Perjalanan Menjadi Seorang Blogger

Kemarin merupakan Hari Blogger Nasional. Jujur saja saya tidak tau sama sekali bagaimana dan kenapa tanggal 27 Oktober ini ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. Yang jelas tiba-tiba saja pagi-pagi 27 Oktober 2012 kemarin saya dimention ditwitter dan diucapkan selamat hari blogger oleh @denysaurus dan kemudian dengan path juga diucapkan hal terkait blogger juga oleh mas Arie.

Kemudian untuk mengetahui mengapa hari blogger ditetapkan tanggal 27 Oktober, maka saya pun melemparkan pertanyaan di twitter mengenai hal tersebut. Barulah saya mengetahui melalui kak @dimasnovriandi, simbok @venustweets dan bahkan melalui bapak blogger-nya langsung mas @enda ketika kak @nagacentil mem-forward pertanyaan itu kepada beliau langsung.

Jadilah saya mengetahui bahwa tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional karena pada tanggal 27 Oktober 2007 diadakan pesta blogger pertama yang mana kemudian hari itu ditetapkan sebagai hari blogger nasional oleh menkominfo saat itu yaitu Bapak Muhammad Nuh.

Well… Oke sedikit cerita mengenai perjalanan saya ngeblog. Saya mulai ngeblog sekitar tahun 2007. Dimana saat itu saya mengenal blog karena terkait dengan bidang perkuliahan yang saya ambil yaitu bidang teknik informatika, dimana dulunya saya hanya mengenal situs semacam friendster saja. Saya melihat bahwa mempunyai website pribadi itu sungguh keren dan alhasil saya pun memanfaatkan blogger ketika saya memulai dunia blog pertama kali.

Berjalan setahun saya semakin banyak belajar, menulis beberapa artikel walaupun hanya ala kadarnya. Sampai kemudian saya memutuskan untuk beralih ke platform wordpress yang mana menurut saya pribadi lebih nyaman, mudah dalam konfigurasi dan tracking pengunjung website, fleksibel serta mungkin lebih mendunia. Sayang blog saya yang bernaung di blogger saat itu saya putuskan untuk saya hapus. Padahal ada beberapa tulisan yang mungkin akan sangat konyol dan sangat tidak berbobot yang mungkin lucu bila dijadikan cerita perjalanan blogging saya.

Tulisan “Welcome” pada tanggal 27 Agustus 2008 mengawali postingan pertama saya di blog ini. Hingga kemudian perjalanan blog ini tak tentu arah tujuannya dan timbul tenggelam. Mungkin bisa dilihat dari archives yang ada di sebelah kanan blog saat kapan saja saya melakukan update blog sejak Agustus 2008 yang itu sangat-sangat timbul tenggelam.

Awalnya saya bertujuan menggunakan blog ini sebagai tempat saya berbagi ilmu mengenai teknologi yang saya peroleh dari perkuliahan. Namun saya bukanlah orang yang pandai di bidang pemrograman dan teknologi. Selain juga karena saya agak perfectionist dengan hasil tulisan saya alhasil sedikit sekali tulisan berbau teknologi yang saya bagikan.

September 2010 ketika saya ke pergi ke Jepang pertama kali, saya mulai rajin saya nulis blog. Namun sekali lagi blog ini masih belum mempunyai arah dan tujuan. Secara tidak langsung saya lebih banyak curcol melalui blog. Hehehe…. Sampai kemudian saya bekerja di sebuah perusahaan farmasi besar di Indonesia, saya pun mulai memahami sedikit banyak kemana saya harus membawa blog saya ini.

September atau Oktober 2011 lalu, saya pun mulai serius mengerjakan blog saya. Diawali dengan membeli domain dimana yang awalnya diakses melalui www.ivanprakasa.wordpress.com sekarang kini bisa independent dan diakses melalui www.ivanprakasa.com.

Saya pun mulai mengarahkan kemana blog saya akan dibawa. Sesuai dengan tagline “Berbagi Cerita Untuk Belajar Menjadi Lebih…” saya membuat blog saya sebagai tempat saya berbagi cerita-cerita akan berbagai hal. Mulai dari pengalaman, opini, dan berbagai hal lain yang bisa saya bagikan untuk para pembaca. Seperti yang saya tuliskan di “about author” bahwa tujuan saya menulis blog adalah untuk memotivasi, memberikan info teknologi, dan berbagi akan berbagai hal dan informasi tentang negara Jepang.

3 tujuan memotivasi, memberikan share informasi teknologi dan kehidupan di negeri Jepang membuat saya mulai dikenal sebagai blogger. Atau bahkan tidak jarang mereka menyebut saya blogger Jepang. (^.^) Tulisan-tulisan saya mulai dihargai dan bahkan diundang untuk menulis di blog atau website lain. Saya juga bergabung dengan komunitas Kopdar Jakarta yang menurut saya sangat ekslusif karena saya bisa bertemu dengan para blogger handal dan tentunya yang lebih senior dari saya.

Dewasa ini saya mulai mengenal blogger sebagai orang yang sangat potensial dan berpengaruh. Mereka semua hebat bisa merealisasikan kegiatan-kegiatan positif yang awalnya hanya sekedar ide dan cuap-cuap di media online, mereka merealisasikannya dalam kehidupan nyata. And IMHO, that was so amazing.

Ada satu kesedihan bagi saya sebagai seorang blogger yang saat ini tidak berdomisili di Indonesia, yaitu tidak bisa ambil bagian dan ikut serta bersama rekan blogger lainnya merealisasikan hal positif tersebut. Seolah ingin kembali kemasa saya memulai blogging dan mengenal para blogger lain sejak awal. Namun apalah arti itu semua karena waktu tidak bisa diputar lagi. Yang jelas sebagai seorang blogger banyak hal positif yang bisa saya dapatkan. Mulai dari koneksi, kenalan, hingga yang cukup membuat saya bangga adalah bisa menjadi seorang “Chiba Ambassador” yang merupakan duta wisata yang mempromosikan wisata Prefecture Chiba di Jepang secara online.

Saya saat ini berada disini, di Jepang, saya bangga menjadi seorang blogger. Meski saya tidak bisa ikut andil bagian dalam kegiatan blogger di Indonesia, saya yakin bahwa banyak hal positif yang bisa saya bagikan melalui apa yang saya tulis. Dan saya akan akan tetap menulis, berbagi hal positif dan berusaha konsisten untuk membagikan cerita kepada para pembaca semuanya.

Dari sini, Chiba-Jepang, saya mengucapkan

“SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL INDONESIA Ke-5 DAN SAYA BANGGA MENJADI SEORANG BLOGGER”

Advertisements

34 thoughts on “Perjalanan Menjadi Seorang Blogger

  1. Salah satu yang membuat saya senang menjadi blogger, punya banyak teman, nggak hanya di Indonesia tapi juga luar Indonesia. Dan, ada yang menjadi teman-teman dekat 🙂
    Semangat menulis, Ivan.

  2. Selamat hari blogger yg udah telat banget ya van.. 😀 mudah2an suatu hari kita bisa ketemuan secara nyata 😀

    btw.. kita punya satu kesamaan.. sama-sama kukiah di jurusan IT ternyata.. hihihi

  3. Selamat hari blogger yg udah telat banget ya van.. 😀 mudah2an suatu hari kita bisa ketemuan secara nyata 😀

    btw.. kita punya satu kesamaan.. sama-sama kuliah di jurusan IT ternyata.. hihihi

  4. inspiring sekali mas..
    sayang ya ngga ada pesta blogger tahun ini..
    kalau ada pasti lengkap lagi perjalanannya..
    saya masih junior kalau dibandingkan dengan mas 🙂

    • terima kasih kunjungannya…
      iya yah nampaknya tahun ini ga ada pesta blogger. kalaupun ada saya mgkn ga bisa ikutan juga karena sedang tidak di Indonesia. 😀
      wah ga lah… saya juga masih amatiran kok…. 😀

  5. Selamat hari Blogger *ngucapin lagi disini*. Satu yang aku suka dari blog aku adalah sebuah proses. kamu bisa lihat dan membayangkan aku waktu pertama ngeblog umur 23 tahun dan aku yang sekarang di usia 32 tahun… Makanya aku ngga pernah mau hapus arsip-arsipku.. Itu adalah proses hidupku

    • Wah tnyata om rane ada juga ya disana waktu itu… hebat… baru tau kalo blogger lama… xD abis jarang liat posting sih… huehehe…
      yah ada pro dan kontra sih ya… tapi kalo blogger sendiri yg mencanangkan pasti jg nanti akan heboh antara siapa yg menentukan dan mgkn ada yg setuju dan tidak…
      jadi kalo aku beropini sih presiden yg mencanangkan mgkn lbh keren huehehe… xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s