Artis Jepang Yang Ingin Menebarkan Cinta

Mohon maaf sebelumnya karena seharusnya saya menulis posting ini selasa tanggal 22 Mei minggu lalu sebagai lanjutan dari postingan “Ini Lebih dari Sekedar Cinta – Motto Ai Wo – もっと愛を“ tetapi karena kesibukan sehingga tidak bisa memenuhi janji untuk memenuhi kelanjutan postingan tersebut.

Sebelumnya saya ingin bertanya bagaimana komentar kalian terhadap posting “Ini Lebih dari Sekedar Cinta – Motto Ai Wo – もっと愛を“ tersebut? Kalian merasakan sesuatu yang benar-benar lebih dari sekedar cinta? Dari yang sudah komentar di posting tersebut dikatakan bahwa liriknya indah… Wah ternyata semuanya menyadari bahwa itu adalah lirik lagu sebelum saya edit posting nya menjadi benar-benar sebuah lirik lagu.

Kenapa saya posting lirik lagu tersebut dengan tulisan saya ini terpisah? Karena saya ingin para pembaca memperhatikan dengan baik setiap kata demi kata di lirik tersebut. Jika saya posting jadi satu dalam satu tulisan, pasti akan di skip begitu saja lirik lagu yang saya cantumkan. Karenanya sengaja saya buat terpisah. Jujur begitu mendengar lagu tersebut dinyanyikan pertama kali saya langsung suka sama lagu dan penyanyinya. Saya merasa ada sebuah kekuatan di lagu tersebut. Maka pada saat itu juga saya langsung merekam aksi salah satu idola saya tersebut.

Berikut video yang saya rekam waktu melihat aksi panggung sang artis idola…

Bagaimana videonya? Maaf karena videonya terlalu banyak gerak. 🙂 Lalu bagaimana dengan lagunya? Apakah kalian juga suka? Penasaran dengan artis tersebut? Jika kalian terkesan lalu kemudian penasaran dengan penyanyi tersebut kalian mengalami hal serupa dengan saya. Tak perlu repot-repot kalian mencari karena saya akan sedikit membahasnya disini.

Nama penyanyi tersebut adalah Haruna Ai. Nama “Ai” sendiri berarti cinta dan Haruna saya tidak mengerti artinya apa, tetapi kata “Haru” sendiri memiliki arti musim semi. Jadi bila diartikan mungkin nama Haruna Ai memiliki arti musim semi yang indah/cantik. Kenyataannya Haruna Ai sendiri memang memiliki wajah yang cantik menurut saya. Jika tak percaya silahkan lihat sendiri foto berikut ini…

Foto saat saya melihat Haruna Ai perform pertama kali

Foto yang saya ambil dari internet

Bagaimana? Cantik kan? Jika kalian sependapat dengan saya pasti kalian akan shock mendengar ini. Ternyata “Haruna Ai” bukanlah seorang wanita tulen…

Maksudnya?!

Maksudnya adalah Haruna Ai adalah seorang transgender. Ya transgender… Awalnya saya sedikit kaget begitu pertama kali mendengarnya dari seorang teman ketika saya menanyakan nama artis tersebut. Sempat saya tidak percaya dan mencarinya sendiri di internet. Tetapi ternyata hal itu adalah benar. Bahkan Haruna Ai adalah seorang runner up dari sebuah kontes miss transgender. Saya sempat malu ketika teman saya meledek saya dan berkata “Kamu suka ama dia? Kamu suka ama transgender?!” Saya hanya diam saja meski agak sedikit malu mengakuinya saat itu.

Awalnya saya agak sedikit kecewa, namun saya teringat akan postingan saya sebelumnya yang membahas tentang transgender di posting “Jangan Mengucilkan Mereka” Saya pun juga ingat bahwa saya mengatakan janganlah kita membeda-bedakan manusia, selain itu saya juga teringat akan komentar rekan rusabawean di postingan tersebut yang menambahkan bahwa “Janganlah kita membeda-bedakan manusia, tetapi bedakanlah manusia itu berdasarkan prestasinya sebagai penghargaan kita kepada mereka”

Akhirnya untuk menebus kesalahan saya bahwa saya sedikit malu ketika teman saya menanyakan apakah saya mengidolakannya. Maka saya pun memutuskan untuk membuat posting ini karena saya akan tetap konsisten bahwa saya tidak akan membeda-bedakan manusia, dan saya pun dengan bangga mengatakan bahwa saya mengidolakan Haruna Ai meskipun dia adalah seorang transgender.

Setelah saya mencoba mengartikan lagu “Ini Lebih dari Sekedar Cinta – Motto Ai Wo – もっと愛を“ dengan kemampuan bahasa Jepang saya yang bisa dibilang dibawah standard saya pun semakin yakin bahwa saya mengidolakan Haruna Ai.

Jika pembaca bertanya-tanya kenapa saya mengidolakannya? Saya tak perlu menjelaskan panjang lebar. Cukup para pembaca memahami sendiri lirik lagu yang dibawakan Haruna Ai tersebut.

Buat saya pribadi, saya melihat bahwa meski Haruna Ai adalah seorang transgender, dirinya memiliki kebaikan hati yang besar dengan lagu yang dibawakannya tersebut. Di dalam lirik lagu tersebut diceritakan bahwa dirinya ingin menebarkan cinta kepada semua orang. Terlepas dari apakah lagu tersebut memang mencerminkan kenyataan yang sesungguhnya atau tidak, dirinya ingin menyatukan seluruh manusia di dunia dengan cinta. Tentunya agar tidak ada lagi kebencian, peperangan, perpecahan atau apapun itu yang membuat manusia menjadi terkotak-kotakkan seperti sekarang ini.

Dirinya juga ingin menyampaikan bahwa jika kamu manusia yang mungkin dikucilkan oleh masyarakat entah karena apapun itu baik masalah transgender, orientasi seksual atau bahkan mengidap penyakit yang membuatmu dijauhi maka jangan pernah merasa sendiri karena di sekitar kita masih banyak yang peduli kepada kita.

Janganlah pernah mengurung diri dan berkecil hati jika kita dianggap “najis” oleh masyarakat, melainkan bukalah pintu lain yang bisa membuatmu menjadi lebih baik dan bahkan berprestasi. Dan meski kita ingin menangis tetapi yakinlah bahwa ada orang-orang di sisimu yang selalu ingin membuatmu tersenyum.

Jika mungkin pekerjaan yang kamu lakukan sia-sia, janganlah pernah menyerah dan percayalah pada diri sendiri bahwa suatu hari pasti akan datang suatu hari dimana usaha dan kerja keras yang kamu lakukan dihargai oleh orang lain.

So… Jika seorang transgender saja bisa berbuat kebaikan dan menebarkan cinta meski mungkin masih dalam skala kecil, bagaimana dengan kita? Jika kita yang normal tidak mampu, maka saya akan mengatakan bahwa kita tidak lebih baik daripada mereka. 🙂

Percayalah bahwa hal kecil yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia dan yakinlah hal-hal kecil semakin lama akan menjadi besar suatu saat nanti…

Advertisements

14 thoughts on “Artis Jepang Yang Ingin Menebarkan Cinta

  1. Ciiiieeeee, yang punya Idola Baru….
    Hehehe, Blum bisa buffering, besok dikantor aja ah (mental hemat) hehehe 😀

    Kalo soal siapa sebernya Idola kita, atau bagaimana latar belakangnya, kalo bagi saya hanya sekedar informasi saja buat kita, Tapi kalo melihat sosok Idola, lihat sosoknya yang sekarang, bagaimana ia bisa berjuang menjadi yang sekarang, tentunya banyak usaha dan pengrorbanan yang ia lakukan sampai ke titik sekarang.

    Btw ada link download lagunya Mas (mental gratisan) 😀

  2. ohoho ini yang kemaren mas ivan post fotonya di twitter… waduh kecewa dong yang ditaksir ternyata transgender hahay… 😀 tapi emang iya orangnya cantik.. anggun kayak artis wanita yang udah berpengalaman lama..

    • hehhee betul yg kmrn di twitter.
      hahaha seperti yg aku bilang di posting… awalnya kecewa, tapi skrg gak lagi… aku cukup bangga bilang klo aku mengidolakannya… 🙂
      cantik kan hehehe

    • hehhee cantik kan : ))
      iya sibuk banget…. iya udah kepilih jadi chiba ambassador… banyak tugas yg dilakuin jadi agak kerepotan. mgkn next post aku mau bahas sedikit.
      Thanks mas plaus atas perhatiannya… aku coba tetep nulis minimal seminggu sekali. klo bisa 1 minggu 2x. 🙂

  3. Transgender atau tidak, Haruna adalah seorang manusia.. sudah seharusnya lah kita memanusiakan manusia. apalagi Haruna telah berbuat sesuatu dengan apa yang dia miliki dan apa yang dia bisa..

    nice post 😀

  4. itu yang menciptakan lagu si Haruna sendiri, Van?
    kalo aku pribadi sih, aku menghargai prestasi seseorang, tapi tidak menyetujui transgender.

    eh OOT ya, kamu di Jepang itu dalam rangka kuliah ato apa Van? kalo kuliah, jurusan apa? trus Chiba Ambassador itu ngapain? *kepo* 🙂

    • Hmm… ga tau deh hehehe kayaknya sih bukan Haruna sendiri yang nyiptain ^.^
      Yah kalo dibilang setuju atau tidak setuju semua orang pasti bilang tidak setuju. Tetapi tinggal bagaimana kita menghargai orang lain dengan jalan hidup dan pilihan masing-masing.

      Aku kuliah di Jepang. Jurusan software engineer.
      Chiba Ambassador itu icon/duta dari kota Chiba yang ada di Jepang.
      Mungkin semacam abang none Jakarta.
      Sama kayak abang none Chiba Ambassador mempromosikan pariwisata di Chiba Prefecture yang ada di Jepang secara internasional (diluar Jepang) karena yang menjadi Chiba Ambassador adalah foreigner, bukan orang Jepang asli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s