Museum Doraemon

Siapa yang suka atau bahkan penggemar berat Doraemon??? Coba angkat tangan…. (^.^)/

Buat para penggemar berat Doraemon pasti sudah tau dong kalau di Jepang sekarang sudah ada yang namanya museum Doraemon?! Tapi kalo memang belum tau wajar sih… karena memang museum ini tergolong museum yang baru. Selain itu nama dari museum ini sebenarnya bukan museum Doraemon, melainkan disebut museum Fujiko F. Fujio. Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama tersebut?! Ya dialah penulis cerita komik Doraemon. (^.^)

Museum Fujiko F. Fujio

So… karena namanya adalah museum Fujiko F. Fujio, di dalam museum kita tidak hanya melihat Doraemon saja, melainkan karya Fujiko lainnya juga seperti P-Man, 21-Emon, Mojacko, Kitaretsu, dan masih banyak karya lainnya juga yang bisa dilihat.

Museum Doraemon ini lokasinya berada di Kawasaki City di Jepang yang lokasinya tidak jauh dari Noborito Station. Begitu keluar stasiun, dengan petunjuk yang ada kita bisa berjalan kaki menuju museum selama kurang lebih 15-20 menit dengan mudah. Atau kalau mau mencoba experience baru, kita bisa naik bis khusus menuju museum yang bergambar karakter tokoh Doraemon dengan merogoh kocek 200 Yen atau setara dengan +-20 ribu Rupiah.

Bis Doraemon

Oiya perlu diingat ya… Untuk bisa masuk ke museum ini kita ga bisa sembarangan dateng loh… Kita harus booking tiket dulu sebelumnya. Tiket dari museum Doraemon ini bisa dibeli di seluruh Lawson yang ada di Jepang dengan harga 1000 Yen (+-100 ribu rupiah). Sekedar saran saja bahwa baiknya beli tiketnya jauh-jauh hari ya karena sering sold out. Apalagi pas weekend, tiketnya biasanya selalu ludes 2-3 minggu sebelumnya atau bahkan sebulan sebelumnya. Tapi buat backpacker aman sih kalo pergi di hari biasa, kecuali hari selasa karena setiap hari selasa museum ini tutup.

Seperti yang sudah saya bilang kalau nama sebenarnya dari museum ini adalah museum Fujiko F. Fujio, jadi di dalam museum kita bisa melihat karya-karya dari Fujiko dan juga kehidupan pribadi Fujiko dari kecil hingga dewasa. Tentu saja yang menjadi sorotannya adalah karya-karya beliau dan yang terutama adalah Doraemon. Karena itu saya menyebutnya museum Doraemon, hehe… (^.^)v

Di dalam museum Doraemon, kita akan menggunakan semacam radio untuk bisa mengetahui sejarah dan cerita yang ada. Inilah yang menjadi keunikan dan salah satu nilai plus dari museum Doraemon ini. Jadi kita tidak perlu repot-repot membaca, kita bisa melihat-lihat berbagai koleksi dan coretan kertas asli naskah Doraemon sambil mendengarkan cerita singkat sejarahnya melalui radio tersebut. Buat yang gak ngerti bahasa Jepang tenang saja… Karena disediakan pula radio berbahasa lain selain Jepang yaitu Inggris, Korea dan Cina.

Radio Museum Doraemon

Kelebihan lain dan mungkin bisa dibilang kekurangan juga dari museum ini adalah waktu kunjungan yang dibatasi. Waktu kunjungan museum dibatasi hanya 2 jam saja, yang mana jam kunjungan museum hanya tersedia pukul 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00 yang ditentukan sewaktu kita membeli tiket. Meskipun demikian, ini juga merupakan kelebihan dari museum ini sih. Jadi kita tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain di dalam museum, sehingga suasana di dalam museum sungguh-sungguh sangat fun dan menyenangkan. Dan jangan khawatir, karena menurut saya waktu 2 jam cukup kok untuk mengelilingi museum sampai tuntas. (^.^)

Di dalam museum Doraemon kita dilarang untuk mengambil foto. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi museum itu sendiri karena isi di dalam museum tetap terjaga orisinalitasnya dan tidak ada yang sembarangan mempublikasikannya, tapi tentu tidak bagi kita. Eits… Tapi jangan khawatir, kita memang dilarang mengambil foto saat melihat sejarah dan proses pembuatan Doraemon serta karya Fujiko lainnya, tapi begitu sampai di ruang rekreasi di lantai 3, kita bebas untuk berfoto ria.

Doraemon di museum Fujiko F. Fujio

Di ruang rekreasi kita bisa menikmati makanan yang ada di cafe, berfoto dengan Doraemon, bermain, dan yang paling menarik adalah kita bisa melihat miniatur dari lapangan di film Doraemon dan juga miniatur pintu ajaib. Di ruang rekreasi kita juga bisa menonton bioskop mini yang filmnya merupakan cuplikan film Doraemon The Movie yang akan keluar mendatang.

Museum Doraemon DoramiMuseum Doraemon

Selain itu tentu saja kita bisa berbelanja berbagai souvenir pernak-pernik Doraemon mulai dari baju, makanan, action figure, baling-baling bambu, bahkan CD lagu Giant. Ada yang minat dengar suara Giant? 🙂

Souvenir DoraemonCD Lagu Giant

So buat teman-teman yang sedang berkunjung ke Jepang, museum Doraemon ini sangat worth it bahkan reccomended banget nih untuk dikunjungi. 😀

Advertisements

71 thoughts on “Museum Doraemon

  1. kalo yang seneng doraemon pasti demen ya ke museum ini. 🙂

    btw jadi penasaran cd lagu giant itu lagu2nya kayak apa ya. emangnya si giant pinter nyanyi? hahaha

    • Iya pasti demen bgt ke museum ini kalo suka ama doraemon… hahaha kalo di TV sih suara giant kayak kapal pecah…. Tapi pernah ditayangin di TV gitu ya mas, giant duet ama suneo oke juga loh suaranya… lumayan lah… 😛

  2. Kyaaaa…. Doraemon…
    masuk list dulu tempat yang bakal dikunjungi kalo nanti bisa ke Jepang….

    untuk radionya sangat inovatif jadi untuk tau asal dan sejarahnya tinggal mendengarkan saja…

    Pengen foto ama Pintu Kemana Saja 😀

  3. Waaah ada perangko Doraemon!! How come I missed this??? Mau banget dikirimin kartu pos dg perangko Doraemon buat anakku, ditujukannya buat Sabai aja karena dia fans berat Doraemon dan sekarang dia lagi seneng latihan menulis. Aku sedang mengajadi dia menulis surat buat Oma dan Opanya, lalu kami sama-sama ke kantor pos, mengeposkan suratnya. Sampai 3 hari lalu, dia sama sekali nggak tau perangko itu apa. Pas di kantor pos aku tunjukkan apa itu perangko dan bagaimana perangko ini bisa berfungsi sebagai alat pembayar jasa kirim surat, dia tampak terkesan. Nah, apalagi kalau nanti dia dapat kiriman perangko Doraemon dari Jepang! So I can show her with real example how this little cute stamp can deliver a message/post card for her from overseas. Oh, and she will learn what a post card is. Oiya, pelajarannya si Sabai baru soal kirim surat, aku belum terpikir utk mengajaknya kirim post card, ini ide bagus Van!!
    Menurutku anak-anak jaman sekarang tetep perlu tahu dan mengalami betapa menyenangkannya mengirim/menerima surat dan post card (paling tidak dari kakek-neneknnya sendiri) meskipun sudah biasa telfonan dan sms-an dengan kakek-neneknya. Thanks Ivan, you reminded me that aside from letter, I should also give my little one experience of sending/receiving post card (with cute pictures).

  4. Hmm sy sangat layak dapat prangko itu… My doraemon.. Tottemo daisuki doraemon,..

    Sejak kecil tiap bangun tidur d hari minggu pasti nonton doraemon di rcti, dan sy skrng sdh berumur 26 tahun masih suka doraemon,. Kimi wo aishiteru dake doraemon,..

    Hahahah.. Van kasikan sy satu yah.. :* :* :*

  5. Waaaaahh… SUGEEEEEE >.<

    Kok hadiahnya enggak CD kaset'nya GIANT aja mas ivan?
    Haha, bkn mupeng jg sih, penasaran aja sm lagunya ky gimana. ~^^

    sing : "la la la … aku sayang sekalii,,,,,,, DORAEMON!"

    Kasih perangkonya satu pleaseee, Onegaishimasu!

  6. Waaahh keren banget mas ivan, kasikan satu dong prangkonya 😀 , doraemon itu tokoh kartun anime yang legend banget dari masih kecil, aku wajib nontonin kartunnya tiep sama adekku. Adekku yang cewek ngefans banget sama doraemon katanya badannya lucu banget kayak donat, dan kalo misalnya aku dapet, aku mau jadiin itu hadiah ulang tahunnya adikku sekaligus hadiah karena sukses masuk sma :D.

  7. waktu kecil adekku suka gak mau di ajak jalan-jalan gara-gara nonton doraemon, walaupun kita sering gak akur, dia juga suka bantuin saya, sayang banget sekarang saya udah ada di malang dan belum sempet kasi hadiah ke dia, jadi mudahan dengan prangko ini bisa jadi obat rindu kalo saya pulang ke lombok sebagai hadiah karena dia lagi bentar mau ulang tahun :D. i miss them so much ( my family). Thanks for become my guardian till now. 😉

    • Hahaha iya ya kayak di bioskop… Ada plus minusnya sih… Cuma yg jelas jadi ga membludak pengunjungnya apalagi kalo musim libur, kalo membludak jadi ga bs menikmati sama sekali.

  8. Horeeeeeeeeee aku uda pernah ke sanaaaaaan ^___^ sayang waktu saya ke sana itu agak telat daaaannnn salah ambil jam menuju malam, jadi gelap dan buru2 hahaha…
    Kekurangannya itu gue gak suka filmnya, masak gak ada subtitlenya -___-

    oh ya mau dong perangkonya, akyuh kan koleksi postcard, yayayaya pliiiiiiissss *ngarep*

  9. akkkk, pengennnn!!>,< doakan visa jepang saya tembus ya, biar agustus ini bisa ke museum doraemon (semoga dapet tiketnya juga sih ya :))) doraemon tuh kayaknya tontonan masa kecil semua orang deh :)) mulai yg diputer hari minggu sampe yang tiap sore..
    btw, ngakak banget liat CD nya Giant.. itu inget banget aku bikin CD sama pernak2 buat konsernya si Giant pake alatnya Dora :))))

    PS: yang komen udah banyak bgt :)) walopun pengen banget dapet giveawaynya tapi udah pasrah kalo ga dapet (tapi teteup usaha :))) Doain aja moga2 bisa kesana secepetnya 😀

  10. Omaigat… CD lagu GIANT?!?! Pasti itu lagu2 nya cucok buat ngusir2in tikus di dapur… :S

    Hih, Ivan ini postingannya selalu bikin sirik hati tanda tak mampu pergi ke Jepang deh…. *nangis guling-guling*

    • hahaha kayaknya sih gitu… eh tapi CD giant itu kayaknya bagus juga loh suara rekamannya… 😛
      Hahaha maap kak… someday pasti bisa kok ke Jepang… We never knows plan of God… (^.^)

  11. Wow bikin mupeng deh futu2nya 🙂
    eh CD Giant juga ada yah? wow beneran bikin “aneh” kuping nggak yah seperti yg dirasakan Doraemon, Nobita dan kawan-kawan 😀
    Shizukanya kemana yah? Maen baling-baling bambu mungkin yah 😀

    • halo… kalo untuk weekdays sebaiknya sih booking 1 minggu sebelumnya… tapi kalo perginya pas weekend baiknya booking tiket 2 atau 3minggu sebelumnya… 😀

  12. Salam kenal mas ivan..
    Rencana tgl 6 maret 2014 saya mau liburan ke tokyo.. Dan anak2 pengen banget liat museum doraemon. Tiketnya harus beli disana ya mas?? Gmn caranya ya klo belinya harus jauh2 hari.. 😦

      • Halo mba dwi.
        Salam Kenal sy fifi.
        Sy Termasuk salah 1 fans addictednya doraemon jg.
        Sy Baca komennya mau ke museum doraemon di jepang ya?
        Sy Bs minta tlong gak nitip beli stuff doaemon disana sperti boneka atau pin nya sperti d postigan di atas. Nnti klo bs dan ada sy transfer ke rek mba. Seriusan.. thanks before:)

  13. Halo…apa kabar? bro Ivan mau tanya, kalau beli tiket museum doraemon di Lawson cara2nya gimana? soalnya waktu itu gw ke Jepang mau beli tiket di lawson machine bahasa jepang dan tdk ada bahasa Inggrisnya, bisa minta sarannya? thanks before

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s