Tips Memperoleh Beasiswa di Luar Negri

Di twitter sering sekali adik-adik yang masih sekolah dan teman-teman lain me-mention saya untuk berbagi tips bagaimana kiat-kiat untuk bisa mendapatkan beasiswa di luar negri…

Jujur… terkadang saya suka bingung untuk menjawabnya… Bukan karena apa-apa, tapi karena tidak ada kiat-kiat khusus yang bisa saya bagikan karena semua ini saya katakan adalah sebuah anugrah dari Yang Di-Atas.

Kalau dulu jaman SMA, ketika saya benar-benar mencari beasiswa, banyak hal yang dilakukan… Mulai dari  datang ke kedutaan besar luar negri, mengikuti seminar-seminar pendidikan, aktif melakukan searching di internet, dan masih banyak hal lain yang saya lakukan. Tentunya itu adalah hal yang sangat basic dan bisa dibilang wajib dilakukan oleh semua siswa yang menginginkan studi di luar negri.

Namun ketika semua hasil usaha kerja keras itu membuahkan hasil yang mana beasiswa sudah hampir di depan mata, saya memutuskan untuk mengurungkan semua itu karena beasiswa yang diperoleh hanya mencakup biaya kuliah saja. Tentu saja keputusan saat itu merupakan sebuah keputusan yang berat. Ibarat kata sudah bersusah payah dan memperoleh hasil, namun harus rela melepasnya begitu saja. Namun saat itu saya perlu sadar diri bahwa untuk hidup di luar negri tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Saya bukan berasal dari keluarga orang kaya yang bisa dengan mudah begitu saja menyekolahkan anak-anaknya diluar negri. Saya ingat betul kata-kata mama saya saat itu

“Kalau kamu kuliah di luar negri papi mami mungkin bisa saja membiayainya. Tapi disini mungkin papi mami, koko dan adekmu akan cuma makan nasi putih aja…”

Mama saya sangat tau bahwa saya sangat bernafsu dan bersemangat sekali untuk bisa kuliah di luar negri. Namun mendengar kata-kata seperti itu tentu saja saya tidak mungkin mengorbankan keluarga saya sendiri meskipun demi masa depan saya nantinya.

Akhirnya saya harus menahan ego, meski begitu saya masih berusaha mencari beasiswa lain yang bukan hanya mencakup biaya kuliah namun juga mencakup biaya hidup. Sehingga nantinya kuliah diluar negri tidak akan membebani orang tua. Sampai akhirnya saya menyerah dan akhirnya melupakan mimpi-mimpi saya dan menjalani kuliah di Indonesia saja.

Disaat semua mimpi tersebut sirna begitu saja seiring dengan berjalannya waktu, ternyata Tuhan mewujudkan mimpi saya untuk kuliah diluar negri dengan cara yang lain. Sampai dengan saat ini… saya berdiri di sini… Kuliah di Jepang, beberapa kisah ceritanya bisa dibaca di Behind The Story Goes To Japan.

“Kuliah di luar negri bukanlah suatu hal yang mudah”

Kalimat diatas perlu dicamkan baik-baik oleh semua orang yang mengincar beasiswa di luar negri. Saya menyadari itu semua ketika saya kini sudah menjalani semuanya selama kurang lebih 1,5 tahun di Jepang. Kuliah dan hidup diluar negri itu ga gampang. Pressure dan kesulitan-nya berkali-kali lipat dibandingkan di Indonesia. Terkadang orang sering berharap bisa kuliah di luar negri dengan bayangan bahwa hidup diluar negri bakal lebih indah dan menyenangkan.

Kenyataannya???

Setelah menjalani nya… Tidak seindah yang dibayangkan. Kita butuh ekstra kesabaran, ekstra usaha, ekstra tenaga, dan sebagainya. Dan yang terutama… MENTAL HARUS KUAT. Saya mensyukuri bahwa dulu saya tidak ngoyo dan nekat untuk kuliah di luar negri. Ternyata Tuhan punya maksud dibalik itu semua.

MENTAL… Ya… Masalah MENTAL…

images

Mental saya dipersiapkan lebih kuat agar ketika menjalani kuliah diluar negri saya masih bisa control and manage myself. Jika mental saya tidak kuat mungkin sekarang ini saya sudah gila menghadapi semua kegiatan dan kesibukan yang sungguh luar biasa berat.

Mencoba menilik kenyataan yang ada di Indonesia. Pernah lihat tidak bahwa kebanyakan lulusan luar negri yang kembali ke Indonesia biasanya lebih sukses dan digaji lebih besar?

Pada dasarnya sebenarnya kualitas pendidikan di Indonesia dan di luar negri itu kurang lebih sama loh… Lalu kenapa bisa begitu? Kenapa lulusan luar negri biasanya digaji lebih besar?

Untuk menjawabnya, kembali ke hal yang saya utarakan di atas. Salah satu hal yang membedakan adalah MENTAL.

Yang berhasil menyelesaikan pendidikan diluar negri biasanya memiliki mental yang lebih kuat karena sudah mampu menempuh hidup yang prihatin di luar sana. Selain tentunya pengalaman-pengalaman dan hal baru yang diperoleh diluar sana.

Namun masalah mental itu sebenarnya kembali ke diri orang masing-masing kok. Meskipun kita di Indonesia, kita bisa kok memiliki mental yang kuat asalkan kita mau menempa diri kita menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah terbawa arus yang buruk begitu saja. Toh bisa kita lihat kenyataan lulusan luar negri tidak semuanya sukses bukan?! Bahkan banyak lulusan dari universitas yang ada di Indonesia bisa lebih sukses daripada yang berasal dari lulusan luar negri.

So… kuliah di Indonesia?!

WHY NOT?!

Semoga itu menjadi pemicu dan menguatkan teman-teman semua yang mungkin gagal memperoleh beasiswa diluar negri. Yang jelas jika kuliah diluar negri sebaiknya jangan menyusahkan orang tua. Jangan bernafsu untuk kuliah diluar negri jika kondisi ekonomi keluarga tidak memungkinkan. Sebisa mungkin HARUS cukup hidup dengan beasiswa yang diterima. Jangan nekat dan memaksa, karena akan banyak pengeluaran yang tidak diduga sebelumnya setelah kita kuliah di luar negri nanti. Jika memang jalannya, Tuhan pasti akan membukakan jalan tersebut tepat pada waktunya. 🙂

Jika tulisan postingan ini sejak tadi nampak tidak memberikan tips apapun, sebenarnya bukan maksud untuk membuat kalian down dan kemudian menjadi hopeless. Melainkan untuk menguatkan mental kalian untuk menghadapi kenyataan sebenarnya kuliah diluar negri nantinya. Jika bermimpi dan bercita-cita kuliah diluar negri, tentu saja jika kalian harus mengejar mimpi dan cita-cita kalian tersebut.

beasiswagambar diambil dari : http://kuliahgratis-beasiswa.blogspot.jp/2012/11/beasiswa-pmdk-2013.html

Sebenarnya, cara mudah memperoleh beasiswa diluar negri adalah dengan langsung mendatangi kedutaan besar milik pemerintah negara tujuan yang diinginkan untuk sekolah. Disana kita akan mendapat informasi yang lebih update dan lebih terpercaya daripada sekedar informasi di internet.

Sebisa mungkin kita harus sering datang ke kedutaan, meng-update informasi dan tentu saja rajin bertanya.

NAMUN…

Memperoleh beasiswa memang tidak mudah. Otak genius terkadang menjadi salah satu syarat yang pertama dan utama. Tentunya seleksi yang ketat akan membuat kita yang memiliki kemampuan pas-pas an tidak mampu bersaing. Bukan begitu??

Tapi… Bisakah orang yang memiliki kemampuan pas-pas an memperoleh beasiswa?

Jawabannya BISA.

Selain kita bisa tunjukkan kelebihan kita dibidang lain, tentu saja faktor luck dan jalan dari Yang Di-Atas yang menentukan.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki kedua faktor tersebut? Bagaimana cara memperolehnya jika kita ingin sekali kuliah diluar negri?

Jawabannya adalah SEMANGAT… Jangan pernah lelah untuk mencari beasiswa. Sekedar tips rahasia bahwa tidak semua beasiswa harus melalui seleksi dan berbagai macam syarat yang ribet dan memusingkan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program short-term yang diadakan oleh kampus diluar negri.

Dengan mengikuti program short-term, kita akan lebih tau kondisi dikampus luar negri dan bisa mencari celah bagaimana memperoleh beasiswa. Salah satunya dengan mendekatkan diri dengan dosen misalnya.

Eits… Ini jangan disalah artikan kita menjadi seorang penjilat loh ya…

Disini maksudnya adalah kita menunjukkan kepada dosen ditempat kita melakukan short term bahwa kita adalah murid yang memiliki attitude yang baik dan tentu saja prestasi akademik yang tidak mengecewakan. Tunjukkan bahwa kita memiliki kemauan dan semangat serta kerja keras yang melebihi orang lain. Dosen akan respect kepada kita dan tentu saja jika kita meminta bantuan kepada dosen, dosen akan dengan senang hati membantu. Bahkan mungkin dosen akan memberikan dan menawarkan beasiswa kepada kita secara cuma-cuma.

Intinya adalah buktikan bahwa kita bisa dan kita layak memperoleh beasiswa jika kita menginginkannya.

Itu adalah sedikit bocoran bagaimana saya bisa berada di Jepang sekarang ini. Dibandingkan dengan siswa lain, kemampuan saya mungkin hanya biasa saja dan masih banyak siswa lain yang prestasi akademiknya sangat jauh lebih baik dari saya. Tetapi usaha ekstra yang saya lakukan untuk menghafal speech dalam bahasa Jepang saat farewell party seusai mengikuti short term program memberikan impresi yang luar biasa dimata dosen. Alhasil sekarang saya bisa berada disini. Padahal ketika melakukan semua itu dulu, tak terbersit sedikitpun untuk bisa memperoleh beasiswa loh.

Kedepannya tentu saja kita harus siap mental dan tunjukkan bahwa apa yang sudah dilakukan dosen untuk membantu kita memperoleh beasiswa bukan suatu kesalahan. Buktikan prestasi kita… Buktikan kemampuan kita dan niscaya kita akan menjadi sukses nantinya… Amin…

So…. Good luck and Happy Hunting Scholarship…. (^.^)/

 

Advertisements

342 thoughts on “Tips Memperoleh Beasiswa di Luar Negri

  1. Sama seperti yang dikatakan pak guru saya, soal pendidikan di Indonesia dan luar negeri.
    Sebenarnya pendidikan di Indonesia dan luar negeri tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah “pengalaman global”-nya, yang tdk bs didapat ketika kita kuliah di Indonesia.

    Sepertinya pengalaman global yang dimaksud pak guru adalah sperti yg dijelaskan diatas

  2. yang penting ada niat ya…. kalo ada niat pasti akan ada jalan.. ya gak.. 🙂

    anyway, iya gak masalah kuliah di indo… ntar tinggal nyari kerjaan di luar negeri… 🙂

  3. Peluang beasiswa untuk S2 lebih banyak dari pada S1. Jadi sejak dulu saya udah niat selesaikan S1 di PTN yang bagus di Indonesia dengan IPK yang lumayan supaya bisa cari beasiswa S2 ke UK. Kenapa UK? Karena sejak kecil saya baca Lima Sekawan dan Mallory Towers dll sehingga mendapat kesan sekolah dan tinggal di Inggris itu seru. Hahahaha…

    Ternyata memang seru banget. Menyelesaikan kuliah dengan beasiswa Chevening dulu adalah tahun-tahun yang menyenangkan. Pressure kuliah? Ada. Kuncinya menyusun jadwal sebaik-baiknya antara kuliah, tugas kuliah dan traveling modal dengkul keliling Eropa. Hahhaha… *mahasiswagadungan *travelerbeneran

  4. Niat emang harus kuat banget Van untuk cari beasiswa ke LN. Karena ya gak gampang. Kalau niatnya setengah-setengah mah ya pasti langsung “capek ah, ribet nyarinya” *langsung buang kaca ke Timbuktu 😛

  5. kalo kuliah, saya gak pernah ngimpi di luar negeri, wong kuliah di dalem negeri aja sebenernya saya gak terlalu minat awalnya. Buat saya pendidikan itu gimana niat nya. Buat cari ilmu, buat cari status apa buat gaya-gayaan… Tapi saya memang selalu salut sama teman-teman yang bisa kuliah diluar dengan beasiswa.. Mereka itu cool banget dimata saya..

  6. mentalitas itu benar sekali…. apalagi proses mencari beasiswanya saja sudah sulit. Pertama tama memang harus orang yang rajin belajar dan senang belajar yang bisa sekolah keluar negeri. kalau tidak pasti ga bakalan lulus deh…

  7. nice post! thanks for sharing 🙂 sebenernya ada keinginan untuk cari beasiswa S2 sih, apalagi kalo di luar negri. Tapi sekarang keinginan itu agak surut karena jadi agak males kalo mikir harus berurusan dengan penelitian tesis dan sebagainya.. Sukses, kak Ivan! 🙂

  8. Aq salut sama kamu van’ aq ingin memperoleh beasiswa, tapi kata2mu tadi itu benar van, aq bukan dri orng yang kaya,
    Jadi smuanya aq urungkan lagi.
    Cukup mengejar beasiswa dlam negri aja.
    Yang penting fokus and belajar lebih giat lagi.

  9. waah hebat banget mass ..
    tulisannya bikin tambah semangat…
    tapi gimana yaa kalau IPK pas2an , ga punya pngalaman organisasi lagi
    tapi toefel saya 850. apa masih bisa kliah dluar negri ??

    • kerennn toefl nya tinggi banget… aku aja kalah… 🙂
      kuliah keluar kayaknya TOEFL lebih kepake deh… nilai IP turut mendukung sih utk dapet beasiswa… tapi TOEFL yg tinggi harusnya bisa back up itu semua…
      kalo punya kemauan dan smangat serta usaha pasti bisa kok 😀

  10. keren, saat ini sy juga lg hunting tentang scholarship :), terima kasih tips tips nya buat sy semakin semangat kak 🙂

    • waduh berapa ya?! aku ga tau…
      kalo liat di internet harganya bervariasi sih… ada yg 50 ribu… ada juga yg sampe 300 ribu lebih…
      Sebaiknya tes TOEFL yg resmi ya… kalo yg resmi biasanya agak mahal…

  11. halo kak ivan salam kenal, gue masih kuliah semester 3 jurusan akuntansi di salah satu pts di Jkt. kalo mau cari beasiswa S1 lanjutan ke UK atau German gimana kak? soalnya kayaknya lebih banyak untuk S2. infonya ya kak. makasih;)

    • Jujur kalo beasiswa s1 emang agak susah, apalagi kamu lanjutan, bukan dari awal. Kalo lanjutan biasanya kampus kamu sendiri yg bikin kerjasama. Kalo kamu cari itu susah.
      Kalaupun kamu nyari, baiknya kamu cari info ke universitasnya langsung. Karna beasiswa dari jalur universitas lebih gampang daripada beasiswa pemerintah.
      Cari universitas yang dituju kemudian cari contact person nya. Kirim email mengenai possible apa gak kalo berharap beasiswa s1 lanjutan.
      Kalo possible kamu bisa langsung tanya syarat2nya. kalo ga possible ya udah cari yg lain. 🙂
      smoga membantu

      • oh gitu waah makasih banget kak infonya. jadi aku harus nentuin dulu universitas tujuannya baru cari beasiswa ya kak? bukan cari beasiswanya dulu haha-_- tapi kak biasanya kalo beasiswa universitas itu full+living cost atau cuma untuk uang kuliahnya aja? makasih ya kak 😀

        • karna kamu s1 lanjutan stauku yg terbaik ya gitu. karna jarang ada yg kasih beasiswa s1 lanjutan kalo bukan dari univnya langsung.
          as I know kalo beasiswa s1 lanjutan cuma biaya kuliah aja. ga termasuk living cost

  12. Betul sekali yg di bilang adek ini, saya lulusan Indonesia bukan dari Universitas tenama di Indonesia bahkan dari swasta yg terbilang tidak byk orang tau. Ternyata dgn keinginan yang tinggi dan bekerja keras demi meraih mimpi, saya bisa meraih kursi Manager untuk perusahaan Construction Asing di negara bagian America. Luck n usaha kerja keras serta berdoa insyallah Tuhan mendengar n mengabulkan

  13. kak ivan. salah ngk sih klo aku suka mikir “di indo aja ngk dpt ptn apalgi beasiswa di luar negri” itu bkin aku suka down bgt kak dan jdi mengurungkan niat aku buat dpt beasiswa di negri??._.

    • salah… dulu aku berpikir bahwa kalo diluar ga bisa ya udah aku dapetin beasiswa dikampus aja..
      Ternyata dikampus aku juga ga bisa dapet… Tapi ternyata kemudian aku dapet beasiswa diluar. Jadi buang jauh2 pikiran itu. Diluar atau di dalam negri bisa kita dapat kalo kita mau berusaha. smangat ya…

  14. kalau di jepang univ yang paling bagus apa ya bg?
    lagi nyari-nyari info beasiswa ke LN juga nih, tapi belum punya rencana yang jelas mau-nya di negara apa, univ apa :3
    Kalo univ di jepang yang bagus di bidang IT-nya yg mana ya bg?

    thanks 🙂

  15. cuma ada 1 pertanyaan. gmn caranya biar dapet toefl tinggi???
    Belajar udah, Kursus juga udah… apalagi berdoa lebih2 malah..
    Help me.

    • waduh hehehe… gimana ya? Kursus kamu kursus untuk persiapan TOEFL atau cuma kursus Inggris biasa? Kalo cuma kursus Inggris biasa coba cari yg khusus persiapan TOEFL deh…
      Kalo mau latihan sendiri dirumah, cari contoh soal2 TOEFL di internet, kerjain latihan latihan soal TOEFL. dan coba juga simulasikan dgn waktu. Smakin banyak latihan harusnya bisa smakin bagus nantinya…

  16. kak ivan, mau tanya lagi dong ka. kata kaka kan untuk mahasiswa s1 itu jarang ada yg beasiswa lanjutan kecuali kampusnya ada relation sama kampus tujuan. trus selama nyelesain s1 di Indo apa aja yg harus dipersiapin untuk ngelanjutin keluar ka? jadi selama 3tahun itu kita harus persiapin apa aja ka? makasih ka ivan 🙂

    • ya setau ku ya jarang sih… tapi ya pastinya ada, cuma ga banyak… selama s1 kalo kemudian mau s2 diluar tentunya ya preparation mulai dari TOEFL, nilai kamu juga sebaiknya bagus ya untuk mempermudah juga, transkrip nilai minta versi Inggris ke kampus mu… Yg paling utama mungkin itu ya…

  17. kak biasanya nlai ijazah sma ato raport bwt syarat jga ngga?dlu kak ivan apa aja syaratnya bsa dpt beasiswa di jepang?thx

    • Hai Dhila…
      kalau kamu mengajukan beasiswa untuk program s1 tentunya nilai raport SMA dibutuhkan ya… Kalau kamu mengajukan beasiswa untuk program s2/s3 nilai SMA tidak diperlukan. Yang diperlukan adalah transkrip nilai selama kamu kuliah…
      Kalau saya dulu butuh rekomendasi kampus, transkrip nilai dlm bahasa Inggris dan TOEFL.
      Untuk lebih detail mengenai beasiswa pemerintah Jepang kamu bisa cek di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html
      Semoga bermanfaat ya… 😀

  18. widih sangat menginspirasi sekali, tp kak ivan aku pernah tuh datang ke kedubes korea tp mereka ga ngasih tau beasiswanya apaan aja
    trus kalo mau ngambil beasiswa diluar itu jurusannya ngaruh dari TA s1 gak? sama tes buat s2 diluar apaan aja
    makasih, maaf banyak nanya hehe

    • oya? kalo kamu datang ke kedutaan besar kamu perginya ke bagian budaya atau perpustakaan nya ya… Jangan ke bagian urus visa dsbnya… Kalau ke bagian lain wajar saja kamu tidak memperoleh informasi apa2…
      jurusan sih bisa berpengaruh bisa juga tidak ya… tergantung kemauan kamu apa. Misalnya jurusan kamu s1nya komputer dan kemudian kamu mau ambil s2 management maka tidak akan begitu berpengaruh TA kamu selama s1.
      Tes buat s2 diluar? maksudnya tes apa nih? ada tes TOEFL, ada tes wawancara dsbnya. macam2… yg dimaksud tes apa?

  19. kaaaaak kamu keren bgt !!! aku pgn bisa dapet beasiswa. Gimana ya kak caranya dapet beasiswa untuk pelajar SMA kelas 3 apa aja yang harus disiapin. rata-rata standar nilai(raport/ijazah) untuk beasiswa luar negeri berapa ya ?. apa siswa SMA juga butuh TOEFL ?

    • halo Aulia… salam kenal..
      biasa aja ah… ^^ makasih ya…
      pelajar SMA dulu sih aku pernah coba apply… rata2 nilainya biasanya 7,5 kalo ga salah ingat. mungkin skrg rata2 nilaimu harus 8 mungkin kalo mau apply beasiswa.
      Siswa SMA tentu aja dong butuh TOEFL. Semuanya sama. Kalo kuliah diluar negri butuh TOEFL atau sertifikasi yg setara dengan itu. misal IELTS atau mungkin JLPT untuk bahasa jepang.

      • O yayaya ngerti kak. Satu lagi, apa kakak selalu dpt rangking di sekolah sd-smp-sma ? dan apa kita harus aktif ikut dlm berbagai organisasi/ekstrakulikuler di sekolah ? 😀 thanks kk. ditunggu ya jawabannya

        • aku waktu SD palingan cuma 10 besar…
          SMP kelas 1 pernah juara, tapi kelas 2 dan 3 juga paling cuma 10 besar.
          SMA waktu itu 3 besar.
          Hmm… kayaknya dulu kegiatan organisasi gak jadi syarat deh. kayaknya kegiatan organisasi gak berpengaruh. Tapi ya nilai positif sendiri sih buat kamu kalo ada suatu prestasi dr kegiatan organisasi itu… 😀

    • O yayaya ngerti kak. Satu lagi, apa kakak selalu dpt rangking di sekolah sd-smp-sma ? dan apa kita harus aktif ikut dlm berbagai organisasi/ekstrakulikuler di sekolah ? 😀 thanks kk. ditunggu ya jawabannya

      • aku waktu SD palingan cuma 10 besar…
        SMP kelas 1 pernah juara, tapi kelas 2 dan 3 juga paling cuma 10 besar.
        SMA waktu itu 3 besar.
        Hmm… kayaknya dulu kegiatan organisasi gak jadi syarat deh. kayaknya kegiatan organisasi gak berpengaruh. Tapi ya nilai positif sendiri sih buat kamu kalo ada suatu prestasi dr kegiatan organisasi itu… 😀

  20. kk ivan hebatt,aku pengen banget kuliah di jepang <dapat beasiswa. persiapannya apa aaja ka,tips nyaa gto, mudah mudahan aku bisa mengikuti jejakmu ka amin

    • terima kasih… biasa aja kok sebenernya… asal ada kemauan dan usaha.
      kalo info beasiswa kamu bisa dapet infonya di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html
      kalo tipsnya di postingan ini kan bisa dibaca tips2 nya hehehe…
      kalo mengenai persiapan sebenernya gak ada persiapan apa2. karna dulu udah hopeless cari beasiswa, eh kebetulan disaat hopeless dapet tawaran. hehehe
      jadi ya persiapannya ga ada. paling cuma persiapan intensif kursus bahasa aja sebelum berangkat… 😀

  21. mas ivan.. soal biaya hidup,, tara sih dari keluarga yang pas2an,, tp bukannya beberapah beasiswa ada yang menawarkan + biaya hidup yah ? itu biasanya mencangkup apa ajah ? tempat tinggal ajah atau yang lain juga ? malah ada yang nawarin tiket pp setiap tahunnya

    nah apa kira2 itu masih kurang mas ?

    • iya memang ada yg menawarkan biaya hidup kok… 🙂
      kalo aku sih yg aku trima sejumlah uang dan uang itu dipake buat bayar tempat tinggal dsbnya…
      slama ini aku sih cukup dengan uang saku itu 🙂

  22. Kak ivan,pengen nanya dong,emangnya kalo kita dateng ke kedubes misalnya kedubes amerika dan nanya2 soal beasiswa dan gimana cara kuliah disana,bakal dilayanin ya?thanks 🙂

    • wow… kamu kelas 2 SMA tapi masih 13 taun?
      Pasti kamu anak yg jenius…

      hmm… kalau seperti itu aku gak tau gimana prosedurnya…
      cuma harusnya kalo punya kemampuan hebat seperti kamu mudah diterima beasiswa. cuma kalo keluar negri kayaknya harus ada passport. nah untuk passport aku gak tau apakah kamu bisa diusahakan punya passport sendiri atau masih harus ikut passport orang tua. itu yang aku kurang paham dgn regulasi pemerintahan.
      coba kamu konsultasikan dgn guru di sekolah. harusnya guru di sekolah bisa membantu mencari informasi.
      atau kalau gak kamu pergi ke kedutaan tempat negara yang kamu inginkan dan cari info disana…

  23. Wah.. Kak Ivan jempolan….
    Kakak ngambil beasiswa jurusan apa?
    Kalau kelas tiga SMA jurusan Bahasa bisa ngambil beasiswa Monbukagakusho atau nggak??? Kalo bisa jurusan apa??
    Kok kalau dilihat-lihat yang ada hanya buka kesempatan buat kelas IPS dan IPA ?? T-T
    Soalnya pengen banget dapet beasiswa ke Jepang…>_<
    Apa ada lagi beasiswa ke Jepang selain di Link yang kakak cantumkan?

  24. wah hebat kk ivan 🙂
    saya pengen pergi keluar negri jg.
    btw… kalo universitas yg memberikan beasiswa di AS, Inggris, dan Australia ada gk?
    jika ada tolong ksh link ya kk 🙂
    saya lagi mencari-cari universitas yang bs memberikan biaya full+living.
    Makasih kak ivan
    Mohon Bantuan nya ^^

  25. kak saya rozy dari medan,.saya dari kecil pengen bgt yang namanya skolah di luar negeri..dan pingin coba beasiswa luar negeri stelah tmat 2014 nnti…cuma masalahnya zy skolah di skolah SMK jurusan TIK.bukan SMA kk…gmna kk? apa ada ? makasih ya kak..sukses akan kuliahnya dsana 🙂 amin

    • anak SMK bisa kok dapet beasiswa… dulu pas ada pelepasan para penerima beasiswa di kedutaan banyak anak2 dari SMK juga kok… 😀
      ada kok beasiswa utk SMK. smangat ya… 😀 smoga bs dapet beasiswa 😀

  26. bang saya lagi kuliah ni sekarang, tinggal setahun lagi S1 jd serjana komputer,,,saa mnta info nya buat kerja disitu or beasiswa S2 nya,,cz cita2 saya ingin kuliah di luar negri,,,tpi memeng yg plus biaya hdupnya…terimakasih sebelumnya,,sukses

  27. terima kasih ya kak, sudah sharing dan kasih motivasi untuk kuliah di luar negri. aku masih kelas 2 SMP, tapi bener-benar pengen bisa kuliah di luar negri, pengen punya pengalaman baru dan bisa jadi orang sukses nantinya. awalnya juga pengen dapat beasiswa di Jepang kaya kakak, cuma setelah browsing di internet, jadi tertarik supaya dapat beasiswa di German / Belanda. soal akademik, saya nggak begitu genius, tapi saya yakin kalo saya tekun belajar dan berdo’a pasti bisa. oya, karena belum terlalu paham soal dunia universitas, jadi musti banyak belajar 🙂 insyaallah, saya bisa jalani, dan nggak akan bebani orang tua dengan kuliah di luar negri, terima kasih =)

    • sama2 Salsa… wah kamu masih SMP tapi sudah memikirkan masa depan… Itu suatu nilai plus loh buat kamu yg sudah memikirkan masa depan sejak dini…
      semoga sukses memperoleh beasiswa nya ya… 😀

  28. thank you… informatinya bermanfaat banget kak;’)
    saya lagi nge-stalk kumpulan beasiswa buat lanjut ke sma, bikin mata kedip-kedip mulu liat internet x_x banyak tapi gak spesifik ;_; hadehh-_- wkwk:}

    nyari sesuatu harus ada usaha 😀 semoga kakak ivan makin sukses ya… (y) ;;) \:D/

  29. wih si kaka orang IT juga. sama ka, saya baru masuk kuliah jurusan ilmu komputer.
    kalo mau lanjut di jepang kaya kaka gitu bahasa yg harus dikuasai inggris aja atau plus jepang ?

    • iya… salam kenal ya… orang IT juga sama dong kita… 😀
      kalo utk s1 jepang lebih utama daripada inggris.
      kalo utk s2 sebaiknya bisa jepang dan bisa inggris.
      kalo utk s3 kebanyakan pada pake Inggris… 😀

      • haha kurang tertarik sama bahasa jepang. tp kalo sma pendidikannya tertarik.
        oke saya fokus sma s1 aja dlu. oiya. kiat2 biar sukses di IT apa ya ka ? soalnya mumet, angka mulu ketemunya wkwk

  30. Hai mas ivan salam kenal. Wahh aku menarik sekali tips nya dan seru sekali bisa kuliah di luar negeri. Kebetulan kmrn aku lg cerita” sama teman kampus, kalau ada ade nya itu lulusan SMK yg udah 3 tahun lalu lulus dan lgsg milih kerja. Skrg dy ada kepikiran untuk kuliah dan mencoba program beasiswa ke luar negeri, dy masih mencari dan bertanya” apakah bisa? Cuma dy nyari kebanyakan beasiswa S2, disitu dy sedikit down. Kalo dy gag bisa mengikuti program beasiswa ke luar negeri. Mohon informasi nya iya mas ivan. Thanks 🙂

    • temanmu itu ingin kuliah dimana?
      kalau di Jepang itu bisa… Pernah ada temen kerja di pabrik sampe 3 taun kemudian dapetin beasiswa.
      Salah satu tipsnya adalah lulus ujian bahasa Jepang JLPT level N1 atau N2. Kalau sudah lulus itu biasanya akan lebih memungkinkan utk dapet beasiswa.

      Itu sejauh yang saya tau. Di Jepang bisa. tapi kalo di negara lain saya kurang paham… Mungkin ada yang bisa dan ada juga yang tidak bisa

  31. Hi, kak Ivan 🙂
    salam kenal aku ana dari depok.
    Kak, kalo untuk lulusan smk yang 4 tahun apa bisa ya?
    Btw, nice postingannya:) jadi semangat nih buat hunting scholarship. Kalo untuk jerman/polandia, kakak punya referensi yg bagus gak? Thanks before:)

    • d3 ke s1 ada… waktu pelepasan di kedutaan dulu banyak yg dr d3 kemudian menuju jenjang s1.
      kalo beasiswa jepang tergantung cara kamu mendaftarnya… soalnya ada program UTU yang mana kita cari sendiri dosen dan universitasnya… ada juga yang lewat jalur seleksi dsbnya.. kalo yg itu kayaknya nanti universitasnya ditentuin… tapi biasanya kalo kita udah kepilih kita suruh milih juga sih mau dimana. biasanya dikasih option… 😀 as I know seperti itu… 😀
      maaf telat reply…

  32. Trimakasih buat tipsnya. Buat penambah semangat kuliah di luar negeri. Sampai2 saya save page ini biar langsung bisa dibaca kalau semangat lagi drop.. Ganbate… \(´▽`)/

  33. maaf ya kk mau nanya
    saya ini baru lulus sma terus sekarang gak kuliah alasannya gak ad biaya tapi ingin sekali sekolah atau magang di jepang g mana ya kk , oh ya saya orang nya nggak terlalu pintar. Mhn solusinya. Arigatou

    • gak terlalu pintar bukan patokan… yg penting ada kemauan dan usaha…
      pertama2 kamu sebaiknya ikut ujian JLPT level N1 atau N2. Setelah lulus, jalan untuk memperoleh beasiswa akan terbuka lebar nantinya…

  34. Halo kak. aku tria mahasiswa S1 semester 5 di salah satu fakultas kesehatan di UNDIP.
    Aku pengen banget dapat beasiswa S2 ke luar negri, pengennya siih jerman, jepang, atau korea.
    Kan tadi dibilang ada tes wawancara dsb tuh, aku ngerasa paling lemah di tes ini (bukan berarti syarat2 yang lain udah yakin sih).
    Yang ditanyain waktu wawancara biasanya apa aja ya?
    Oya, artikelnya menginspirasi banget, makasih udah sharing. jadi makin semangat mau ngelanjutin ke luar negri ^~^

    • Halo Tria… salam kenal… wah jurusan kesehatan ya…
      banyak tuh teman2 dr jurusan kesehatan atau kedokteran di Osaka… 😀

      Hmm… maaf nih kalo ga menjawab pertanyaanmu… Tapi waktu itu saya gak pake tes wawancara karena pake jalur UTU Monbukagakusho…
      Tapi sejauh pengalaman yang ada biasanya yang ditanyakan pertama tentu saja masalah pribadi kamu…
      1. Bagaimana kamu menjelaskan karakter kamu… Sisi positif dan sisi negatif yg ada di kamu
      2. Apa sih yang membuat penyedia beasiswa layak memberikan beasiswa ini ke kamu? Kelebihan kamu dibanding kandidat lain apa?
      3. Setelah mendapat beasiswa apa rencana kamu kedepannya…?
      Mungkin 3 pertanyaan basic itu yang mungkin akan keluar saat tes wawancara…

      Smoga sukses ya…

  35. Hi kak, pertama thanks buat postingannya. Inspirational. 🙂
    Aku jg lg bingung nyari beasiswa LN, dan agak bingung juga pas ngebrowse internet. Ada saran gak buat nyari2 di internet? Aku jg bingung sm univ mana yg ada jurusan bioteknologi ato food science. Nilaiku pas2an sih, tp emg berminat di biologi. Bhs inggrisku juga gak terlalu bagus, tp at least aku udh nyoba buat apply sih. Buat lulusan sma, apa aja ya yg diperlukan? Thanks kak 🙂

    • Terima kasih…
      kalau mau gampang coba kamu follow twitter https://twitter.com/BeasiswaIndo
      biasanya mereka selalu share beasiswa…
      Buat lulusan SMA biasanya harus ada rekomendasi dr sekolah, nilai dibidangnya jurusan yg kamu tuju sebisa mungkin bagus ya… dan tentunya TOEFL. Bahasa Inggris kamu harus di test TOEFL dulu. kadang kita gak pede eh tapi TOEFL kita bisa bagus… aku juga dulu ngerasanya gitu… gak pede eh tapi nilai TOEFL nya bisa diatas 500 hehehe ^^

  36. hai kak ivan.. 🙂
    aku terinspirasi banget sama pengalaman kaka.
    aku juga pengin punya pengalamaan punya beasiswa ke jepang
    aku udah lulus taun kemmaren 2012
    masih bisa gak buat ikut yang taon depan????

    aku udah pernah ke jepang tapi cuma 2 minggu ikut program JENESYS.

    masih bisagak ikut beasiswa ke jepang???

    makasih kaka..

    • Hai Suci…
      Terima kasih… Senang bisa menginspirasi kamu…
      Kalau sudah lulus kita masih bisa daftar beasiswa kok… Masih ada kemungkinan… Biasanya kita daftar taun 2012 bakal berangkatnya nanti 2013. jadi taun ini daftar ya… smoga bs dpt utk yg 2015 nanti..
      wah itu nilai plus pernah ke Jepang… dari program itu ada kenalan gak? kenalan dosen atau guru di Jepang? Kalau ada kenalan, coba kontak mereka deh… siapa tau mereka bs bantu kamu…
      Good luck ya… semoga sukses dpt beasiswa 😀

  37. Assalmualaikum kak ivan,
    saya boleh tanya nggak, kira-kira saya harus pergi ke kedubes negara tujuan yah untuk mendpatkan informasi resmi?
    apakah di internet tidak cukup?
    itu dulu yang sya pingin tanyakan, makasih 🙂

    regards

    Andri

    • Wallaikum salam Andri…
      Informasi di internet sebetulnya cukup. Tapi jika kamu pergi ke kedubes negara tujuan dan mendapatkan informasi disana, biasanya kamu bakal dapat informasi lebih lengkap. Kamu juga bisa tanya2 detail dan tentunya bs tau lebih banyak dibanding cuma info dari internet. misalnya gambaran kehidupan di negara tujuan… dan lain sebagainya,..
      itu sih yang biasanyaa ga disajikan oleh informasi di internet.
      semoga bs menjawab pertanyaanmu ya… 😀

  38. wah, kakak hebat ya. ak jg sebenarnya dr dulu pengen kuliah ke LN tp blm tau negara mn yg cocok dgn sy. saat ini sy smster 5, hukum di slh satu unv. ngri dan suatu hr dosen sy bilang, belanda adlh ngra yg plg cocok buat anak hukum, tp selandia baru bagus buat mensejahterakan pelajar krn mereka bhkan meminta pihak kluarga untk ikut dan dibiayai pmrnth, trjaminlah istilahnya dan disaat sy akhirnya nemuin selandia baru buat jd target, sy tkut kak, baik soal letaknya yg jauh, budaya yg beda jauh, musimnya jg dan sy jd down dan mutusin buat nyerah. mnurut kakak, sy hrs gmn kak??smntara dosen sy slalu menyemangati sy.mf klu pnjg ya.

    • Hai Fika…
      Wah kamu jangan patah semangat… Ayo dilanjutkan terus… sudah separo jalan istilahnya..
      Smangat ya…
      Letak itu bukan jadi masalah… kalo keluar negri sudah pasti letaknyaa bakal jauh dari negeri sendiri…
      Budaya… memang budaya akan berbeda… tapi tentunya semua tidak bisa instan… kita pasti butuh proses beradaptasi… nantinya kita juga akan jadi paham dan mengerti setelah kita tinggal di negeri orang…
      Musim… kalo musim jangan takut dgn musim dingin atau panas… pasti ada solusi kok utk setiap musim. kakak disini juga sebel dgn musim dingin yg dingin banget… tapi ya kita pasti bisa survive. naluri kita pasti akan berjalan dgn sendirinya kok utk hal seperti itu… 😀
      jadi Fika harus semangat ya… jangan patah semangat…

      Ayo terus berjuang jika emang niat utk kuliah diluar negri…

  39. oh gitu yaa ka, nah contohnya saja, dikampus saya kalkulusnya hanya 2. tapi di kampus lain sampai 4. ada apa sebenarnya dg kalkulus hehe

    • hahaha… dulu dikampusku juga cuma sampai kalkulus 2…
      hmm mungkin tingkat kesulitannya yg berbeda… tapi ujung2nya gak dipake kok slama buat program. kita cuma belajar cara logic dari kalkulus aja…
      gak ada apa2 sih dengan kalkulus… kalkulus baik2 aja kok. hihihi 😛

  40. Oyasuminasai kak!! ^-^, ini rara di kalimantan skrg sy msi duduk di bangku kls 2sma , saya tertarik dan ingin sekali bisa kul di ln , saya jurusan ips kak dan saya pengen kul di london , inggris, kira2 immposible ga ada kak ada univ sana yg bka beasiswa, trus kyknya di kaltim minim bgt dan susah bgt kk dpt info atau ngurus beasiswa LN , tp krg tau jg apa krna akunya yg krg mencri tau. Mohon bantuannya kakak ._.

    • Hi Rara,

      Ingin kuliah di London jurusan apa? Tentukan jurusanmu dulu ya… Tentunya gak impossible dong ya kalau kamu mau berusaha dan berjuang keras untuk mendapatkannya..
      Kalau di Kalimantan memang agak sulit ya, tapi dari internet kamu bisa cari2 kok… Kalo memang sudah mantap langsung saja apply, nanti kalau ada panggilan interview atau yang lain di Jakarta misalnya barulah kamu pergi ke Jakarta… 😀
      Bisa seperti itu…
      Semoga sukses ya…

        • Padang itu Sumatra dan Sumatra deket ama Surabaya… Kalo di Surabaya ada Konjen (konsulat Jendral) Jepang… jadi klo kamu ada waktu bs main kesana utk nanya info2 seputar beasiswa jepang. Tapi kalo ga memungkinkan coba cari informasinya di internet ya…
          Eh tapi tujuan mu di negeri jepang atau bukan ya?!

  41. waah kamu beruntung banget ya 🙂
    saya juga pengen kuliah ke LN, tapi saya mau ke UK. semoga saya bisa seberuntung anda
    oia, short-term itu apa dan gmn cara ikut program itu ?

  42. Saya sedang mencari informasi untuk mendapatkan pendidikan spesialis di luar negeri. dan saya knows nothing bout it. saya gak paham harus kemana dolo. Untuk program spesialisasi bedah saya menginginkan untuk ke India. adakah rekan atau Bos Ivan yang tau tentang india? dan approx living cost untuk 1 keluarga kecil sekitaran berapa. thanks ya

  43. Aku msh kls 2 smk. :/ dr kls 1 smk aku punya kenginan keras buat kuliah. aku ingin skali mnjadi guru.
    aku trus berdoa dan berjuang untuk mndapatkan Ilmu dan nilai terbaik di sklh ku. Organisasi pun tak sdikit aku ikuti.
    Sejak SMP aku mempunyai Prestasi non akademik di bidang eKskul yaitu Paskibra.
    Sejak smP aku dan pleton ku slalu merebut juara 1 umum dlm lomba baris berbaris. Tapi semenjak aku masuk di smk ini, ekskul paskib kurang aktif.
    tapi apakah prestasi SMp
    aku itu bs di gunakan untuk bahan mendapatkan beasiswa? 😦

    • Hai Alex…
      prestasi kamu di dunia paskibra harusnya bisa kamu gunakan… Jika kamu aktif dan kemudian bisa menjadi paskibra nasional Indonesia, pasti nanti kamu bisa berpeluang mendapatkan beasiswa. Karena ada universitas yang memberikan beasiswa bukan hanya dari akademik saja, tapi beasiswa atas prestasi olahraga misalnya. dan prestasi paskibra juga bisa dijadikan salah satunya…

      Semangat dan kembangkan prestasi paskibra mu ya… cita2mu menjadi guru sangat mulia, smoga bisa terwujud ya keinginan dan cita2mu kuliah…

  44. wahh keren.. ntar insyaallah juga mau nyoba ke jepang setelah lulus d3 di sini, trs ambil pengalaman krja 2thn di rumahsakit buat syarat. moga aja masuk juga.. yg mau ditanyain itu gimana cara dapet ijazah bhs inggris nya? kampus juga blm dapat lisensi buat ijazah bhs.inggris

  45. hai ivan, salam kenal. Saya jadi bersemangat untuk cari2 beasiswa lg. Saya sudah sarjana dan pengen sekali kuliah S2 di Jepang. Apa hrs dengan short term lg kah? Atau bagaimana? Mohon infonya. Trima kasih 🙂

    • halo Grace…
      dulu pernah ikutan short term di Jepang? Kalau pernah masih ada kontak2 gak dengan dosen atau gurunya?
      Kalau masih ada mungkin bisa kontak2 guru atau dosennya itu…

  46. Hello mas salam kenal , nama saya tiara lastari
    dan saya bisa sampai ke blog mas ini karna kegilaan saya akan ingin bisa kuliah keluar negeri sana…
    tapi usaha untuk kesana sih memang belum-belum ada banget… -_- sekarang usaha saya hanya satu yaitu memperdalam bahasa inggris saya menurut saya sihh kalo sekedar untuk jawab pertanyaan kurasa saya bisa bahasa inggris dengan baik 😛 -_- tapi ini dia masalahnya… saya selalu bertanya apakah saya ini bisa mendapatkan beasiswa jika saya saja masih mempertanyakan kemmapuan saya berbahasa seperti ini… sumpah mas saya antara percaya dan meragukan kemampuan bahasa inggris saya <<< menurut saya ini adalah kunci dari segala kunci dari kegilaan saya ingin keluar negeri (hingga sampai sampai saya gak mau pernah nyebut ini adalah sebuah mimpi saya tapi saya selalu menyebutnya keinginan , karna saya selalu berasumsi bahwa kalo saya menyebut itu mimpi mangka saya gak akan menggegamnya secara nyata maka dari itu saya menyebutnya keinginan)

    mas… bagaimana pendapat mas tentang saya yang meragukan kemampuan saya ini… sebetulnya kalo di lihat sepertinya bahasa inggis saya baik (sepertinya) -_- nahhh saya menyebutnya sepertinya karna saya meragukannya … mas apa saya harus hafal selurus kosa kata di kamus biar saya bisa keluar negeri 😥

    percaya atau tidak saya sangat butuh saran mas sebagai orang yang sudah dapet keinginanya(atau mimpinya)

    • Halo Tiara…
      kalo kamu punya keinginan ya brati kamu punya mimpi utk mewujudkannya bukan…?! 😀

      jadi jangan takut utk bermimpi ya… Karena sebetulnya jika kita belum bisa mendapatkan apa yg kita impikan, itu hanya masalah waktu saja krn Tuhan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kita tepat pada waktunya.
      bahkan terkadang disaat kita hopeless akan mimpi kita justru Tuhan memberikan jalan untuk mimpi kita…
      Jadi terus bermimpi ya… 😀

      Mengenai masalah bahasa Inggris kamu, saya sendiri dulu PD loh dengan kemampuan bahasa Inggris saya. Tapi prakteknya ternyata kemampuan itu gak ada apa2nya ketika berjumpa dgn bule langsung.
      terkadang teori saja tidak cukup…. Jadi memang segala sesuatunya terkadang harus terjun langsung…

      Jangan ragu akan kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu hanya perlu mengasahnya langsung. Masalah bahasa memang terkadang jadi kendala ketika kuliah diluar negri… tapi seiring berjalannya waktu dan kamu banyak belajar dan berinteraksi semuanya bisa lancar kok nantinya… jadi keraguan akan kemampuan bahasamu jgn menyurutkan mimpi kamu utk kuliah diluar negri ya…
      😀

  47. blm pnh sih. jd skrg saya pgn lanjut s2 tp beasiswa kl bisa, dan kl bisa (lagi) ke japan. skrg sih prepare nya cuma latihan toefl dan belajar bhs jepang otodidak. kl ambil s2 jurusannya hrs sama dg jurusan s1 kah? kl ia, ivan ada tau kampus dsna yg ada jurusan ilmu kelautan / marine science dan yg bs beasiswa?mohon infonya ya ivan. trims. gbu

  48. assalamualaikum
    mas saya dicky dari pts yang ada dijakarta, salam knal mas ivan.
    selamat mas atas keberhasilannya bisa kuliah di LN 🙂
    saya mau tanya mas, saya ingin sekali kuliah di UK, apa aja sih yang harus dilakukan agar bisa memenuhi syarat dan kuliah di UK..? terima kasih mas ivan

  49. hallo ka ivan, saya sudah baca artikel ini serta pertanyaan yang sudah dijawab..
    yang saya mau tanyakan, dulu kk les bahasa inggris dan bahasa japan dimana?
    dan apa tujuan universitas luar negeri memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing? dan kenapa beasiswa yang banyak s2, emang knapa kalo s1 sedikit?

    • halo bahrul…
      1. untuk les bahasa Inggris waktu itu sebelum brangkat les privat conversation guru panggil kerumah. kalo bahasa Jepang dulu les deket rumah juga, tempat les kecil namanya ELIA.
      2. jumlah penduduk di setiap negeri berbeda2, ada negara yang jumlah penduduknya sedikit. Oleh karena itu untuk meningkatkan jumlah penduduk dan atau menambah sumber daya manusia universitas luar negri memberikan beasiswa dengan maksud dan tujuan supaya SDM berkualitas baik bisa menetap dan membangun suatu negara. Ada beasiswa yang terikat kontrak dan ada yg tidak. Yg terikat kontrak tentu saja untuk mengikat, sedangkan yang tidak akan jadi kebebasan bagi si individu.
      Ketika beasiswa tidak terikat kontrak diberikan, sebuah negara biasanya memiliki value yang kemudian kedepan akan membuat si individu nyaman dan betah di negara tersebut. Tapi tentunya kembali lagi ke si individu, jika dia kembali ke negaranya apa boleh buat, tapi jika kemudian menetap itu menjadi keuntungan utk negara tsb.
      Itu jawaban menurut saya pribadi.
      3. Mungkin karena masa studi s2 lebih singkat sehingga biaya yang dikeluarkan tidaklah sebanyak memberi beasiswa s1. Itu jawaban menurut saya pribadi.
      Terima kasih

  50. wahhh….. sya sangat terinspirasi dgn tulisannya (^_^)salam kenal,,kak ivan…. saya mahasiswa smester 4 prodi sastra jepang di bali,yang ingin sya tnyakan dsini ,saya ingin mlnjutkn s2 ke jepang,tpi tidak melanjutkn ke program yang sama dengan yang saya ambil skrng,seperti misalnya sya ingin mngambil s2 hubungan internasional,apa bisa kak?

  51. mas ivan, kendala utama saya untuk berburu beasiswa S2 di luar negeri adalah IPK saya yang rendah. Saya lulusan dari sebuah PTN di Bandung, yang dulu waktu kuliah susah banget dapet IPK tinggi. Ada gak pemberi beasiswa yang tidak mensyaratkan IPK tinggi? kalo kemampuan bahasa inggris sih saya yakin gak ada masalah

    • wah… gimana ya…
      Agak susah juga sih ya kalo IPK nya kurang… Tapi kayaknya masih ada jalan dengan cara sistem kontrak kerja misalnya… kerja di company dan beasiswa dari company dengan kontrak kerja beberapa tahun.
      Atau coba ajukan aplikasi ke universitas manapun diluar negri dan kemudian kalo diterima ajukan beasiswa di depkeu…

  52. Assalamualaikum kak ivan, salam kenal, saya masih kelas 1 SMA. kak kira2 peluang nya utk jurusan hub internasional sama kedokteran tuh gede an mana yah? soalnya masih bingung, saya inginnya sih Kuliah di Inggris atau Amrik, ada infonya nggak kak? Maaf utk rombongan pertanyaanya hehe, Thanks 🙂

  53. slam kenal kak,,, ..skrang lagi kul s1 kedokteran d slah satu univ negri d indo.mw nanya kak, rencana mw ambil spesialisnya d jepang gitu kak, klo bisa obgyn atau bedah, univ apa ya kak yang bagus n bnyak beasiswa nya?:D
    trus klo mw kul d jepang,syrat bahasa yang harus d kuasai apa aja kak?
    mksih kak..:)

    • temen2 kakak yang dokter banyak yg ambil di Kobe University…
      Mungkin bisa cek disana…

      Umumnya sih Jepang ama Inggris ya…
      Tapi pernah ada temen yg dokter bilang kalo kuliah dokter di Jepang ga bisa bahasa Jepang gapapa, karna katanya dokter disini rata2 banyak yg bs Inggris walaupun ga fasih bicara, tapi mereka paham artinya…
      Tapi ga tau juga ya berlaku di seluruh Jepang apa gak…
      Tapi tentunya yg utama Jepang ya karena di Jepang 😀

  54. Salam kenal kak ivan, saya masih kuliah semester 4 kuliah disalah satu PTN di jogja, apakah untuk mendapat beasiswa kampus yang bersangkutan harus bekerja sama dengan kampus dijepang, saat ini saya mengambil jurusan IT kalau cari beasiswa kuliah S1 Sastra Jepang apakah bisa kak??

    • salam kenal…
      gak harus… bisa apply individual kok tanpa kampusnya punya koneksi dgn univ di Indo…
      berarti s1 dua kali?
      Apa gak sayang? mending sekolah bahasa aja daripada kuliah lagi… 😀
      4 taun lagi s1 lumayan loh… 😀

    • hmm… aku agak bingung kalo untuk kebijakan beasiswanya… kalo bukan beasiswa s1 dua kali sih bisa,
      tapi kalo beasiswa bisa ga ya?! Mungkin bisa kali ya asal umurnya ga melewati ketentuan…

  55. Maksudnya beasiswa S1 2 kali gimana kak??
    Jadi kalau sudah lulus S1 di indonesia trus mau cari beasiswa S1 sastra di jepang ngga bisa ya kak?

    • baca komennya ga lengkap nih… 😛
      aku bilang kan kalo BUKAN BEASISWA, disini s1 2x itu fine2 aja.
      Tapi kalo s1 lagi dengan beasiswa kurang tau kebijakannya.
      Harusnya sih bisa asal ga melewati batas umur tertentu.

  56. hay ka ivan . salam kenal 🙂 sy mahasiswi teknik kimia dari makassar semester 2 . i.allah kak sy ingn lanjutin s2 di jepang . amin moga lolos . tpi di univ kk ada gk peluang beasiswa di teknik kimia untk s2 ? makasih kak sbelumnya

    • Halo Icha…
      Amin… Semoga lolos yah…
      Dikampus tempat aku belajar sekarang ga ada jurusan kimianya…
      Maaf ya…
      Tapi dikampus lain di Jepang pasti ada. Semangat yah…

  57. Ass, kak, saya ingin bertanya, setelah kakak kuliah di jepang apa pekerjaan kakak sekarang? oh ya, orang yg memperoleh beasiswa itu orang tua nya kurang mampu itu maksudnya gimana ya kak? tolong dibalas ya kak makasih.

    • Hi Locita,
      sekarang masih kuliah aja…
      Masih belom lulus hehehe… Sekarang di tahun terakhir…
      Maksudnya orang tua kakak ga mampu untuk membiayai sekolah di luar negri…
      Gitu…
      🙂

      • Permisi kak, saya sekarang kls 2 SMA. Pengennya sih besok mau cari beasiswa di LN, tapi karna menurut bnyak orang, lbih bnyak beasiswa S2, saya urungkan niat kuliah di LN dri awal.
        Yg mau saya tanyakan :
        1. Kalau beasiswa full itu nantinya bisa dicabut gak kak semisal prestasi kita menurun saat kuliah disana ?
        2. Untuk beasiswa LN jurusan arsitektur, ada rekomendasi mungkin ?
        3. Lebih untung kuliah di LN dan kerja di DN atau lanjut kerja di LN juga kak ?

        Terimakasih kak
        *maafbanyaktanya* ditunggu jawabannya 🙂

        • Halo Yasinta…
          Ya memang benar lebih banyak beasiswa s2. Alasannya karena beasiswa s2 itu jangka waktu studinya lebih singkat. Jadinya pemberi beasiswa ga kluar terlalu banyak deh dibanding s1 hehehe 😀

          Untuk pertanyaan kamu :
          1. Hal itu memungkinkan saja terjadi. Tapi tergantung juga dari si pemberi beasiswa, strict akan hal ini atau tidak. Tapi so far biasanya penerima beasiswa bisa keep prestasinya. Jadi so far biasanya aman… 😀
          2. arsitektur yang pernah saya denger, as I know yg bagus di australia. Coba mungkin bisa cari beasiswa di negeri sana.
          3. Hehehe its depends ya. Tergantung negaranya apakah memiliki ekonomi lebih baik dari Indonesia atau gak. Kalau iya tentunya lebih baik karir di luar. Tapi kalau tidak tentunya di Indo lebih baik.
          Gaji diluar mungkin memang lebih tinggi, tapi pertimbangkan pula biaya hidupnya. Gaji tinggi biasanya setara dengan kebutuhan biaya hidup.
          Pertimbangkan pula budaya dan etos kerjanya.
          Kalo kamu gak kuat dengan pressure, mungkin kerja di Jepang akan stress.
          Kalau saya pribadi sih, lebih milih kerja diluar negri. setelah dapat pengalaman cukup baru pulang ke Indonesia 🙂

  58. Aku msih bingung kk , mo ambil S2 dimna nanti . Soalnya sya masiih smesster 2 , sdgkan month nyusun skripsi nanti aq blm tau mau ambil judul apa 😦 aku pengen sih kuliah di luar negri , tapi tkut gabisa masuk , soalnya kmampuan aku pas” skali dan bhsa inggris saya kurang skali 😦 dan blum lgi biaya hdup disna nanti mahal .

    • Hai Anggel,
      Hasrat untuk S2 sudah ada, semoga nanti bisa terwujud ya keinginan S2nya.

      Kalau masalah skripsi, kakak aja waktu semester 2 ga kepikiran sama sekali tentang skripsi, apalagi mikirin topiknya hihihi… 😛
      Bahasa Inggris kakak juga pas2an. dikampus aja dulu dapetnya cuma B.
      Yg penting practical dan banyak latihan ya.

      Kalau biaya mahal untuk S2 semoga nanti bisa dapat beasiswa ya.
      Ayo semangat… 😀

  59. kak mau nanya lagi 😀 maaf yah kak kebanyakan nanya , kalau di kampus kk teknik sipilnya ada gk ? terus klo teknik kimia ato sipil dijepang susah gk kak dpt beasiswanya ?

    • teknik sipil itu arsitek kan ya?
      dikampus ada arsitek nya nih 😀

      Yang saya tau kalau beasiswa monbusho itu kalau lewat jalur seleksi, nantinya kita bebas milih jurusan yang kita mau. Jadi mau jurusan apa ajah gak masalah 😀

      • Assalamualaikum.ka ivan makasih banget atas info nya sangat membantu dan membuka wawasan.dari dulu saya ingin sekali kuliah d luar negri.sekrang saya lg kuliah s1 smester 3 di swasta tp alhmdulilah sya kuliah
        sngat ringan krena dptbeasiswa prestasi.insya allah S2 nya pngen di luar negri doain ya ka ivan.
        Mau tanya kalau mau daftar nya langsung kekedutaan atau lwat internet juga udh ckup ?? Dan daftar ya setelah sya lulus s1 dulu atau dari smester 6 bisa?? Thanks.

        • Amin… Smoga terkabul yah…
          Kalau utk Jepang lihat disini ya http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html
          biasanya akan diminta dokumen dsbnya sblm interview dsbnya. Tapi tentunya kalo dateng lgsg lbh banyak info yg bs didapat daripada cm liat di internet.

          Saya dulu daftar semester 7an. 😀
          baiknya sblm lulus jadi bgtu lulus lgsg brangkat 😀
          Sukses ya,,,
          smoga membantu 😀

      • Mas, aku baru lulus S1 di 2 tempat.
        1. Lulus S1 di Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
        2. Lulus S1 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN), Fakultas Sains dan Teknologi, Sistem Informasi

        Aku mau tanya dan minta saran untuk Beasiswa S2 yang ada di Australia atau di UK apakah sama dengan program di Jepang.

        Harap membalas melalui e-mail saya ke : depiprawiro@gmail.com

        Terima kasih.

  60. assallamuallaikum..kak ivan saya mau tanya ini ,saya baru lulus dari smk th 2014..saya pengen melanjutkan kuliah di luar negeri,biasanya pendaftaranya itu setiap bulan apa ya..thx a lot

  61. Permisi
    Saya Fahri Humaidi kelas 1 SMA SALAM KENAL
    Saya termotivasi orang tua saya yang dulunya kuliah di jepang sampai s2
    jadi saya memutuskan ingin kuliah di Jepang.
    Kak Ivan Saya Mau tanya ..
    1.Apa susahnya kuliah di Jepang?
    2.Minimal Nilai TOEFL untuk s1 di jepang itu berapa?
    3. Nilai Di sma yang harus bagus untuk menjadi persyaratan di jepang apa?
    Mohon Dijawab Secepatnya

    • Halo Fahri…
      Maaf ya baru merespons.
      Wah orang tuanya pasti hebat. Coba minta tips dan trik kuliah di Jepang dari orang tua. Pasti kamu bs lebih dpt banyak input.

      Menjawab pertanyaanmu :
      1. Susahnya kuliah disini adalah bahasa Jepang. Kanjinya susah. Sekalipun bisa kadang tulisan dosen gak jelas alias tulisan kanjinya jelek, jadi susah buat nyatet dsbnya.
      2. TOEFL rata2 diatas 500 atau diatas 550 setau saya.
      3. Mungkin nilainya semua diatas 8. 😀 gak tau persis karna pendidikan skrg pasti banyak yg berubah kebijakan kurikulumnya.

      Smoga menjawab yah 😀
      Sukses

  62. Kakak.. Help Me..
    Saya baru naik ke kelas 3 SMA, jujur saja saya bingung mau masuk universitas mana, tapi saya punya tujuan buat ke Jepang ambil beasiswa, sampai sekarang saya masih belajar b.jepang dengan guru pembimbing kushus dan memperdalam bahasa inggris.. saya tinggal dibandung, saya hanya bisa mencari informasi di google, bagaimana cara agar lebih dalam lagi mendapatkan informasi ?

    • maksudnya kamu mau mencari universitas di Jepang?
      Mungkin kamu bs gabung komunitas atau kumpulan pelajar2 Indonesia di Jepang buat tanya2 dan dapat informasi 😀

  63. Saya masih maba uin, tapi kebelet banget pengen dapet beasiswa ke turki kak. Padahal inggris saya masih cetek banget apalagi bahasa turki yang bener-bener buta. tapi infonya kaka bener-bener bermanfaat ini.. seenggaknya mau nyiapin mental dan belajar bahasanya dulu

  64. kak saya baru sekolah tingkat smk kelas 3, saya ingin kuliah di amerika tapi saya bukan orang pintar atau orang yg berasal dari keluarga yg mampu, apakah saya bisa meneruskan citacita saya ?

  65. assalamualaikum. hello my name is ervan i’m from palembang,but now i live in bandung.may i ask you? since i was a child i have a high dream,that is i wanna school in USA but do you think a young boy 14 years old could get scholarship and school in the USA? now i’m thinking about my future,i’m grade 3 of junior high school and i have a big dream that someday i could get scholarship to school in USA.everyone said that i’m good in english,they even call me SIR,but i think i have to improve my english,because my english is still poor.please, give me a suggestion i’m being confused now…how to get scholarship for a young boy grade 3 of junior high school… reply my message please.

    • Hmm…
      In my opinion, to get scholarship for senior high school is very difficult. You should become a winner world Olympic. For example physics or math Olympic.
      But I don’t know if there any another option.
      As I know is really difficult.
      Not impossible but hard to realize.
      Thanks

  66. Wow, postingan nya sangat mengagumkan dan menginspirasi. Saat ini saya sedang menunggu pengumuman scholarships monbu.
    Oiya, boleh saya minta alamat email Kak Ivan?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Hai munty, Terima kasih ya…
      Mampir ke blogmu tapi susah banget buat komentar. Akhirnya ga jadi deh.
      email nanti akan kakak email langsung ke kamu.
      Terima kasih ya…

  67. salam kenal kak, oh ya kak, q mo tau nih, persyaratan kakak, daftar biasiswa luar negri waktu itu apa saja? trus untuk biasiswa luar negeri itu dibuka pada bulan apanya kak? oh… iya kantor kedutaan luar negeri alamatnya dimana ? sukron….

    • Hi Neng Malta,

      Maaf baru reply.
      Persyaratan beasiswa itu beda-beda, gak bisa disamakan. Yang paling utama dan biasanya jadi syarat adalah tes TOEFL.

      Beasiswa luar negri juga beda-beda daftarnya. Tergantung negara mulai pendidikan semesternya tiap bulan apa. Kalau di Jepang per April. Pendaftaran beasiswa biasanya rentang 6 bulan sampe 1 tahun sebelum mulai tahun ajaran baru di negara tersebut.

      Kantor kedutaan juga,.
      Kamu mau negara apa? Gak semua negara itu sama kantor kedutaannya,
      Thx

  68. Haloo ka ivan salam kenal ^^
    Saya pengen nanya bgt tentang beasiswa ke LN gitu, saya baru lulus SMK thn ini saya jurusan farmasi tapi saya gamau lanjut farmasi lg pengen yg lain nah apakah nilai rapor saya ttp berpengaruh? Biasanya pembukaan untuk beasiswa itu bulan apa saja ya? Saya baru saja ketinggalan untuk penfaftaran s1 ke korea padahal saya pengen bgt kuliah disana
    makasih sblmnya ya kak

    • Halo Nisa

      Salam kenal ya…
      Jurusan farmasi ya… I see…
      Nilai rapor biasanya tetap berpengaruh. Itu biasa dijadikan tolak ukur seseorang lolos tahap pertama beasiswa.

      Pembukaan beasiswa biasanya 6 bulan sampai 1 tahun sebelum mulainya tahun ajaran baru. Jadi coba cari tau di Korea tahun ajaran baru dimulai kapan.
      Tapi kalau kamu sudah ketinggalan yang pertama, sebaiknya catat dan ingat-ingat. Biasanya untuk periode berikutnya pendaftarannya gak jauh2 dari periode tahun sebelumnya.
      Good luck ya…

  69. Rasanya yang kak Ivan lakukan mulia banget. Aku jadi pengen suatu hari juga bisa buat blog yang bisa meng-inspirasi banyak orang untuk sekolah ke luar negri dengan beasiswa.
    Salam kenal, namaku Eunice, murid kelas 12 yang sekarang lagi sibuk mempersiapkan SAT untuk kuliah ke Amerika. Tapi rasanya aku masih belum bisa give up keinginan untuk apply beasiswa Monbu. Sayangnya, untuk apply itu perlu UAN SMA kan? (cmiiw) Dan kalau harus sampai menunggu sampai Januari lalu foundation, rasanya lama banget baru bisa jadi sarjana.
    Yaaaaah… Tetap aja, beasiswa Monbu itu pilihan kedua aku. Wml >.<
    Good luck buat temen-temen lain yang juga mau apply beasiswa s1 maupun kakak-abang yang mau kuliah s2. Kak Ivan take care ya, ntar aku bakal subscribe lalu sering-sering comment haha

    • Halo Eunice.
      Salam kenal ya.
      Hahaha gak lah… Ini berbagi pengalaman pribadi ajah.
      Syukur2 bisa bermanfaat untuk orang lain.
      Tiap tahun kayaknya syaratnya monbu berubah deh seiring dgn kurikulum di Indonesia yang sering berubah juga.

      Good luck ya… smoga sukses… smoga lancar… thanks for support. U too, take care ya..

  70. numpang tanya mas, saya jurusan sastra indonesia dari usu. skarang ni saya masih nyusun skripsi. dan pengen banget lanjut s2 tapi skarang ni saya bingung mas cari infonya apalagi tentang s2 bagian humaniora. mohon tanggapan nya lah mas.
    t

  71. Terus mas kalo misalnya pengen dapet beasiswa full biaya hidup itu banyak juga kan ya yang nyediain? Apa kalo misal kita juga kerja part time pas kuliah juga memungkinkan ga mas? Saya puengen banget nyari2 beasiswa ke Turki, semoga bisa huhu

    • Lumayan juga, tapi biasanya tidak sebanyak yg cuma beasiswa kuliah saja. Dan juga untuk mendapatkannya biasanya lebih sulit.
      Ke Turki ya? Wah kenapa ke Turki? Suka dengan Turki atau memang pendidikan disana bagus?

  72. Wow. Bikin aku jd terinspirasi hehe. Kakkk, Aku masih bertanya tanya di kepala aku. Kakak btw belajar bahasa jepang nya kapan kak? Setelah dapat beasiswa atau sebelum? Terus dimana kak? Di indo apa jepang nya langsung? Terus kak, bagimana kakak belajar nya? Kursus?
    Makasih kak sebelum nya hehe 🙂

  73. hebatnya , aku juga mau doong, saya di Lampung, mau banget kuliah dijepang, di akihabara 😀 😀
    lulusan smk bisa gak s1 nya langsung kesana, terus cari info2nya dimana?
    Makasih kk 🙂

  74. Brother. jadi kalau mau info akurat langsung ke kedutaannya ya bro? biasanya syarat syarat beasiswanya apa aja ya? atau boleh minta nomor hp km gak bro, mau nanyak nanyak lebih mendalam nih. hehe
    mohon bantuannya brother. Makasi 😀

    • yups… biasanya datang lgsg bakal dpt info lbh uptodate.
      syarat biasanya IPK diatas 3.
      TOEFL diatas 500/550
      dan syarat lainnya. 🙂
      wah hape saya ga bs saya publish disini.
      kontak twitter atau di facebook message aja ya.
      Thank you…

  75. kaka dapet scholarship ke jepang dari mana? selain monbukagakusho ada apalagi ka? aku kelas XII IPA lagi nyari-nyari scholarship ke jepang nih ka~ mohon bantuannya.. boleh minta alamat email kaka kan biar lebih enak nanyanya? sebelumnya terima kasih ^^

  76. Hi… kak salam kenal ya, aku kagum banget sama kk bisa kuliah di jepang pakai beasiswa lagi, aku juga pengen banget bisa kaya kk, pengen bisa kuliah kedokteran di kuba, kalau kk tau aku minta infonya buat bisa dapetin beasiswanya ?

  77. Assalamu’alaikum kak, Saya masih duduk di bangku SMP, saya sudah berniat setelah lulus akan melanjutkan ke SMA jurusan MIA , dan saya ingin melanjutkan kuliah saya dengan mendapakan beasiswa di luar negeri, nah yang saya bingungkan bagaimana cara saya bisa mendapatkannya? apakah saya harus pintar dan menguasai bahasa inggris dengan lancar sebelum lulus SMA? atau mengikuti olimpiade dan sebagainya? atau saya harus memiliki skor TOEFL yang besar?. saat ini pengetahuan saya tentang beasiswa masih lemah , tolong bantuannya ya. terimakasih

    • Hi Kholilah… Maaf ya baru reply…
      Sekolah di luar negri bahasa Inggris adalah modal utama. Kalau kamu ga bs Bahasa Inggris gimana mau paham dengan penjelasan dosen nantinya?!
      Jadi modal utama adalah bahasa Inggris dan nilai TOEFL yang cukup.
      Mengikuti olimpiade dan jadi juara juga salah satu jalan yang membuka kesempatan kamu kuliah diluar negri.
      Kadang ada previledge utk para pemenang olimpiade untuk bisa melanjutkan pendidikan. jadi itu bakal jadi point plus sendiri buat kamu.
      Itu aja sih… Semoga membantu ya… Kalau ada yang kurang jelas silahkan tanya lagi.
      Sukses ya…

      Salam

      Ivan Prakasa

  78. salut sma kkak
    kak , tmen” sring mngjek klo mmpi aku itu ketinggian .belum lagi aku itu termasuk dari kluarga yang ngga kya . ak jga ngga pnya bkat , prestasi pun pas”san . aku pngen bgt kuliah ke luar ngri dn dpt beasiswa tnpa mrepotkan orang tua .
    tpi aku bngung apa yg hrus sya lkukan . tp brkat sran kkak trsbut sya agak lega . dn mmbuka sdikit pintu krguan . 🙂
    smoga keraguan ngga dtang kmbali . Amin 🙂
    trmaksihh kkak

    • Amin…
      Buktikan bahwa kamu bisa ya dek…
      Buktikan bahwa impianmu bukan sekedar omongan belaka. Buktikan bahwa kamu bisa dan biarkan itu membuka mata mereka semua yang selama ini meremehkanmu.
      Sukses ya…
      Doa kakak mendukungmu…

  79. ini sangat memotivasi saya dalam mewujudkan cita” saya. dan saya yakin dan percaya semua org itu bisa kalau dia berusaha…..

  80. Menurut saya bagus jugak cihg kita kuliah di luar negeri, bagaimana kalok kita pengatahuan kita tentangtn bahasa asing ,bisa enggak di terima?

  81. kak saya baru kls 3 smp..saya mau mendapatkan beasiswa di uk/jerman/jepang , kalo ingin melanjutkan kuliah di sana tapi dapat beasiswa+biaya hidup univ apa yang bagus ya? mohon dijawab makasih ^^

  82. Oh thank’s.,.buat info nya saya ingin sekalg bisakuliah diluar negri ingin membuat orang tua saya bangga, saya pikir kuliah diluar negri itu gampang lulus .sukses,,sukses dan sukses, tapi setelah saya mendenar tips tadi saya terkejut.hah’…hah

  83. Kak kalo saya lulusan sma atau univ yang status nya swasta sulitgak untuj saya pergi keluar sana? Dan kalo boleh saya tahu kaka ngambil jurusan apa d sana? Makasih ka. Salam kenal

  84. salam kenal kak
    saya masih sma klas x saya maunya ambil beasiswa kr luar negeri insyaallah. trus kalau diluar negeri itu kita tinggalnya gmn?? ngekos atau apa?? mhon jawabannya ya mba agar sy tahu…

  85. halo kak,
    mau tny nih,

    untuk kampus kakak sndri yang dijepang apakah setiap tahun selalu memberikan peluang beasiswa kepada mahasiswa Indonesia ?
    kalau ia,
    bisa minta informasi bagaimana cara apply ny gk kak ^^

  86. Ka mau tanya saya lagi ada dizaman – zamannya kaka cari beasiswa dan search saya seorang anak sma kelas 3 sma hehe terus mau sekali kuliah diluar dapet beasiswa full tapi ya gitu toefl sya cuman 400 gimana ka ? bisa konsultasi nggk hehe ? sekalian minta emailnya ya kak? makasih sebelumnya kak.

  87. Halo kak, saya mau nanya, kan nilai raport diperlukan untuk beasiswa undergraduate. Nah, kan nilai semester 1 saya waktu di kelas 10 kan agak anjlok, ada 4 nilai B- (nilai minimal untuk tuntas pas kurikulum 2013 masih diterapkan) dan sisanya ada B,B+ dan A. Namun untuk nilai-nilai saya semester selanjutnya alhamdulillah meningkat, min nilai saya 84 dan maks nilai saya 98. Jadi apakah ada kemungkinan saya bisa dapat beasiswa meski nilai-nilai semester 1 saya jeblok tapi nilai semester 2-5 nya bagus?

    Dan saya mau nanya, apakah kemampuan berbahasa asing selain Bahasa Inggris juga menambah kemungkinan mendapatkan beasiswa ke luar negeri?

    Terimakasih kak 🙂

    • Jaman dulu seinget saya ada nilai rata-rata yang diambil.
      Jadi misal nilai rata2 8 dari semester 1-5.
      Tapi meski begitu biasanya ada nilai minimumnya. Ga boleh dibawah nilai 5 misalnya.
      Begitu.
      Saya rasa kamu masih punya chance.

      Iya. SANGAT MUNGKIN.
      Misalnya Jepang. nilai kemampuan berbahasa Jepang kamu akan sangat lbh dpt nilai plus dibanding nilai Inggris.

  88. hai nama aku irsan yang pengeng kuliah negri namun disisi lain aku ni kurang mental, setalah saya baca blog ini dia berefek pada pikiran sya dan insyahallah akan diikuti dENgan perbuatan yang mana sya akan mengubah mental sya penakut menjadi berani… trima ksih banyak yha

  89. Pingback: - Lirik & Chord Musik

  90. hai kak salam kenal, slalin keren karna beasiswanya, kakak jg keren karna replay semua komentar nya.. kalo boleh tau dulu IP sama score toefl kakak brapa? terus apa harus toefl. kalo toeic gitu sama gak sih kak ? makasi

  91. wih kakak hebat ya ^^ aku ama temen aku lagi nyari2 beasiswa dikorea kak . tapi kita pas2an banget mslh pelajaran , aku jurusan akuntansi , temen aku tataboga yang satu lagi jurusan perawat . apa bisa kak yang lulusan dri SMK kuliah diluar negeri ? aku baca2 , SMA yang nerima ? apa aku bsa kak ? please kak saranya ^^

  92. kak, numpang tanya.
    Ada gak jalur khusus untuk kuliah S1 ke luar yang udah sama biaya hidupnya ? saya dari awal memang pengen kuliah di US atau Inggris, tapi masih bimbang soal dana, karna saya juga berasal dari kalangan kurang mampu. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • beasiswa S1 ada tapi jumlahnya sedikit mengingat membutuhkan waktu 4 tahun untuk menuntaskan S1.

      Jalur khusus utk di US atau Inggris saya kurang mengerti. Mgkn agak susah jika tidak punya koneksi dosen disana. Mgkn bs cari kenalan dosen atau Profesor agar bs mendapatkan previledge

  93. Kak, saya ingin bertanya apakah ada beasiswa yang dikhususkan untuk mahasiswa yang mengikuti short term di luar negeri? Saya apply ke Hiroshima University Study Abroad dan sudah menerima Letter of Acceptance, namun tidak mendapat beasiswa (JASSO). Is there one way or another to help my financial support? Terima kasih.

  94. Halo kak, saya baru saja lulus dari SMA dengan nilai UN yg tidak besar. Waktu itu saya sudah mencoba untuk daftar beasiswa di Mitsui-Bussan tapi gagal karena kecerobohan saya. Kali ini saya ingin mendaftar Monbukagakusho untuk program D-2 (karena NEM saya tidak mencapai rata-rata 8), tapi dibutuhkan sertifikat JLTP. Tenggat waktunya 9 Juni sedangkan JLTP pada bulan Juli. Apakah saya bisa mendaftarkan diri untuk tahun depan?
    Jika memiliki informasi tentang beasiswa dari private foundation/etc untuk lulusan SMA, tolong beritahu saya, ya, kak! ^^ Arigatou gozaimasu. Saya tunggu balasannya 🙂

  95. hmmm
    makasih Kak atas infonya
    wah, bnyak juga yg comment yaa. sampe pusing ane baca satu2.
    jadi, kesimpulannya siapa saja bisa ke LN dg tekad, mentalitas dan kerja yg keras ya Kak?
    Wah, terus gimana lanjutan kisah hidupnya kak? hehe, udah tamat blm kak?
    katanya kalo lulusan dr LN mau praktek di Indo aja butuh adaptasi dulu bbrp tahun. nah tanggapan kakak sndiri gmn kak? mau kerja di Indo apa jadi org Jepang aja kak? hehe

    • Halo Halimah… Betul. Siapa saja bisa. Skrg sudah lulus dan kerja di Jepang sih. Kalo adaptasi rasanya iya, karna misal lagi mudik aja pulang ke Indo berasa aneh dlm bbrp hal. Ke depan sih mo balik Indo aja hehehe… tp mo cari pengalaman dulu

  96. iya kak.
    selain adaptasi budaya, katanya lulusan LN yg mau praktek di Indo, sma IDI gabisa lgsg praktek gtu kak. Kan epidemi penyakit di Indo bda sama LN. jadi diadaptasiin dulu.
    Daaan, ada uang2 lgi buat adm yg saya dapet dari ‘kata org lagi’, bsa 1 M. seolah2 dibuat susah buat praktek di Indo. apalagi mslh administrasinya smpai srt izin praktik keluar.
    nah, info itu gmn kak?
    Bener nggak kak?

  97. eh, iya.
    baru ngeh, kakak brrt bukan beasiswa bdang kedokteran yak? -_-‘
    aku kira td ambil spesialis kedokteran, makanya kata ‘adaptasi’ nya rada ga nyambung.
    Hehe, maafkeun Kak. lg buka bnyak tab buat searching2 beasiswa buat S2 atau sp.
    tp btw kalo kk tau info beasiswa buat ambil spesialis di LN, pls gimme some informations. :’
    makasih dan sukses selalu kak.

    • Iya, saya bukan kedokteran. Tapi dulu pas mo kuliah awalnya carinya kedokteran. Sempet tanya sana sini ya emang bener kalo kuliah di LN kemudian balik Indo akan butuh sertifikasi lain. Seperti yg kamu bilang bahwa diluar dgn kondisi di Indo beda. Maka dari itu akhirnya ga jadi kedokteran karena masalah ribetnya hal tersebut.Kcuali klo km memutuskan utk kerja diluar mgkn lain soal ya. SMoga membantu… Sukses ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s