Self Reflection

Sebuah tamparan keras saya alami ketika suatu hari saya ikut syuting acara Kokoronotomo (acara  Metro TV) di Jepang bulan Mei waktu itu. Saya berkumpul dengan orang-orang hebat yang merupakan para senior yang tinggal di Jepang sudah dalam jangka waktu yang lama. Jujur dan terus terang saya kagum dengan mereka semua. Saya kagum dengan mereka semua yang bisa long live stay di Jepang dan bahkan menjadi orang yang sukses disini. Rata-rata mereka semua yang saya temui bukan orang sembarangan. Dan jujur saja saya katakan bahwa berada diantara mereka semua ketika itu membuat saya merasa sangat canggung dan minder. Bukan karena apa-apa, mereka semua orangnya baik, mereka semua orangnya juga friendly, namun dibanding mereka semua siapalah saya ini. Hanya seorang mahasiswa biasa dan bukanlah siapa-siapa.

Sebagai manusia normal menjadi manusia sukses dan disegani banyak orang tentu menjadi keinginan semua orang. Begitupun saya tentunya. Terkadang saya mencoba berpikir dan merefleksi diri sendiri. Selama ini apa saja sih yang sudah saya lakukan? Kenapa mereka bisa sukses dan saya tidak? Kenapa mereka bisa kuat dan tahan tinggal di Jepang sementara saya tidak?

Jika melihat orang-orang di sekeliling saya, kalau boleh jujur saya iri. Ya saya iri dengan mereka semua. Mereka semua masih muda-muda. Mereka bisa punya company sendiri. Mereka bisa bekerja dengan santai dan sering jalan-jalan keluar negri… mereka menerbitkan buku dan kemudian bukunya di filmkan. Diundang bertamu kerumah presiden dan menikmati makan malam bersama keluarga presiden. Siapa yang tidak iri bila melihat itu semua? Di dalam hati, saya juga ingin seperti mereka.

Tak bisa dipungkiri umur semakin lama semakin bertambah tua. Tetapi apa yang sudah saya lakukan sampai saat ini? Bisanya cuma mengeluh dan mengeluh saja. Bahkan mungkin saya juga terlalu banyak bermain-main. NOW…  I need to push myself more over. I need to push my self more than the limit.

Mungkin setiap orang memang mempunyai jalan kesuksesan sendiri-sendiri. Namun tentunya bukan berarti yang tidak punya jalan kesuksesan tidak bisa menjadi sukses kan…?! Kita harus berani mengubah jalan kita… Harus berani untuk push over untuk bisa mewujudkan mimpi kita.

Day by day we learn… Day by day we get experienced. Harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk bisa menjadi lebih baik. Setiap manusia diberikan waktu yang sama. 24 jam… Ya 24 jam… Bagaimana kita bisa push our self untuk terus mau belajar untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Tidak ada alasan ‘tidak ada waktu’… Tidak ada alasan sibuk dan ga keburu. Perjuangan dan kesuksesan mereka tidaklah instan. Setiap harinya mereka menghabiskan waktu sampai jam 1 malam, jam 2 malam atau bahkan sampai subuh dan tidak tidur. Mereka melakukan apa? Ya mereka melakukan yang tidak biasa dilakukan oleh orang lain yang sedang terlelap pada saat itu.

Hari ini… Saya belajar… Ya… Saya belajar…

*PS : Dedicated to my self to be better of me.

Advertisements