Campus Festival (Second Time)

Festival Kampus…. (^.^) apakah itu?! Hehehe…. itu adalah semacam acara rutin tahunan yang diadakan di kampus Tokyo Denki University. Yah ga cuma di Tokyo Denki University sih, umumnya universitas-universitas di Jepang mengadakan acara rutin tahunan seperti ini di kampus masing-masing.

Ini adalah kali kedua saya mengikuti festival kampus. Buat yang belum pernah lihat festival kampus sebelumnya ada baiknya baca dulu posting saya tahun lalu mengenai festival kampus hari pertama dan hari kedua. Kalau tahun lalu tema kampus festival adalah memperingati 100 tahun Tokyo Denki University, tahun ini (8 – 9 Oktober 2011) temanya adalah memperingati 10 tahun Syuyo Festival. Apa itu Syuyo Festival?! Saya sendiri tidak tahu sih, hehehe. Tapi jika menilik festival sebelumnya, sepertinya Syuyo Festival adalah sebuah tema yang diambil setiap 10 tahun sekali, atau juga bisa dibilang merupakan tema yang diambil oleh Tokyo Denki University waktu pertama kali mengadakan acara kampus festival.

Agak berbeda dengan tahun lalu, kalau tahun lalu saya berperan sebagai penyaji berita atau bisa dibilang pembawa materi untuk di presentasikan, tahun ini saya hanya berperan sebagai penonton dan turut memeriahkan saja. Oleh karena itu di saya hanya datang di hari pertama festival kampus, dan di hari kedua saya absen karena pergi ke gereja.

Well…. kalau pembaca sudah membaca festival kampus tahun lalu di hari pertama, pasti pembaca sudah bisa melihat perbedaan yang sangat mencolok, yaitu cuaca. Ya… tahun lalu hari pertama kampus festival cuacanya hujan, sehingga menurut saya pribadi menjadi kurang nyaman.  Tapi tahun ini baik di hari pertama maupun hari kedua cuacanya sangat cerah sehingga sangat menyenangkan. Berikut adalah foto semacam tarian sambutan untuk acara pembukaan festival kampus

Tahun ini saya merasa festival kampus tidak seheboh tahun lalu. Tahun lalu stand dan penjaja makanan maupun pernak-pernik lebih banyak dibanding tahun ini. Tetapi entah ya, apakah karena tahun lalu hujan menjadi cuaca yang diluar prediksi sehingga stand-stand yang ada pindah lokasi dan menjadi saling berdempetan sehingga terkesan ramai ATAU memang stand tahun ini tidak lebih ramai (^.^) Yang jelas tahun ini spot penjual makanan maupun pernak pernik lebih banyak lahan yang kosong dan lengang. Yah mungkin ini karena perbedaan cuaca saja kali ya. Hehehe….

Perbedaan kedua yang cukup mencolok adalah dari segi presentasi dan ruangannya. Kalau dulu saya menggunakan ruangan kelas yang cukup besar dan menggunakan microphone dan slide power point saat presentasi, tahun ini international student yang semuanya dari Indonesia dan merupakan adik kelas saya menggunakan ruangan yang menurut saya sangat kecil dan sempit. Selain itu presentasi pun hanya menggunakan poster dan bukan menggunakan laptop atau komputer. Berikut ini adalah situasi presentasi mulai dari orang pertama Miko, diikuti David, Felix, dan kemudian Linda. Yang setiap presentasi diberi jeda 10-15 menit untuk istirahat.

Perbedaan berikutnya adalah point pengunjung atau Felica Stamp. Sama seperti tahun lalu, pengunjung yang mengunjungi seluruh spot tempat point berada dan berhasil mengumpulkan semua point akan mendapatkan sebuah hadiah. Belajar dari kesalahan tahun lalu, tahun ini bila ingin memperoleh point dari stand international student, mereka harus menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Namun yang agak sedikit membuat saya heran adalah kenapa pertanyaan yang digunakan adalah pertanyaan yang saya gunakan untuk presentasi tahun lalu. Kenapa bukan presentasi tahun ini. Selain itu pertanyaannya juga sedikit di modifikasi, berikut pertanyaan yang wajib dijawab oleh pengunjung jika ingin memperoleh point :

  1. Apa nama ibukota Indonesia ?  “Jakarta”
  2. Berapa jumlah penduduk Indonesia ? “lebih dari 230 juta penduduk”
  3. Apa nama anime di Jepang yang terkenal di Indonesia? “Doraemon”

Yak itulah 3 pertanyaan yang disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Pengunjung cukup menjawab satu pertanyaan dari 3 pertanyaan tersebut dan pertanyaannya pun diacak secara random sehingga pengunjung yang satu mungkin mendapat pertanyaan berbeda dengan pengunjung yang lain. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan terkait dengan presentasi saya tahun lalu, coba lihat pertanyaan tahun lalu yang saya ajukan disini.  Yang berbeda adalah pertanyaan nomor 2. Tahun lalu pertanyaan nomor 2 adalah “Pulau manakah dari Indonesia yang kita bicarakan dalam presentasi?” Tapi kemudian diganti menjadi jumlah populasi di Indonesia. Menurut saya pertanyaan tersebut cukup sulit, karena saya sendiri sebagai orang Indonesia jika tidak mencari informasi dari internet akan kesulitan untuk menjawab jumlah populasi di Indonesia. >.<

Pengunjung stand international student tahun ini memang cukup ramai, tapi saya rasa ramainya pengunjung disebabkan harus menjawab pertanyaan untuk menjawab point. Alhasil mau tidak mau saya rasa mereka terpaksa ikut sesi presentasi yang dibawakan oleh para student. Selain itu, tahun ini agak sedikit aneh buat saya, pasalnya saya datang ke kampus festival hanya sebagai “HINT” untuk jawaban pertanyaan nomor 3. Saya menggunakan baju doraemon yang saya bawa dari Indonesia yang saya gunakan pula pada tahun lalu. Jadi ketika pengunjung kesulitan menjawab pertanyaan nomor 3, para staff kampus akan menunjuk ke saya supaya mereka bisa memperoleh jawabannya =.=” agak sedikit gimana deh gitu, tapi ya sudahlah itung-itung bantu adik kelas.

Oke itu saja cerita tentang kampus festival yang bisa saya bagikan.

Oiya saya lupa ada 1 hal yang juga berbeda, kalau tahun lalu international student menyajikan kue jahe yang dibuat oleh orang Finlandia, tahun ini orang Indonesia menyajikan “TEMPE” ,yaitu tempe orek dan tempe goreng. Dan saya pun baru tahu kalau di Jepang ada yang jual tempe. Namun untuk memperoleh tempe kita harus pergi ke daerah Ueno untuk memperolehnya.

Oke deh itu saja cerita tentang festival kampus yang kali kedua saya ikuti. Hari senin… saya akan posting cerita tentang adik-adik kelas saya. Terinspirasi dari salah seorang adik kelas yang ingin namanya diceritakan dan dibawakan di blog saya, maka hari senin saya akan berbagi cerita tentang adik kelas saya. Mau tau ceritanya seperti apa?! Tunggu hari senin ya…. (^.^)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s