Happy Birthday

Tak terasa sampai dengan detik ini saya bernafas, maka sampai dengan detik ini pula tepat hari ini umur saya telah bertambah satu tahun. Hanya puji dan syukur yang bisa saya panjatkan kepada Tuhan atas segala kebaikan dan nafas kehidupan yang diberikan sampai dengan saat ini. Thanks God, I feel blessed.

Ini adalah kali kedua saya bisa merayakan ulang tahun saya di Jepang.  Tak berbeda dengan tahun lalu bahwa tahun ini pun tak ada perayaan potong kue, acara tiup lilin apalagi menerima kado ulang tahun.  Jika ingin menangis, maka pada sepanjang menuliskan postingan inipun saya sudah menangis. Ya menangis…

Sebenarnya tangisan itu bukanlah tangisan tidak ada yang merayakan ulang tahun ataupun tidak ada seorangpun yang memberikan kado ulang tahun. Melainkan tangisan kesepian. Ya saya merasa kesepian. Ya kesepian…

Segala hal yang saya jalani di Jepang tidak semudah dan seindah yang orang-orang bayangkan. Rasa kesepian dan keinginan berkumpul bersama kawan-kawan untuk bisa bercanda dan tertawa menjadi hal yang sangat saya rindukan. Oleh karena itu, ketika tahun lalu saya menerima kado dari sahabat-sahabat saya di Indonesia sungguh membuat ulang tahun saya tahun lalu menjadi haru teramat sangat.

Thanks to Andre, Meta, Mbak Nunik dan Mbak Diana atas video diatas. Sampai tahun ini pun video itu masih kusimpan dan akan selalu menjadi kado yang berkesan untukku. Dan aku pun merindukan saat-saat kita bisa berkaraoke ria, nongkrong di mall hingga larut, nonton mid night dan kemudian kelaparan tengah malam dan mencari warung makan hingga waktu tak terasa. *Jadi kado tahun ini apa? Gak buat gue terharu lagi? (^.^)

Buat saya pribadi, saya tidak berharap sebuah kado atau hadiah apapun itu. Sebuah ucapan selamat dan iringan doa baik sudah menjadi kado yang indah buat saya. Dan tahun ini meski saya tidak menerima kado spesial dari sahabat lagi, namun ada hadiah yang sangat spesial yang saya peroleh dari Tuhan. Tangisan kesepian itu kini berubah menjadi tangisan kebahagiaan karena Tuhan telah memberikan hadiah spesial berupa kado kelulusan. Ya… kelulusan…

Meski datang lebih awal sehari sebelum ulang tahun saya, hadiah kelulusan ini sungguhlah spesial. Bahkan ada rasa tidak percaya bahwa saya telah lulus. Ya lulus… Saya berhasil lulus ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test) level N2. Sungguh tidak percaya bahwa kemampuan bahasa Jepang saya yang sekarang ini dimana membaca kanji saja masih sulit bisa lulus ujian N2 dengan nilai yang bisa lebih dari nilai yang dijadikan standard kelulusan. Memang kalau tangan Tuhan sudah bekerja, maka tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Karena Tuhan bisa mengubah segala sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.

Antara senang dan juga sedih menerima hasil tersebut. Saya senang karena bisa terus melanjutkan pendidikan dimana lulus ujian N2 menjadi syarat untuk bisa masuk universitas di Jepang. Di sisi lain saya juga sedih karena saya berarti harus siap mengalami kembali masa-masa kesepian sendirian. Namun satu hal yang saya pelajari di hari ulang tahun ini adalah bahwa aku tidak pernah sendiri. Tuhan selalu ada mendampingi saya setiap saat setiap waktu.

Hingga saat ini jika ada sebuah lagu yang menggambarkan suasana dan kondisi saya sekarang ini mungkin lagu “Kemenangan Cinta” yang merupakan lagu kemenangan Indonesian Idol musim keenam. Dimana kutipan lirik lagunya adalah sebagai berikut

Aku sudah menangis

Aku sudah tertawa

Semua tetap indah

Aku harus juara

Berdiri disini tegar

Linang air mata besarkan jiwaku

Aku berlari dengan cintaku

Aku harus kuat mewujudkan mimpiku

Semua itupun saya alami. Saya sudah terlalu banyak menangis. Saya sudah terlalu banyak tertawa. Dan hingga kini saya sudah berhasil lulus N2 yang menjadi syarat utama untuk bisa meneruskan kuliah di Jepang, maka saya sudah setengah jalan saya harus lebih tegar berdiri dan berjuang sampai akhir. Dan setiap tetes air mata yang jatuh sampai dengan saat ini adalah hal yang membesarkan hati saya bahwa “untuk mewujudkan mimpi dibutuhkan banyak pengorbanan”. Dan sampai saya bisa meraih mimpi tersebut, saya akan terus berlari untuk mewujudkan itu semua meski nantinya linang air mata kembali menyertai.

Thanks God for this blessed birthday… Happy birthday to me…. \(^.^)/

NB : Nah jadi hari ini tuh banyak yang penasaran dengan umur saya. Yang jelas umur saya saat ini masih dibawah 25 tahun. So…?! Can you guess?! (^.^)

Advertisements

22 thoughts on “Happy Birthday

  1. Happy Birthday….
    Wish You All The Best…
    sukses selalu Mas Ivan dan moga ditahun ini diberi teman untuk mengusir kesepian yang melanda…. Amin…
    *seorang kekasih mungkin*

    kalo umur nebaknya sih 23 😀

  2. Pingback: Gift Away Kit Kat Green Tea Gratis | ivanprakasa.com

  3. Umurmu 24! Anyway… Happy Belated Birthday ya… Semoga makin sukses, makin pinter, makin semua-mua yang baik2 deh… dan semoga happy terus… Kapan balik lagi ke Jakarta… eh, ultahmu sama dengan bapakku… 😄

    *toss sesama Aquarius*

  4. happy bird-day Ivan *telat gpp yah* 🙂
    selamat berumur 26 tahun! *nyari temen*

    duh, jadi pengen liat gimana pas Ivan nangis. Video-in donk Van :p
    tapi lagunya Sheila on 7 itu emang bikin haru banget kok -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s