Menikmati Wisata Bersama Masyarakat Lokal

Pernah gak sih ketika kalian berkunjung ke suatu tempat atau wilayah yang baru dan belum pernah kalian kunjungi kemudian kalian menjadi susah untuk berkomunikasi?! Well… Itulah pengalaman yang saya alami ketika datang ke Jepang untuk pertama kali. Susahnya berkomunikasi dengan masyarakat Jepang menjadi kendala yang cukup menyulitkan ketika mengunjungi Jepang untuk pertama kalinya saat itu. Apalagi tau sendiri bahwa di Jepang mayoritas semua hurufnya kanji dan jarang masyarakat Jepang yang fasih berbahasa Inggris.

Ketika mengunjungi suatu tempat terutama di luar negri yang negaranya tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional memang terkadang menjadi kendala tersendiri untuk kita. Tentunya buat kita, hal yang ingin didapat dari mengunjungi tempat baru adalah mendapat pengalaman yang menarik bukan?! Syukur-syukur kita bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat yang ada disana dan kemudian memperoleh banyak cerita dari mereka.  Iya gak?!

Kebayang gak sih ketika kalian pergi ke suatu tempat, kita bukan cuma ngerasain jalan-jalan aja sebagai turis, melainkan juga ngerasain jadi warga lokal disana meski cuma seminggu atau bahkan hanya sekedar sehari – dua hari?!

Wow… priceless banget gak sih rasanya?! Dibandingkan cuma sekedar jalan-jalan, saya akan memilih untuk ngerasain menjadi warga lokal juga jika ada kesempatan.

withlocals3

Belakangan nih baca-baca dan dapet infonya dari temen-temen onliners, kalo ternyata untuk ngedapetin hal priceless kayak gitu, udah ada konsep yang sudah dikembangkan loh dari negeri Belanda… Namanya withlocals.

Baca-baca langsung di situs resminya withlocals, ternyata mereka memfasilitasi kita pergi ke beberapa destinasi seperti Singapore, Malaysia, Nepal, Srilangka, Viertnam, Thailand, dan ternyata Indonesia juga termasuk salah satunya loh… Kita bisa merasakan pengalaman bersama masyarakat lokal melalui makanan, tur, dan juga dalam beraktivitas melalui withlocals. Selain itu ternyata withlocals ini memiliki konsep sharing-economy yang memberikan pendapatan tambahan bagi msayarakat lokal setempat ketika menjadi host bersama withlocals. Well… Berhubung Indonesia sudah masuk daftar, tentunya ini juga bisa meningkatkan perekonomian dan juga menambah nilai plus untuk pariwasata negara kita tentunya.

withlocals2

Mungkin buat kita yang tinggal di Indonesia ada yang tertarik untuk menjadi host withlocals bagi turis yang datang ke Indonesia? Hehehe… lumayan kali tuh kalo turisnya masih jomblo… Siapa tau bisa digebet… hihihi 😛

withlocals1

Kalau saya pribadi, berhubung banyak negara yang belum pernah dikunjungi kayaknya untuk saat ini harus nyobain travelling dengan pengalaman priceless bersama warga setempat dulu nih. Berharap negara-negara yang ada di withlocals nantinya bisa mencakup seluruh dunia jadinya bisa ngerasain seluruh experience-nya. Amin… 😀

*semua sumber gambar diambil dari situs withlocals

Advertisements

23 thoughts on “Menikmati Wisata Bersama Masyarakat Lokal

  1. Pastinya seru dan nambah pengalaman baru, mungkin kurang lebih waktu saya survei batas daerah antar kabupaten dimana semua anggota tim harus menginap di balai adat masyarakat diatas gunung merasakan tanpa listrik dan pengalaman naik gunung dengan medan terjal dan jalan yang apa adanya semua itu terbayar dengan pemandangan yang indah dan keramahan masyarakat adat yang selalu bersahaja dengan pola kehidupan mereka sehari hari yang bergantung dengan alam 🙂

  2. btw google translate bisa ngga sih menerjemahkan bahsa japang yang ditulis dengan kanji. misal di suatu tempat ada pengumuman di papan tempel ditulis kanji. tulisan itu kita potret dan kita upload gitu, trus beberapa detik kemudian terjemahan dalam bahasa inggris nongol di layar 🙂

    • Kalo difoto bukannya harus diconvert text dulu ya? Dan biasanya hasil convert ga sempurna, jadi ada huruf kanji yang salah2 juga…

      Terjemahan google translate ga sepenuhnya benar, kadang suka ngaco hasilnya, tapi lumayan oke walau cukup harus memeras otak utk memahami rangkaian katanya hehehe 😀

  3. kak mw tanya..
    kalo mw join di withlocal caranya gimana ea.?
    kebetulan saya sopir freelance di lombok untuk pariwisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s