Es Krim Biwa dan Kipas Jepang (Last Chiba Ambassador Tour Part 3)

とみうら枇杷倶楽部(Tomiura Biwa Kurabu) menjadi tempat terakhir yang dikunjungi dalam tur terakhir Chiba Ambassador. Setelah puas melihat taman bunga dan kuil di puncak bukit, tempat terakhir ini menjadi tempat yang paling menarik buat saya pribadi. Tomiura Biwa bisa dibilang sebagai tempat resort untuk bersantai dan membeli oleh-oleh.  Dan yang paling menarik perhatian saya selama disini adalah kami para Chiba Ambassador diberikan kesempatan untuk membuat kipas kayu ala Jepang.

Begitu tiba di Tomiura Biwa kami langsung diminta untuk pergi ke sebuah tempat khusus dimana ditempat tersebut sudah tersedia banyak kertas dengan gambar ala Jepang. Awalnya saya bingung dan tidak mengerti sebenarnya mau ngapain sih disini?! Sampai kemudian saya melihat kerangka kayu dengan bentuk bundar lengkap dengan gunting dan kain.

とみうら枇杷倶楽部

Oh well… mungkin buat prakarya dan masih belom ngeh kalau itu adalah peralatan untuk membuat kipas. Yang jelas waktu itu cuma terlintas pikiran, bahwa gue harus bisa ngerjain prakarya ini. Maklum lah karna masih parno dan ga mau jadi yang paling bodoh diantara yang lain. Krisis percaya diri selalu muncul kalo lagi ada bersama-sama dengan Chiba Ambassador lain. Sampai kemudian diperagakan cara membuat kipas kayu dari Jepang ini barulah saya ngeh apa yang akan kami buat nanti.

Demo membuat kipas kayu jepang

Membuat kipas kayu dari Jepang ini bisa saya bilang susah-susah gampang. Buat saya pribadi bagian tersulit dari membuat kipas ini adalah bagian finishing. Dimana kita harus membuat rapih si kipas agar tentunya memiliki nilai jual nantinya. Penasaran gimana cara membuat kipas kayu ala Jepang? Silahkan simak video berikut ini.

Bagaimana? Terlihat simple yah? Yah seperti saya bilang, susah-susah gampang. Kalo kata orang jawa bilang, yang penting ‘telaten’ (^.^)

Sembari menunggu lemnya kering, setelah selesai membuat kipas kayu kami diberikan waktu bebas untuk bermain. Waktu tersebut saya manfaatkan untuk berkeliling di sekitar Tomiura Biwa dimana banyak sekali penjual oleh-oleh dan cafe untuk nongkrong.

Ada satu yang menjadi ciri khas dari Tomiura Biwa yaitu banyak sekali penjual es krim Biwa disana. Saya awalnya tak tahu sama sekali apa itu Biwa yang ternyata adalah buah-buahan. Mencoba search di internet penampakan buah Biwa adalah seperti ini.

Biwa

Photo taken from here

Dengan harga 300 Yen saja, kita bisa mencicipi segelas eskrim dengan saos Biwa. Untuk pertama kalinya mencicipi es krim dengan saus Biwa, rasanya sungguh unik. Mungkin warnanya yang oranye membuat kita berpikir bahwa buah Biwa memiliki rasa mirip jeruk. Tapi jangan salah, rasanya berbeda sama sekali dari jeruk. Ada rasa masam, manis dan juga kekhas-an tersendiri yang tidak bisa saya gambarkan dengan buah lainnya.

IMG_8445Sembari mencicipi es krim, saya pun melihat kesana kemari melihat oleh-oleh yang harganya murah meriah. Ada satu kesenangan lain yang saya dapat dari berkeliling, yaitu bisa mencicipi sample makanan yang tersedia. Hehehe… Maklum maunya yang gratisan ajah. Jadinya perut pun cukup kenyang mencicipi hampir setiap sample makanan yang ada, baik itu kue, kacang ataupun makanan lainnya. Hihihi… 😛

Tomiura Biwa Kurabu Gift Shop

Then perjalanan tur Chiba Ambassador yang terakhir pun berakhir ditempat ini. Kami mengambil hasil karya kipas kayu kami dan kemudian pulang.

Usai sudah perjalanan Chiba Ambassador mengupas wisata yang ada di wilayah Prefektur Chiba. Banyak cerita, suka dan duka selama menjadi Chiba Ambassador yang mana sebagian besar cerita wisatanya sudah saya share di blog. Tahun ini apa bisa menjadi Chiba Ambassador lagi dan mengupas wisata lainnya ya?! Yah semoga saja bisa menjadi Chiba Ambassador lagi tahun ini. Amin…. 😀

Advertisements

30 thoughts on “Es Krim Biwa dan Kipas Jepang (Last Chiba Ambassador Tour Part 3)

    • Mas Arman cepat sekali komennya… padahal aku lagi baca lagi takut kalo ada salah ketik 😛

      Wohoo pantes waktu itu waktu mau makan es pas tenggorokan mulai menunjukkan gejala batuk esok harinya langsung membaik 😀

  1. wah keren banget video pembuatan kipasnya… dirimu kelihatan bahagia tidak minder tuh. Kipasnya jg bagus. buah biwa belum pernah coba tuh.. ingat ingat kalau pulang bawa ya.. 🙂

    • hahaha ga musti sih… bisa juga kalo mau buat versi anime gitu..
      Itu es krim rasa buah biwa. entah bahasa Indonesia nya buah apa itu aku ga tau. Sepertinya cuma ada di Jepang. rasanya manis dan asem2 seger gitu lah susah digambarkan 😛

  2. Wihiii…enak ya kalo semua makanannya bisa diicip2 😀
    Pasti bakalan kenyang kalo satu per satu bisa diicipin, wkwkwkwk… *muka gratisan* 😆
    Btw, baru tau ada buah yang namanya Biwa 😀

  3. oh bisa ya Van kepilih 2x untuk jadi ambassador?
    semoga kepilih lagi deh, biar bisa jalan2 gratis terus, mumpung disana dipuas2in jalan2nya, nggak usah kuliah serius2 ah #kompor

    eh itu es krimnya kayak sundae-nya K*C bentuknya, halaah.. :))

  4. Hi Ivan, thanks for sharing ceritanya. Saya tinggal di Taipei (deket Jepang cuma 1.5 h flight). Saya mau visit disney with my 2 little daughters. Lagi bingung sebaiknya saya bermalam 2 nights di Shinjuku (Keio Plaza) or di Chiba (Kaisei Hotel Marimare). Keduanya punya free shuttle bus to disney.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s