Kehebohan di Pusat Perbelanjaan Seluruh Jepang

Kemarin seluruh supermarket, mall, dan hampir seluruh tempat belanja di Jepang ramai dikunjungi orang. Seluruh masyarakat Jepang dan semua foreigner yang tinggal di Jepang berbondong-bondong untuk membeli berbagai barang. Mulai dari keperluan rumah tangga, pakaian, hingga makanan sehari-hari…

Lihat saja foto-foto ini… Semuanya habis diborong orang…

20140402-001246.jpg20140402-001306.jpg

WOW?! Kenapakah?! Apa ada diskon/sale gede-gedean?!

Bukan… Bukan…

Lalukenapa dong?!

Jadi hari ini tepat tanggal 1 April 2014, Jepang menetapkan kebijakan baru terkait tentang peraturan pajak. Kalau sebelumnya pajak barang-barang konsumsi cuma sebesar 5%, kini pajak di Jepang naik menjadi 8%.

Weits… Ini beneran loh ya infonya… Jangan mentang-mentang karena 1 April kemudian dikiranya ini April Mop. 😛

Jadi, karena perihal kenaikan pajak itu, hal ini kemudian memicu semua orang yang tinggal di Jepang untuk membeli kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan lainnya dalam jumlah banyak untuk stok beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan ke depan. Karena efeknya berlaku ke semua barang (bukan cuma barang elektronik), maka impact-nya mempengaruhi seluruh masyarakat agar bisa berhemat. Tentunya dengan cara membeli bahan-bahan dan kebutuhan sehari-hari sebelum semua harga naik. Saya pun tentunya juga ikut-ikutan dong belanja gila-gilaan untuk stok beberapa bulan kedepan.

Karena sudah memprediksi ini jauh-jauh hari dan tentunya bakal ribet juga bawa belanjaan segambreng kalo cuma naik sepeda sendirian, maka belanjaan udah dicicil dari pertengahan bulan Maret. Jadilah dari pertengahan Maret udah beli beras, sabun, sampo, deterjen, dan lain sebagainya sedikit demi sedikit. Terakhir kemarin saya belanja dan kemudian kalo dikumpulin dengan belanjaan sebelumnya udah ada stok banyak banget sampe bingung mau naruh barangnya dimana. Ada beras 15 kg, sabun mandi 5 pouch, detergent 2 kg, dan lain-lainnya… Huahaha…

Liat nih… stok makanan udah ada di satu kotak sendiri 😛

20140402-001330.jpg

Ngeliat belanjaan sendiri kayaknya udah banyak banget jumlahnya. Eh kemudian kok liat di TV ada orang yang belanjanya lebih gila lagi. Beli beras 100 kilo, air mineral sampe 30 botol lebih ukuran besar, bir, dan lain sebagainya. Buset… Sampe shock ngeliatnya, karena belanjaan-nya disatuin di satu kamar sendiri gitu.

Anyway kalo ditotal semua belanjaan bisa hampir 2 jutaan rupiah kali nih total belanjanya. Huahaha.. Gawat… Parah banget yah… Padahal kalo biasa belanja mingguan paling cuma abis 150-200 ribuan ajah. Ini jadi berkali-kali lipatnya… (^.^;)?

Tapi saya merasa beruntung sudah nyicil banyak belanjaan. Karena hari ini ketika saya mencoba ngecek supermarket ditempat biasa saya belanja… Haduh… Bener aja… Harga barang pada naik semua. Memang sih kenaikan harga barangnya ga seberapa. Mungkin hanya sekitar 5-100an Yen (sekitar 500-10.000 rupiah). Tapi buat mahasiswa seperti saya, kenaikan harga barang segitu cukup berpengaruh terhadap pola dan gaya hidup tentunya. Harus mulai atur strategi lagi supaya uang bulanan cukup untuk hidup sehari-hari.

Anyway, kenaikan pajak ini bukan hanya berpengaruh buat kita yang tinggal di Jepang. Buat para turis dan teman-teman lain yang bermaksud berkunjung ke Jepang pun akan merasakan dampak harga makanan, harga hotel, dan berbagai souvenir lainnya naik harga. So, kehidupan di Jepang yang sudah mahal akan menjadi semakin mahal.

Kalau sudah mahal gini, masih pada pengin ke Jepang? Hihihi… 😛

 

 

 

Advertisements

43 thoughts on “Kehebohan di Pusat Perbelanjaan Seluruh Jepang

  1. Kmrin wktu di japan smpt dnger klu pajak di japan per/april akan naik,, denger” 10% mas,ternyata 8%toh.. makin mahal biyaya hdp dsna:(..
    Lahh trus pie klo penggila shopping kaya saya?!! Huhuhuhu nasip…nasip…harus mulai mengkontrol diri…

    • iya… naiknya jadi 8%
      denger2 sih bakal dinaikin lagi nanti… Tapi ga tau kapan…
      Ini aja udah heboh banget naik 8%.

      Hahhaa… kan ada asupan dana hihihi xD

    • iya… betul sekali mas Billy…
      Beruntung yg kesini sebelum 1 April…
      Yg tinggal di Jepang aja berasa, apalagi turis dari Indo ya… huhu… mahalnya bikin geleng2 kepala

  2. hi juga mas Ivan, thanks for stop by on my web. salam kenal juga ya, tinggal di jepang ya? wah seru… udah punya anak berapa? ok salam ya buat keluarganya.

    cheers
    nada

  3. Kalo saya gak tau ya dari dulu emang suma nyetok berlipat2. Hihihi
    Sampai2 pas ngekos malah temen kos pada beli di saya kalo kehabisan n blm beli. Semacam mi instan, sabun, odol, sampai pembalut. Hihihi

    • hahaha boleh2 aja… diterima dgn senang hati kok…
      cuma tempatku ya jauh kemana2 aja… takutnya malah bikin repot ntar 😀
      tapi kalo ga masalah justru malah seneng 😀

  4. wew… Indonesia berarti masih lebih mahal ga sih pajaknya? Kan PPN itu 10%? Ini berarti alamat klo jalan2 di Jepang nanti terima cuma makan anpan sehari dua kali, hahaha.

  5. duh beruntung banget udah sempat ke jepang taun lalu..malah nuker yen nya pas kurs lagi murah banget..dan astaga masih mau ada kenaikan harga lagi? :O tapi masih tetep pingin ke jepang kok dalam jangka panjang 😀

  6. wah, kenaikan pajak ini berlaku untuk hotel yang sudah dibooking ga yah ? Saya udah booking via booking.com jauh2 hari dan rencana berangkat Mei ini…

    Sekalian mau tanya, apa Mas Ivan tau lokasi yang jual baju murah di sekitar Tokyo ? Seingat saya pernah melihat blog orang Singapore yang pernah ke Jepang, dan di toko itu semuanya murah2, sepatu boots musim dingin cuman 500-900 yen dkk. Cuman lokasi nya agak jauh dari Tokyo, tapi saya sekarang lupa alamat blog nya 😦

    Apa ada referensi dari Mas Ivan ? Juga kalau boleh sekalian nambah 1 lagi pertanyaan 🙂
    Saya beli JR Kanto Pass, dan yang ingin ditanyakan :
    – Kalau pakai shinkansen katanya mesti reserve tempat ya ? Kalau saya reserve tempat berarti waktu harus fixed ya ? Kalau berubah gimana atuh, kena biaya kah ?
    – Dengan JR Kanto Pass, katanya gratis juga naek kereta regional yang versi JR, bukan shinkansen, system nya gimana ya ? Apa langsung naek saja ? Atau perlu antri di loket juga ?

    Thanks

    • berlaku meskipun sudah booking jauh2 hari…
      teman saya saja yg peralihan 30 maret – April, hotelnya pada saat april ditagih dgn harga baru…

      baju murah? yg branded? uniqlo?
      Uniqlo pusatnya di ginza…
      sepatu yg murah mgkn di pasar ameyoko… di Ueno.

      ga perlu reserve kok stau saya… bs lgsg pas hari H..
      iya… bs pake kereta JR juga… tinggal tunjukkin ke petugas penjaga loket pas masuk stasiun…

  7. Wow mantap sekali mas ivan pajaknya dsana.
    hhhmmm kalau mau traveling kesana harus siap 500rb yen nih setara dengan 50 jt biar nggak semaput disana, tapi pertanyaan kapan punya uang sebanyak itu ?!
    hahaha.
    hanya bisa berusaha dan bertekat keras untuk bisa traveling ke jepang 😀
    oia mas kalau boleh minta emailnya dnk biar sharing-sharing mas 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s