Dibalik Cerita Gunung Fuji dan Putri Kaguya

Kalau gunung Fuji di Jepang pasti hampir semua pembaca blog-ku sudah familiar banget kan? Iya gak?! Tapi gimana dengan cerita Putri Kaguya? Pernah tau tentang cerita Putri Kaguya? Yang gue tau cerita Putri Kaguya di Jepang itu awalnya cuma cerita putri cantik dari bulan. Cuma itu ajah dan ga lebih. Tapi setelah gue baca ceritanya secara keseluruhan ternyata cerita Putri Kaguya itu ada kaitannya loh dengan gunung Fuji…

Jadi belakangan ini ceritanya gue lagi seneng banget membaca cerita rakyat Jepang. Sekalian latihan belajar membaca teks bahasa Jepang, ternyata ceritanya menarik banget. Meski untuk baca buku yang hanya setebal 30 halaman butuh waktu bisa lebih dari 2,5 jam karna butuh pemahaman akan isi ceritanya dan ada beberapa kanji yang kagak ngerti. huehehe…  Tapi meski makan waktu hasilnya justru sangat menyenangkan karena bisa mengetahui asal usul suatu cerita. Salah satunya ya misteri Putri Kaguya dan Gunung Fuji ini.

Jadi ceritanya begini…

“Dahulu kala ada seorang kakek dan nenek yang hidup di suatu tempat di Jepang. Pekerjaan sehari-hari si kakek adalah mengambil bambu dari hutan dan kemudian dijual untuk digunakan sebagai penyambung hidup.

Pada suatu hari… Si kakek pergi ke hutan dan melihat bambu yang berkilau cahaya. Si kakek menjadi penasaran dan kemudian memotong bambu tersebut. Begitu terkejutnya si kakek ketika melihat bahwa di dalam bambu terdapat seorang anak perempuan cantik dan mungil yang sedang duduk tertidur di dalamnya.

Si kakek kemudian membawa anak perempuan tersebut kerumah. Nenek dan kakek tersebut akhirnya menamai anak perempuan tersebut dengan nama Putri Kaguya yang dalam bahasa Jepang berarti anak perempuan yang bercahaya gemerlap.

Singkat cerita… Putri Kaguya akhirnya dirawat dan dibesarkan oleh kakek dan nenek tersebut. Selama membesarkan Putri Kaguya, banyak kejadian aneh dan ajaib yang dialami oleh kakek dan nenek tersebut. Diantaranya adalah ketika sang kakek mengambil bambu di hutan, di dalam bambu banyak terdapat emas. Hingga akhirnya emas tersebut digunakan oleh sang kakek untuk menghidupi kehidupan sehari-hari termasuk memperbesar rumah mereka.

Setelah lama waktu berlalu… Putri Kaguya semakin lama tumbuh semakin besar menjadi seorang putri yang sangat cantik. Saking cantiknya tak ada seorang pun yang tak mengenal Putri Kaguya. Banyak pria-pria muda dari berbagai penjuru datang mengunjungi rumah kakek dan nenek tersebut hanya untuk melihat Putri Kaguya. Bukan hanya ingin melihat tetapi juga ingin menikahi Putri Kaguya. Namun, tak ada seorangpun yang bisa menikah dengan Putri Kaguya karena tak seorang pun pria yang dapat memikat hati Putri Kaguya.

Sampai suatu hari… ada 5 bersaudara yang datang dan ingin melihat Putri Kaguya. Putri Kaguya menolak untuk berjumpa dengan mereka. Namun karena 5 bersaudara itu terus mendesak si kakek dan nenek akhirnya Putri Kaguya datang untuk menemui 5 bersaudara tersebut.

Ketika menemui 5 bersaudara tersebut Putri Kaguya meminta mereka untuk membawakan masing-masing barang yang diinginkan oleh Putri Kaguya. Kelima barang tersebut adalah ‘jaket kulit yang tidak mempan dibakar’, ‘Mangkok yang digunakan oleh Buddha’, ‘pohon yang berbuah mutiara’, ‘bola naga’ dan ‘kerang yang ada di sarang burung Tsubame-burung swallow’.

bola naga dan kerang sarang burung Tsubame

Ke-lima bersaudara itu bingung bagaimana mencari barang-barang yang mereka pun tidak pernah mendengarnya. Namun demi untuk bisa menikahi Putri Kaguya mereka semua pergi dan berusaha keras mencari barang tersebut.

Tahun demi tahun berlalu… sampai kemudian di tahun ketiga hanya ada salah satu dari kelima bersaudara tersebut yang datang kembali ke Putri Kaguya dengan membawa ‘pohon berbuah mutiara’. Pangeran tersebut bercerita telah mencari sampai ke ujung dunia dan karena usahanya tersebut kemudian pangeran itu menuntut Putri Kaguya untuk menikahinya. Putri Kaguya menjadi bingung dan tidak tahu harus berbuat apa, karena hal itu diluar dugaan Putri Kaguya.

Putri Kaguya hanya diam saja tidak menjawab permintaan pangeran tersebut. Sampai akhirnya datang 3 orang yang menuntut si pangeran tersebut karena belum membayar ‘pohon berbuah mutiara’ yang telah mereka buat tersebut. Si pangeran kemudian malu karena telah berbohong dan kemudian akhirnya meninggalkan Putri Kaguya.

‘jaket kulit yang tidak mempan dibakar’, ‘Mangkok yang digunakan oleh Buddha’, ‘pohon yang berbuah mutiara’

Cerita Putri Kaguya terus berlanjut dan kecantikannya semakin terdengar sampai ke telinga kaisar Jepang. Kaisar tersebut kemudian meminta pengawalnya untuk menjemput Putri Kaguya dan membawanya ke istana. Namun berulang kali hal tersebut dilakukan Putri Kaguya selalu saja menolak untuk datang ke istana.

Sampai akhirnya… kaisar sendiri yang datang mengunjungi Putri Kaguya dan kemudian bermaksud menikahi Putri Kaguya dan mengajaknya ke istana. Ketika kaisar hendak memaksa Putri Kaguya untuk pergi ke istana bersamanya, keajaiban terjadi. Tiba-tiba saja tubuh Putri Kaguya menghilang begitu saja. Namun sang kaisar tidak rela Putri Kaguya menghilang dan kemudian berjanji tidak akan memaksa Putri Kaguya lagi untuk datang ke istana. Akhirnya tubuh Putri Kaguya bisa terlihat kembali.

Kaisar kemudian pulang tanpa membawa Putri Kaguya. Namun kecantikan Putri Kaguya tak dapat hilang dari pikiran sang kaisar. Sang kaisar pun sering-sering menulis surat untuk Putri Kaguya dan Putri Kaguya sesekali membalas surat tersebut.

Tiga tahun kembali berlalu… Dimusim semi Putri Kaguya selalu menangis sambil melihat bulan sendirian. Kakek dan nenek yang merawat Putri Kaguya sejak kecil kemudian menjadi khawatir akan kebiasaan baru yang dilakukan oleh Putri Kaguya. Ketika ditanya ‘mengapa’, Putri Kaguya hanya menjawab ‘dirinya baik-baik saja’.

Musim semi kini berganti menjadi musim panas. Malam kelima belas di bulan Agustus bulan akan menjadi bulat sempurna. Pada hari itu pagi harinya Putri Kaguya menangis terus-menerus. Sampai kemudian Putri Kaguya berkata jujur kepada kakek dan nenek bahwa dirinya dalah Putri Bulan dan malam ini pengawalnya akan menjemputnya kembali ke bulan.

Mengetahui hal itu kakek dan nenek tersebut langsung kaget… Mereka tidak ingin kehilangan Putri Kaguya. Mereka pun akhirnya menghubungi kaisar kerajaan untuk meminta bantuan. Mendengar berita tersebut, kaisar kerajaan pun tidak tinggal diam dan mengerahkan 2000 pasukan untuk menjaga rumah Putri Kaguya.

Saat itu… Malam pun tiba dan seluruh penjaga siap menghadang dan melindungi Putri Kaguya agar tidak kembali ke bulan. Putri Kaguya dikurung di kamar bersama sang nenek sementara sang kaisar dan si kakek berada di depan pintu. Malam itupun bulan menjadi bulat sempurna dan tiba-tiba muncul awan bercahaya yang ternyata adalah pengawal Putri Kaguya dari bulan.

Dengan kekuatan para pengawal Putri Kaguya dari bulan itu, 2000 pengawal yang dikerahkan oleh kaisar tidak bisa berkutik dan kehilangan kesadaran. Dan dengan mudah para pengawal Putri Kaguya mendatangi ruangan tempat dimana Putri Kaguya berada bersama sang nenek. Kakek dan nenek serta kaisar yang sedang bersama Putri Kaguya pun ikut tak sadarkan diri.

Putri Kaguya ingin berpamitan kepada kakek dan nenek yang telah merawat mereka. Oleh karena itu Putri Kaguya meminta pada pengawalnya untuk mengembalikan kesadaran mereka berdua. Putri Kaguya mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan yang diterimanya. Selain itu, sebelum pergi Putri Kaguya meminta kepada si kakek untuk memberikan sebuah surat dan sebuah obat ajaib untuk kaisar. Kakek pun memberikan surat dan obat ajaib itu kepada kaisar yang sedang tidak sadarkan diri dengan menaruhnya di kantung pakaian kaisar. Akhirnya Putri Kaguya harus kembali ke bulan. Dan sebelum pergi, ingatan kakek dan nenek itupun dihapus oleh pengawal Putri Kaguya.

Hari demi hari berlalu. Hanya kaisar yang ingat akan Putri Kaguya karena menerima surat yang diberikan oleh Putri Kaguya. Kaisar terus menerus bersedih terlebih bila membaca surat dari Putri Kaguya. Obat ajaib yang diberikan oleh Putri Kaguya pun tak diminumnya. Obat ajaib tersebut adalah obat yang membuat hidup seseorang menjadi abadi dan tidak akan bisa mati. Namun karena Putri Kaguya tidak ada, maka kaisar berpikir bahwa obat tersebut tidaklah berguna lagi.

Fuji Mountain

Kaisar pun memanggil pengawal tersebut dan memerintahkan pengawal mereka untuk membakar obat tersebut di puncak gunung yang paling tinggi di Jepang. Tak lain dan tak bukan adalah Gunung Fuji yang ada di Jepang. Para pengawal pun membakar obat ajaib tersebut dipuncak gunung. Dan kabarnya, karena hal itulah yang membuat Gunung Fuji di Jepang selalu terlihat cantik dan indah”

Demikianlah cerita Putri Kaguya yang ternyata berkaitan dengan Gunung Fuji.

Ternyata begitu ya cerita Putri Kaguya. Ga nyangka kalau ternyata obat dari Putri Kaguya itu yang menjadikan Gunung Fuji di Jepang selalu kelihatan cantik dan indah. Yah antara percaya dan ga percaya sih, tapi kalo keindahan Gunung Fuji sih sudah ga diragukan lagi karna banyak yang bilang cantik.

So…. You believe it? 🙂

*Photos 1 & 2 taken from Japanese Graded Readers レベル別日本語多読ライブラリー レベル3.By Ask Publishing

Advertisements

42 thoughts on “Dibalik Cerita Gunung Fuji dan Putri Kaguya

  1. “…kerjaannya si kakek adalah memetik bambu di hutan.” Sakti ya kakeknya bisa memetik bambu. Kalau kakekknya hanya bisa memotong bambu… 😀

  2. kalo cerita Putri Kaguya aku cuma tahu sampai dia mau dijemput di ke bulan saat purnama. tapi aku justru baru denger yang soal 5 pemuda dan kaisar itu.. tks udah melengkapinya yah Van

  3. Wah…. Sugoi…

    kalo saya tau Tentang Putri Kaguya dari kartun Jepang kalo ga salah sih Chibi Maruko Chan, hehe.. jadi di situ di kisahkan inti dongeng Putri Kaguya dari Sebatang Pohon bambu dan kemudian dijemput ke bulan…

    dinantikan cerita selanjutnya Mas Ivan… 🙂

  4. Jadi ingat film jack yg baru2 ini aku tonton. tentang cerita sejarah yang karena waktu lama lama hanya jadi legenda. jadi percaya gak percaya seh 🙂

  5. Baru baca ini, penuturannya keren! Tulis lagi dong cerita tentang sejarah Jepang. Aku taunya putri Kaguya itu dari komik Topeng Kaca. 😆

    • makasih kak chika…
      Iya nih, aku berencana posting cerita rakyat jepang tiap bulannya. Tadinya mo 2 minggu skali, tapi sepertinya ga memungkinkan. huehehe… jadi… tunggu cerita berikutnya yg akan kluar bulan ini… 😀

  6. Pingback: Cerita Rakyat Jepang : Wanita Salju | ivanprakasa.com

  7. coba gunung bromo ada saljunya juga, pasti cantik :p
    *gak mungkin lah yaaa, wong di tempat tropis dan bentuknya ‘growak’ :p

    katanya gunung fuji itu seram karena banyak siluman, Kak. Tapi bukan siluman ular putiiiih

  8. beli buku cerita rakyat jepang dmana ya? Q pengen belajar bahasa jepang. tau cara mudah belajar bahasa jepang ga?

    • kamu di Indonesia apa di Jepang?
      Kalo di Jepang di toko buku dimana2 banyak kok…
      cara mudah belajar bahasa Jepang itu diulang2 trus… latihan nulis juga berkali2, ga boleh cuma sekali dua kali aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s