Archives

Koinobori – Hari Anak di Jepang

Happy New Year…

Hahaha… Basi banget ya… Udah bulan Mei woy… Parah banget ga pernah update blog lagi… Iya memang… Fokusnya udah bukan ngeblog lagi… Fokusnya udah bukan jadi anak hipster lagi yang gaul dan ngehits di media sosial. Bahkan impian punya buku sendiri pun udah sedikit dikesampingkan karena banyak fokus lain yang dituju.

Lah malah jadi curhat sih hahaha… Oke skipskip

Jadi mau cerita bahwa hari ini, tepatnya tanggal 5 Mei merupakan hari yang diperingati sebagai hari anak nasional di Jepang. Hmm… Namanya sih hari anak nasional, tapi lebih condong ke anak laki-laki. Mungkin karena anak perempuan sudah ada sendiri festival nya kali ya yaitu ひな祭り(baca: hina matsuri) jadi biar adil kayaknya… Tapi ya enggak juga sih sebenernya… Hahaha…

Well… Untuk memperingati hari anak nasional ini biasanya banyak dipajang 鯉のぼり (baca: koi nobori) dimana-mana. Apa sih sebenarnya 鯉のぼり(koinobori) itu?

鯉のぼり(koinobori) adalah ikan pita yang berbentuk ikan koi yang terdiri dari berbagai ukuran yang biasanya memiliki lubang di tengahnya agar ikan pita tersebut bisa mengembang dan berkibar lewat hembusan angin. Terkait dengan ikan pita itu sendiri konon sejarahnya bahwa jaman dahulu kala ketika menjelang bulan purnama banyak sekali anak-anak yang sakit. Oleh karena itu untuk mengusir hal-hal buruk dan juga merupakan simbol kemenangan anak-anak melawan sakit penyakit maka digunakanlah ‘koinobori’ ini sebagai bendera kemenangannya.

Maka dari itu setiap tahunnya saat hari anak nasional di Jepang pasti akan ada banyak sekali ikan pita dimana-mana, khususnya untuk keluarga yang memiliki anak laki-laki biasanya akan mengibarkan bendera ikan pita ini agar anak mereka kelak menjadi anak yang sehat dan kuat.

Nah terkait dengan ikan pita ini, ada satu hal yang menarik buat saya pribadi. Yaitu festival ikan pita atau dalam bahasa Jepang disebut 鯉のぼりまつり(baca:koinobori matsuri). Kebetulan waktu itu saya berkunjung ke Tatebayashi di daerah Gunma Prefecture untuk melihat festival ikan pita terbesar di dunia. Festival ini diadakan setiap bulan April sampai dengan awal Mei. Ada lebih dari 5000 ikan pita yang dibentangkan di sepanjang sungai dan pemandangan sakura yang bermekaran menambah nuansa indah festival ikan pita ini.

Nah kebetulan waktu itu ada temen yang bisa ngerekamin video, iseng deh bikin video-video ala-ala MC yang lagi liputan di Jepang. Hahaha… Penasaran seperti apa? Intip aja videonya…

Hahaha…. Kacau banget yah videonya… ?! Yah maklumlah amatiran…

Well… Sampai ketemu di postingan berikutnya ya (yang entah kapan) hehehe….

Advertisements

Dibalik Kota Kururi dan Indahnya Tokyo German Village (Chiba Ambassador Tour Part II)

Melanjutkan cerita perjalanan tur ketiga Chiba Ambassador sebelumnya, kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai Kota Kururi(久留里の町). Bisa dibilang Kota Kururi(久留里の町) ini merupakan kota yang cukup tua dan terletak cukup jauh dari pusat kota. Jalanan yang ada di sekitarnya hanya merupakanan jalanan kecil dan sempit yang mungkin hanya bisa dilalui oleh sebuah mobil. Sebenernya cukup sih dilalui 2 mobil, namun akan mengganggu dan memakan tempat untuk para pejalan kaki.

Kururi Station

Kururi Station

久留里

Kururi Board

久留里の町Kururi Gate

Kota Kururi(久留里の町) ini terkenal dengan sumber mata air nya yang bersih dan jernih. Oleh karena itu jika berjalan mengelilingi Kota Kururi(久留里の町) hampir di setiap tempat terdapat keran air yang airnya bisa dinikmati dan diminum. Namun meski ada banyak air yang bisa diminum, seperti yang saya ungkapkan di posting sebelumnya bahwa di Kota Kururi(久留里の町) menurut guidenya hanya ada 4 mata air utama yang dipercaya sebagai mata air kehidupan

Kururi No Machi MapsKururi Maps

Air Mata kehidupan kururiMata Air Kehidupan Yang Pertama

Mengapa dikatakan mata air kehidupan?

Konon katanya menurut cerita bahwa mata air ini merupakan mata air dari sumur artesis yang memiliki kedalaman sampai 750 meter. Yang uniknya lagi bahwa meski berada dalam satu kota kecil, rasa air dari ke-4 mata air ini memiliki rasa yang berbeda-beda. Jika di logika suatu sumber mata air di suatu tempat seharusnya memiliki rasa air yang sama dan tidak jauh berbeda. Okelah mungkin saja berbeda jika jarak sumber mata air yang satu dengan yang lain berjauhan. Namun 4 mata air yang saya maksudkan tersebut jika saya prediksi masing-masing jaraknya tidak berjauhan satu sama lain. Mungkin hanya berjarak 1 km – 2 km saja satu sama lain. So?? Unik bukan sumber mata air di Kota Kururi(久留里の町) ini?!

Air kehidupan Kururi 2

Mata Air Kehidupan Yang Kedua

Batu mata air

Mata Air Kehidupan Ketiga

Selain itu dari keempat mata air kehidupan di Kota Kururi(久留里の町) ada satu mata air kehidupan yang memiliki rasa air yang paling enak dan segar dibandingkan yang lain. Saking segar dan enaknya sumber mata air yang satu ini, sampai ada dua ekor ikan mas yang hidup dan tinggal di dalamnya. Kalo para pembaca pernah nonton film kartun ‘Avatar legend of Aang’ mungkin ikan mas ini semacam penggambaran Yin dan Yang yang saling melengkapi seperti di film kartun Avatar. Tidak percaya? Silahkan dilihat difoto berikut penampakan dari sang ikan…  Continue reading