Hati-hati Dengan Fitur Facebook

Baru saja terbersit di benak saya terkait fitur yang ada di facebook. Fitur ini sudah lama ada, jadi mohon maaf bila tulisan ini mungkin agak ketinggalan jaman. Tetapi semoga para pembaca bisa lebih aware lagi dengan fitur-fitur yang ada di social media. Fitur yang saya maksud disini adalah fitur untuk menghubungkan kita dengan keluarga. Ada fitur dimana kita bisa melakukan tag siapa brother/sister kita, saudara sepupu, paman/bibi hingga kedua orang tua kita….

Nah buat para pembaca hati-hati melakukan tag ini. Fitur ini mungkin memang bagus tapi di sisi lain fitur ini memberikan peluang bagi para pelaku kejahatan untuk berbuat sesuatu yang mungkin diluar dugaan kita. Seperti apa? Yang ingin saya kritisi adalah tag ke kedua orang tua kita.

Pernahkah pembaca pergi ke sebuah bank untuk melakukan transaksi apapun itu dan kemudian pembaca ditanya siapa nama ibu kandung kita? Nah loh?! Ini sangat risky sekali bila orang lain tau nama ibu kita apalagi mengetahuinya melalui facebook. Mungkin 1 : 100 para pelaku kejahatan yang melek teknologi. Dan mungkin 1 : 1000 pelaku kejahatan yang dengan pandai membobol akun seseorang menggunakan data diri yang ada di social media.

Bukan hanya fitur tag ini, fitur facebook lainnya sebenarnya jika kita cermati memiliki sesuatu yang risky. Mulai dari data personal kita, hubungan dengan keluarga atau hal lainnya.

Jadi sepatutnya kita mewaspadai dan bersikap lebih kritis lagi terkait fitur-fitur yang ada di facebook atau social media lain. Sebab mencermati dan melihat pengaruh social media ini seolah-olah bagai makan buah simalakama. Disatu sisi kita butuh social media untuk berinteraksi dengan teman, sahabat, kolega ataupun keluarga. Tetapi di sisi lain adanya social media bisa menyebabkan berbagai kejadian di dunia nyata yang tidak kita inginkan. Mulai dari kasus pencurian, dipenjara karena mencaci maki, hingga kasus pembunuhan.

Lagi-lagi ini semua kembali ke diri kita masing-masing. Kita harus pandai memproteksi diri sendiri dan memperhatikan mana yang layak diumbar dan mana yang sebaiknya hanya kita simpan dalam diri kita sendiri. So… Be Aware… ! ๐Ÿ™‚

Advertisements

19 thoughts on “Hati-hati Dengan Fitur Facebook

  1. betul! Tapi untung ibuku tidak FB an (skr udah almarhum sih) dan bapakku cuma punya akun tanpa pernah buka ๐Ÿ˜€
    Itu juga bisa disetting not public kan? Yang bisa liat hy friend saja ….

  2. Nice Info Mas
    Kalo sejauh ini saya belum mencantumkan untuk Orang Tua, hanya kakak, adik dan juga sepupu, hehe

    Tapi yang bikin penjahat cyber bingung biasanya para ABG dimana Ortunya buanyak banget, hehehe, padahal itu teman temannya :D, tapi di profile malah jadi Ortunya, hehe ๐Ÿ˜€

  3. ibu saya aktif di facebook tapi saya tidak menautkannya di FB. bukan karena saya malu, tapi lebih karena masalah keamanan. Saya sudah menjelaskan hal ini pada ibu dan beliau sangat mengerti… cinta saya kepada beliau lebih dari sekedar tautan di facebook…

  4. siph gan
    bener juga ya. kagak kepikiran ane.
    tapi kan di fb kagak pake nama yang asli bgt kan?
    oya gan apa maksud kata bagaikan makan buah simalakam. ada ya buah gitu? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s