas lain dikatakan akan mengungguli facebook ada baiknya kita tetap waspada dan tetap menjaga tutur kata kita di dunia maya terlebih di social media agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan 😀

Minggu depan akan saya publish lebih detail lagi tentang google+ setelah saya melakukan eksplorasi lebih dalam… Harap bersabar ya… (^.^)

Salam

Ivan Prakasa

Sumber : http://bukik.com/2011/07/04/google-tips-buat-ababil/?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=bukik

Advertisements

20 thoughts on “Apa itu Google+ ?

    • link yang mana ya?
      kalau buka google+ nya bisa diakses di plus.google.com 🙂
      selamat mencoba dan tunggu posting berikutnya minggu depan tentang kelebihan google+

    • Sudah saya invite ya… 🙂 Memang menarik konsep dari google+ namun sampai skarang saya pribadi masih bingung dan masih berusaha mencari apa plus dan minus dari google+. Semoga saya bisa sharing lagi jika nanti sudah menemukannya

  1. trus apa maksudnya views di orofil g+ kita,,itu manandakan berapa kali kita bukak g+ atau berapa banyak orang yang melihatnya bang?makasih sebelumnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s