Tag Archive | kendala bahasa

Dilematik Hidup Di Jepang

Dilematik hidup di Jepang

Postingan untuk mengawali tahun 2014 ini mungkin dari judulnya saja sudah terlihat galau ya… Iya emang ada sedikit perasaan galau sih hihihi… Anyway mau ngucapin selamat tahun baru dulu nih sebelumnya buat para pembaca www.ivanprakasa.com, semoga tahun 2014 menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua ya. (^.^)/

Oke, postingan kali ini bermaksud untuk sedikit berbagi dengan rekan-rekan semua mengenai susah senangnya hidup di Jepang. Hidup di Jepang itu gak seindah dan segampang yang dibayangin oleh kalian loh… Banyak hal yang kadang justru bikin frustasi dan kadang bosen banget rasanya. Kita bahas satu persatu deh yuk hal apa yang wajib dipikirkan dua kali sebelum muncul keinginan dan memutuskan untuk tinggal di Jepang.

1. Makanan

Bolehlah kita bilang kalau makanan Jepang itu enak-enak. Ada sushi, ramen, udon, soba, dan macem-macem makanan lainnya. But… Tunggu dulu!!! Bumbu rempah di Jepang berbeda dengan di Indonesia, dan di Jepang jumlah rempah sangatlah minim. Bisa dibilang bahan dasar hampir setiap masakan di Jepang itu sama. Salah satunya adalah soy sauce atau kecap asin. Jadi bisa dibilang kalau kita makan sesuatu meskipun bentuknya berbeda rasanya sama aja. Mungkin ibarat makan rawon tapi rasanya seperti sop, makan soto rasanya kayak sop juga. Kebayang gak sih kalo kita makan makanan yang rasanya hampir sama terus-terusan?! Gitu-gitu aja dan cuma teksturnya aja yang beda. Gak nyampe setahun rasanya tuh udah bosen banget rasanya.

Selain itu buat yang muslim hidup di Jepang bakal lebih sulit lagi, mengingat banyak makanan yang mengandung babi. Bakal pusing deh kalo milih makanan yang mengandung babi ama enggak. Saya yang bisa makan makanan yang mengandung babi aja rasanya bosen apalagi memilah yang tidak mengandung babi?! Variasinya bakal lebih sedikit dan jadinya dilema gak sih?!

Makanan Jepang

2. Bahasa

Jangan pernah berpikir bahwa kalian bisa Continue reading

Advertisements